ANALISIS KANDUNGAN LOGAM TIMBAL (Pb) PADA PEMPEK PANGGANG DENGAN METODE MICROWAVE PLASMA ATOMIC EMMISION SPECTROSCOPY (MPAES)

Nofita Nofita, diah astika winahyu

Sari


Pempek panggang merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan yang dicampur dengan tapioka, dan dimakan dengan saus asam manis pedas (cuko). Timbal salah satu logam yang menjadi kontaminasi pada pempek panggang yang dapat berasal dari bahan baku dan asap kendaraan karena penjualan dipinggir jalan. Penelitian ini untuk menentukan apakah kadar pempek panggang yang dijual di pinggir jalan Kota Bandar Lampung mengandung logam berat timbal yang melebihi batas SNI 7387:2009. Penelitian iniĀ  menggunakan metode MPAES dengan prinsip mengukur intensitas energi radiasi yang dipancarkan oleh plasma. Preparasi sampel menggunakan destruksi basah yaitu perombakan sampel dengan asam-asam kuat baik tunggal maupun campuran. Berdasarkan hasil pengukuran kadar logam timbal dalam sampel pempek panggang diperoleh kadar rata-rata dengan masing-masing sampel adalah A 6,31 mg/kg, sampel B 4,37 mg/kg, sampel C 4,30 mg/kg, sampel D 3,96 mg/kg, dan sampel E 4,62 mg/kg. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kadar tersebut melebihi batas persyaratan yang telah ditetapkan SNI 7387:2009 yaitu tidak melebihi dari 0.3 mg/kg.

Kata kunci : Pempek panggang, Timbal, MPAES


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, R. 2004, Kimia Lingkungan. Andi. Yogyakarta.

Alsuhendra, dan Ridawati. 2013. Bahan Toksik dalam Makanan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Candra, D D., 2012. Determinasi Pencemaran Timah Hitam (Pb) Dalam Darah Masyarakat Yang Terpajan Timbal (Plumbum), (Online), (http://www.share-pdf.com/.,diakses tanggal 18 juli 2014).

Gardjito, M dan Amaliah. 2012. Resep Rahasia Turun-Temurun. Great Publisher. Yogyakarta.

Kapsari AE. 2016. Status Pencemaran Berdasarkan logam berat Pb, Hg, Cd, Cu, dan Ag dalam air dan sedimen di Estuari Sungai Donan, Segara Anakan Timur. [Skripsi]. Bogor: IPB.

Kristianingrum, S. 2012. Kajian Berbagai Proses Destruksi Sampel dan Efeknya Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penetapan MIPA. Jurusan Pendidikan Kimia. Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta. Hal 195-202.

Palar, H. 2012. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat.Jakarta; PT Rineka Cipta.

Sari, A., Hidayar, D., dan Juliasih, R, G, L. 2017. Kajian Kandungan Logam Berat Timbal (Pb), Kadmium (Cd), dan Tembaga (Cu) Pada Ikan Teri Kerinf (Stolephous sp.) Di Pesisir Teluk Lampung Secara Spektrofotometri Serapan Atom. Jurnal Analit Vol. 2 No. 02. Hal 88-97.

SNI 7387:2009. Batas Maksimum Cemaran Logam Berat Dalam Makanan. Badan Standarisasi Nasional (BSN). Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v3i1.3019

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##