Evaluasi Pemahaman Dan Penggunaan Obat-Obatan Skabies (Scabies) Pada Pasien Di Puskesmas Pembantu Sumber Jaya Way Ratai Pesawaran

Yohan Alfianys, Martianus Perangin Angin, Angga Saputra Yasir

Sari


Skabies (Scabies) merupakan suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infestasi tungau dan kutu. Pemahaman dan tata cara penggunaan obat-obatan yang tepat menjadi hal dasar yang dimiliki oleh setiap pasien untuk memutus rantai penyebaran infeksi penyakit kulit skabies. Serta kesadaran dan kepatuhan terhadap pengobatan merupakan faktor utama keberhasilan terapi penyembuhan skabies. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman tentang skabies dan pemahaman tentang obat-obatan yang paling tepat untuk penyakit kulit skabies pada pasien di Puskesmas Sumber Jaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengambilan data kuesioner secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan cukup (42%) dan tingkat kepatuhan pengobatan rendah (58%). Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman dan pengobatan yang tepat serta kepatuhan dalam minum obat sangat berpengaruh terhadap kesembuhan penyakit skabies ini, dan juga menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan baik dapat mencegah kekambuhan.

Kata Kunci


Skabies (Scabies); Pengetahuan; Pengobatan; Kepatuhan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhi, D. Mochtar, H. & Siti A. 2010. Skabies. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Edisi keenam. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Amro, A. & Hamarsheh, O. 2012. Epidemology of Skabies in the West Bank, Palestinian Territories (occupied). Int J Infect Dis.

Anggreni, P.M.D., & Indira, I.G.A.A.E. 2019. Korelasi Faktor Predisposisi Kejadian Skabies Pada Anak-Anak di Desa Songan, Kecamatan Kintaman, Kabupaten Bangli, Propinsi Bali. Jurnal Medika, Vol.8 no.6 Juni, 2019. OJS Universitas Udayana Bali.

Aslamiyah, M. 2018. Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Santri dalam Mencegah Skabies di Pondok Pesantren X Banyuwangi Tahun 2018. Jurnal ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Universitas Airlangga PSDKU. Banyuwangi

Budiman, W. 2018. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien TB paru pada Fase Intensif di Rumah Sakit Umum Cibabat Cimahi. STIKES A. Yani: Cimahi.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Shimose L, Munoz-Price LS. Diagnosis, Prevention, and Treatment of Scabies. Curr Infect Dis Rep. 2013;1;15.

WHO. 2017. Skabies. Neclected Top Dis. Jurnal. Amerika




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v5i1.6856

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.licenseURL##: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/