Faktor Hygiene Sanitasi Gerai Pangan Penjamah Makanan Jajanan Anak Sekolah di Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2022

Rochman Aribowo Abdullah, Nurhalina Sari, Nurul Aryastuti

Sari


Makanan jajanan memiliki peran yang penting dalam menunjang aktivitas dan peningkatan mutu gizi para murid sehingga kebersihan dan jenis makanan jajanan yang dijual oleh para pedagang harus diperhatikan agar kualitas tetap terjaga. Pada tahun 2021 hasil dari pembinaan dan pengawasan Puskesmas Way Mili Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur menunjukkan bahwa dari total 14 sekolah dasar di seluruh wilayah kerja Puskesmas Way Mili yaitu terdapat 32 gerai Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) dan semuanya belum memenuhi syarat kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya Faktor Hygiene Sanitasi Gerai PJAS di Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2022.

Rancangan penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Way Mili Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2022 sejumlah 32 gerai pangan penjamah makanan JAS, dengan sampel 32 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi, uji  kruskal walis dan uji man-withney.

Hasil penelitian menunjukkan Nilai tengah (median) dari hygiene penjamah makanan adalah 5, pengetahuan penjamah makanan adalah 7. Sebagian besar berpendidikan SMP (78,1%), status kepemilikan tidak menetap (56,2%), tidak ada pengawasan (84,4%). Ada pengaruh pengetahuan, status kepemilikan, pengawasan penjamah makanan terhadap Hygiene Gerai Pangan Penjamah makanan JAS,  Tidak ada pengaruh pendidikan penjamah makanan terhadap Hygiene Gerai Pangan Penjamah Makanan JAS Di Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2022 (P value 0,086).  Saran diharapkan PKM Way Mili melakukan koordinasi dengan pihak Korwil Pendidikan agar setiap sekolah melakukan MOU dengan Penjamah makan gerai pangan JAS untuk dilakukan pendataan bagi penjamah makanan yang bersetatus kepemilikan menetap dan tidak menetap serta memberi penyuluhan kepada masyarakat khususnya penjamah Gerai Pangan JAS untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat, dilakukan upaya menanamkan prinsip hidup sehat sedini mungkin melalui pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah dengan memberikan syarat kebersihan makanan. Selain itu melakukan inspeksi makanan dari pihak puskesmas dan pengawasan hygiene sanitasi penjamah makanan dan kualitas makanan yang memenuhi syarat kesehatan dari pihak UKS, dan membentuk kantin sehat disekolah.


Kata Kunci


Faktor; Hygiene Sanitasi Gerai Pangan; Penjamah Makanan JAS



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v12i1.8243

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##



Published by: Faculty of Public Health, Malahayati University

Jurnal Dunia Kesmas indexed by:

   
pISSN: 2301-6604dan eISSN: 2549-3485

Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas. 
Whatsapp : +62 813-7966-3738 (Fitri Ekasari) dan +62 852-2824-8738 (Nurul Aryastuti )

"

_______________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.