PROFIL TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK IBNU SINA PRINGSEWU

Mahathir Farhan Muhammad, Yovita Endah Lestari, Vania Amanda Samor

Sari


Apotek merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan dalam membantu mewujudkan tercapainya derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Selain itu juga sebagai salah satu tempat pengabdian dan praktek profesi apoteker dalam melakukan pekerjaan kefarmasian, salah satunya melakukan Pelayanan Informasi Obat. Penelitian ini dilakukan secara observasional dengan menggunakan metode cross-sectional yang melibatkan 100 partisipan yang berkunjung ke Apotek Ibnu Sina Pringsewu. Tingkat kepuasan konsumen serta korelasinya dengan karakteristik demografi konsumen diukur menggunakan kuesioner dengan 12 pertanyaan yang tersedia; divalidasi dan diuji reliabilitas menggunakan SPSS 24. Berdasarkan hasil diketahui bahwa rata-rata tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Ibnu Sina Pringsewu adalah sangat puas dengan persentase 80-86%, dan diketahui tidak terdapat hubungan antara karakteristik demografi (umur, pekerjaan, jenis kelamin dan pendidikan) konsumen terhadap rata-rata tingkat kepuasan pelayanan informasi obat di Apotek Ibnu Sina Pringsewu.


Kata Kunci


tingkat kepuasan, apotek, pelayanan informasi obat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhmad AD. dkk 2019. Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukarame. Jurnal Farmasi Malahayati Vol 2:1.

Apriansyah A. 2017. Kajian Pelayanan Informasi Obat di Apotek Wilayah Kota Tangerang Selatan [Skripsi]. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Biyanda E. dkk. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang. Jurnal Penelitian Kesehatan Vol.5:4.

Budiman. dkk 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Mendawai Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Tesis, Program Manajemen Universitas Terbuka, Jakarta.

Dianita PS, Latifah, E. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis Vol 3: 2.

Faridawaty L., Mandike G., Dwi, 2019, Tingkat Kepuasan PAsien Terhadap Pelayanan Kefarmaian di UPT Puskesmas Sentosa Baru Kecamatan Medan Perjuangan, Jurnal Dunia Farmasi Vol 3:2.

Fitriyana R., Angel J. M., Jane, 2015, Hubungan Antara Status Demografi Dengan Kepuasan Dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tuminting Manado, Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Hartini YS, Sulasmono. 2010. Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek di Sleman, http://www.ikatanapotekerindonesia.net/artike l/pharma-update/pharmaceut ical-teknologi [30 Januari 2023].

Helni, 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek di Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniro Vol.17:2, ISSN : 0852-8349.

Islamiyah I. 2022. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Pada Apotek K-24 Gubug [Skripsi]. Semarang: Universitas Ngudi Waluyo.

Keban dkk. 2013. Evaluasi Hasil Edukasi Farmasis pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit Dr. Sardjito Yogyakarta. Jurnal Kefarmasian Indonesia Vol 11:45-52.

Lemesshow, Hosmer D, Klar J, Lwanga S.1997. Adequacy of Sample Size in Health Studies. John Willey and Sons.

Mowen, JC, Michael, M. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Nathalia DD, Hasan D. 2017. Pengaruh Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Perbandingan Antara Sistem TMH Dengan Sistem Mandiri Inhealth. Jurnal Media Farmasi Vol 14:1.

Peraturan Menteri Kesehatan RI No 73 tahun 2016. Standar Pelayananan Kefarmasian di Apotek. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ruditya AN, Chalidyanto D. 2015. Hubungan Karakteristik Individu Terhadap Penilaian

Kualitas Produk Apotek Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Vol 2: 2.

Rosyidta AP, 2023. Analisis Komparatif Literasi Keuangan Berdasarkan Usia, Jenis Kelamin dan Tingkat Pendidikan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif Vol 8:2.

Stefan, M. M., Redjeki, S., Susilo, W. H., 2014, Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan, Artikel Ilmiah, Program Studi S1 Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sintcarolus, Jakarta.

Sugihantoro H, Syahrir A,. 2021. Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Ganesha Farma Kabupaten Lamongan. Journal of Islamic Pharmacy, 6(1), 52-65

Yuyun Y. 2016. Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia 10(2):39–48.




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v8i1.13748

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##