ANALISIS KUALITAS LAYANAN RATRI TOBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN

Andri Priagung, Musa Firi Fatkhiya

Sari


Di instalasi farmasi poli rawat jalan RSUD Bendan memiliki sistem antrian pengambilan obat yang baru diluncurkan pada 17 Juli 2023 yaitu layanan RATRI TOBAT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas layanan RATRI TOBAT terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Bendan. Penilaian kualitas layanan RATRI TOBAT dilihat dari indikator mutu pelayanan kesehatan sedangkan kepuasan pasien dilihat dari indikator dimensi kepuasan.

Kata Kunci


Kepuasan, Kualitas layanan, Ratri tobat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fais Satrianegara. 2014. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Imbalo S, P. 2018. Mutu Layanan Kesehatan : Dasar- Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Kementrian Kesehatan RI. 2016a. Peraturan Mentri Kesehatan . Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. p. 128.

Kementrian Kesehatan RI 2016b . Permenkes No 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. I(02), pp. 390–392.

Kementrian Kesehatan RI. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2016 Tentang Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lanjut Usia Tahun 2016-2019.

Kementrian Kesehatan RI. 2022. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu. pp. 1–94.

M.Anang Firmansyah, A.R. 2020. Kewirausahaan ( Dasar dan Konsep ). Pasuruan: Qiara Media.

Marsello, C. et al. 2023. Analisis Penyebab Keterlambatan Pengiriman Barang pada Pos Express Menggunakan Metode Six Sigma Analysis of the Causes of Delay in Delivery of Goods at Pos Express Using the Six Sigma Method. 16(01), pp. 42–53.

Nursalam . 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis/Nursalam. (4th ed), Jakarta: Salemba Medika. (4th ed), Jakarta: Salemba Medika,

Nursalam, dan S.P. 2016. Pendekatan Prakktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: CV. Agung Seto.

Rakhmawati, T. 2016. Jenis Kelamin sebagai Variabel Moderasi dalam Hubungan Kualitas Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Kepercayaan Pasien: Sebuah Model Konseptual. Jurnal Pusat Penelitian Sistem Mutu Dan Teknologi Pengujian, LIPI .1(1)

Ulfa Mutmainnah, Reza Aril Ahri2, A. 2021. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Dr .RSUP .2(1).

Yehuda Yavila Pemasela, Lumintang, D.W. and Gerungan, A. 2023. Kedudukan Hukum Kurir Jasa Pengiriman Barang Terhadap Konsumen Menurut Undang Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan. Jurnal Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Lex Privatum. 7(1)




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v7i1.13614

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##