TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RESEP DI INSTALASI FARMASI RSIA SINTA BANDAR LAMPUNG

Gusti Ayu Saputri, Sriana Sriana, Nofita Nofita

Sari


Kepuasan pasien didefinisikan sebagai respon pelanggan terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian. Salah satu faktor untuk menganalisis dari kepuasan pasien yaitu kecepatan pelayanan resep. Sejauh mana kualitas dan profesionalisme dari instalasi farmasi dalam melayani resep dari pasien, baik itu resep obat jadi maupun resep obat racikan. Tujuan penelitian diketahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan resep di Instalasi Farmasi RSIA Sinta Bandar Lampung Tahun 2018. Jenis penelitian Explanatori (Explanatory Research) dengan pendekatan kuantitatif.. Populasi penelitian seluruh pasien yang berkunjung RSIA Sinta Bandar Lampung dengan rata-rata sebanyak 150 orang per bulan dengan sampel sebanyak 95 orang. Analisa data menggunakan statistik Uji T untuk mengujii pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial dan Uji F untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan. Dimensi Tangible, Emphaty, Responsiveness, Reliability, dan Assurance pelayanan resep secara bersamasama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Instalasi Farmasi RSIA Sinta Bandar Lampung f hitung 61,480 > f tabel 2,460 (f hitung > f tabel). Implikasi bahwa semua dimensi kualitas pelayanan resep telah cukup baik. Instalasi Farmasi RSIA Sinta Bandar Lampung perlu mempertahankan dan meningkatkan pelayanan resep.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta. Rineka Cipta. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. Penerbit Universitas Diponegoro.

Kemenkes RI. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta. Kementerian Kesehatan RI. 2016.

Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta. Salemba Medika Rangkuti,

Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta . Gramedia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta. Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Penerbit ANDI Offset. Yogyakarta.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Cetakan ke-1. Jakarta.

Wijono. 2008. Manajemen Mutu Rumah Sakit dan Kepuasan Pasien Prinsip dan Praktik. Surabaya. CV Duta Prima Airlangga.

Yusmainita. 2010. Pemberdayaan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pemerintah bagian II. Tempo 2010. Diakses dari www. Tempo.co.id/medika/asip/012 005/top-i.htm tanggal 24 Februari 2018.




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v1i2.1244

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##