PENGARUH KONSUMSI GREEN TEA TERHADAP NYERI DISMENORE PADA REMAJA PUTRI

Astriana Astriana, Debby Chintia Mulyadi

Sari


Dismenore memberikan dampak terhadap aktivitas dari remaja, seperti terganggunya aktivitas belajar dan menurunkan konsentrasi karena nyeri yang dirasakan. Konsumsi green tea dapat menimbulkan relaksasi sehingga merangsang hormon endorfin. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 1 Negeri Agung Kabupaten Way Kanan berdasarkan dari data absen masing-masing kelas, masih banyak siswi yang absen karena alasan dismenore. Tujuan penelitian diketahuinya pengaruh konsumsi green tea terhadap nyeri dismenore pada remaja putri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi siswi kelas XXII SMAN 1 Negeri Agung Kabupaten Way Kanan yang mengalami dismenore sebanyak 93 siswi, dengan jumlah sampel 30. Analisis data menggunakan uji t-dependent. Hasil penelitian didapatkan rata-rata intensitas nyeri dismenore sebelum konsumsi green tea sebanyak 7,67 dengan standar deviasi sebesar 2,42. Rata-rata intensitas nyeri disminorea sesudah konsumsi green tea sebanyak 4,67 dengan standar deviasi sebesar 1,93. Ada pengaruh konsumsi green tea terhadap nyeri disminorea pada remaja putri di SMAN 1 Negeri Agung Kabupaten Way Kanan Tahun 2018 p-value=0,000. Saran, hasil penelitian dapat dijadikan sebagai informasi dan pengetahuan tambahan bagi remaja putri pada khususnya dalam mengkonsumsi green tea untuk mengurangi rasa nyeri pada dismenore primer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anantaboga Jefri. (2012). Tangkal Seabrek Penyakit dengan Teh Hijau, Diva Press.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Mulastin. (2011). Hubungan Status Gizi dengan Kejadian Dismenore Remaja Putri di SMA Al Hikmah Jepara. http://www.jurnal.alhimah. ac.id. Diakses pada tanggal 25 Februari 2016.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka, Jakarta.

Susanto, R. (2011). Analisis Kasus Dismenore Primer Pada Remaja Putri di Kotamadya Makassar. http://med.unhas.ac.id/obgi n/?p=15 5, Diakses pada tanggal 25 Februari 2016.

Wulandari, A., Anugroho, D. (2011). Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. ANDI, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v2i1.1550

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##