PENETAPAN KADAR LOGAM TIMBAL (Pb) DAN SENG (Zn) PADA MARGARIN DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM

Nofita Nofita, Tutik Tutik, Randi Wahyu Ariska

Sari


Margarin adalah bahan makanan buatan yang didapatkan dari proses emulsi. Kualitas bahan yang digunakan, kualitas proses dan kualitas kemasan serta produsen akan menentukan kualitas produk akhir yang kualitasnya diusahakan semurni mungkin agar kontaminasi Pb dan Zn yang terjadi dapat dihindari atau dikurangi. Kandungan logam Pb dan Zn yang berlebih dapat membahayakan kesehatan karena menyebabkan kerusakan pada organorgan tubuh pada manusia. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian untuk menganalisis banyaknya cemaran logam berat Pb dan Zn pada margarin dalam kemasan plastik dan kaleng yang beredar dipasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menetapkan kadar logam timbal (Pb) dan seng (Zn) pada margarin dengan kemasan kaleng dan plastik. Spektrofotometri serapan atom merupakan metode yang sangat tepat untuk analisis logam pada konsentrasi rendah. Sampel yang digunakan sejumlah 5 (lima) sampel margarin yaitu sampel A,B C, D dan E. Konsentrasi larutan sampel ditentukan dengan teknik larutan seri standar dengan cara mengukur serapan sampel kemudian dikonversikan pada persamaan regresi linier. Hasil analisis dinyatakan sampel mengandung logam seng (Zn) dan tidak mengandung logam timbal (Pb). Logam seng (Zn) pada margarin sampel B yaitu rata-rata 0,792 mg/Kg sehingga melebihi ambang batas yang sudah ditetapkan oleh SNI nomor 7387 tahun 2009 yaitu maksimal 0,1 mg/kg.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, Rahmawati, Naid T., Salma. (2017). Analisis Kadar Arsen (As) Dan Timbal (Pb) Pada Minyak Goreng Pemakaian Berulang Dengan Metode Spektrofotometri Serapan Atom. Jurnal Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia: Makassar.

Darmono. (1995). Logam Dalam Sistem Biologi Makhluk Hidup. Universitas Jakarta, Jakarta.

Endrinaldi. (2009). Logam-logam berat pencemar lingkungan dan efek terhadap manusia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 04:01.

Frank. (1995). Toksikologi Dasar. Jakarta, UI-Press. Gandjar G. I., dan

Rohman, A. (2007). Kimia Farmasi Analisis. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Harurani, L. (2011). Analisa Kandungan Logam Berat Pb Dan Fe Dengan Metode Spektrofotometri Serapan Atom Terhadap Susu Kental Manis Di Pekanbaru. Skripsi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru. repository: uin-suska.ac.id.

Hellna, T. (2013). Penentuan kandungan logam Cd dan Cu dalam produk ikan kemasan kaleng secara spektrofotometri serapan atom (SSA). Universitas Patimura, Ambon.

Hutagalung,L.E. (2008). Penentuan Kadar Lemak dalam Margarin dengan Metode Ekstraksi Sokletasi dibalai besar pengawas obat dan makanan medan. Karya Ilmiah. Universita Sumatera Utara, Medan.

Inayati, D. W. (2003). Analisis kandungan logam berat Pb dan Zn dalam ikan kaleng sebelum tanggal kadaluarsa. Skripsi. Universitas Negeri Malang, Malang.

Ketaren, S. (2008). Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. UIā€“Pres, Jakarta.

Khopkar. (1990). Konsep Dasar Kimia Analitik. UI Press, Jakarta.

Kiswandono AA, Nasrulloh. (2008). Analisis Kadar Logam Seng (Zn) dan Tembaga (Cu) Dalam Daging dan Hati Ayam Petelur Berbulu Coklat Secara Spektrofotometri Serapan Atom. Jurnal Nusa Kimia, 8:7, pp 12.

PT. Pamina Adolina. (2007). Data Komposisi Margarin. Medan.

Sartono. (2001). Racun dan Keracunan. Widya Medika, Jakarta.

Sastrawi, T. (2000). Pencemaran Lingkungan. Rineka Cipta, Jakarta.

Slamet, J.S. (1994). Kesehatan Lingkungan. UGM.

Standar Nasional Indonesia. (1994). Mutu Margarin. SNI 01-3541-1994. Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Standar Nasional Indonesia. (2009). Batas Maksimum Cemaran Logam Berat dalam Makanan. SNI 7387:2009. Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Syarief, R., S. Santausa, St. Ismayana B. (1989). Teknologi Pengemasan Pangan. Laboratorium Rekayasa Proses Pangan, PAU Pangan dan Gizi, IPB.

Wiboworini, B. (2007). Gizi dan Kesehatan. Jakarta, Sunda Kelapa Pustaka.

Anonim. (2009). Wikipedia Indonesia.www. wikipedia.org/wiki/htm. Diakses tgl 10/04/2018.




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v2i1.1541

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##