ANALISIS KANDUNGAN SAKARAN PADA MINUMAN ES YG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA BENGKULU

Elly Mulyani, Herlina Herlina, Yoega Marsyah Putra

Sari


Minuman es merupakan salah satu minuman yang sering dijumpai baik di tempat-tempat umum maupun pasar tradisional. Dalam pembuatan minuman es seringkali produsen menggunakan pemanis buatan salah satunya seperti sakarin. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa penggunaan pemanis buatan yang tidak memenuhi syarat akan menimbulkan penyakit yang karsinogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sakarin yang dijual di Pasar Tradisional Kota Bengkulu. penelitian ini menggunakan metode probabilitas sampling dalam pengambilan sampel yang mana sampel diambil secara acak sederhana dan sampel yang diambil di pasar tradisional Kota Bengkulu baik sampel A, sampel B, sampel C, sampel D, sampel E, dan sampel F. Analisis sampel dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif  dengan menggunakan metode uji warna dan spektrofotometri UV-Vis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semua sampel yang di uji sebanyak 6 sampel yang berada di Pasar Tradisional Kota Bengkulu yang semuanya negatif sakarin.


Kata Kunci


Minuman Es, Sakarin, Uji Warna, Spektrofotometri UV-Vis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriani, 2012, Analisa Kimia Pangan Dan Gizi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Anonim, 1985, Permenkes RI No 208/Menkes/Per/X/1985, Tentang Kadar Pemanis Buatan Yang Di Perbolehkan Atau Memenuhi Syarat, Jakarta.

Anonim, 1999, Permekes RI No 1168/Menkes/Per/IX/1999, Tentang Perubahan Atas Permenkes RI No 722/Menkes/Per/IX/1988 tentang Bahan Tambahan Pangan, Jakarta.

Cahyadi, W. 2009, Analisis Dan Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan, Edisi Pertama. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Cholida, Nia Nur, 2014. Analisa Kandungan Pemanis (Sakarin Dan Siklamat) Pada Uah Jeruk Siam (Citrus Noilis Var. Microcarpa) Di Pasar Gajah Kaupaten Demak, Skripsi. Fakultas Ilmu Tariyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Fatimah, S. Desto Arisandi, Deni Yunanto. 2015, Penetapan Kadar Sakarin Minuman Ringan Gelas Plastik Yang Dijual Di Pasar Beringharjo Yogyakarta. SNaTKII II Seminar Nasional Teknologi Industri dan Informasi, 10 Oktober 2015. STIKES Guna Bangsa, Yogyakarta. 46- 56

Gandjar I. G. Dan Rohman A. 2007, Kimia farmasi analisis, Penerbit pustaka pelajar, Yogyakatra.

Karolina.A.L dan Rosmiati K 2018, Uji Kadar Sakiarin Pada Minuman Ringan Bermerek Yang Beredar Di Kota Pekanbaru, Jurnal Sains dan Teknologi Laboratorium Medik, Vol. 3 No. 1, Hal 14-17.

Mitta, Arun, 2007. Chemistry. New delhi : A P.H Corporation.

Repulik Indonesian, Undang – Undang RI. No 7, 1996, Tentang Pangan, Badan Pengawasan Obat Dan Makanan, Jakarta.

Rasyid, Roslinda. 2011. Analisis Pemanis Sintesis Natrium Sakarin Dan Natrium Siklamat Dalam Teh Kemasan. Jurnal Farmasi Higea. 3(1)

Tahir, C.I.A., dan Vitrianty, 2013, Analisis Kandungan Pemanis Buatan Pada Sari Buah Markisa Produksi Makasar. Jurnal As-Syifaa Vol 05 (02). Fakultar Farmasi Universitas Muslim Indonesia.

Wisnowardhani.A.A., 2022, Kajian Analisis Sakarin dan Siklamat Pada Minuman Jajanan yang Dijual Di Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Sekripsi, Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknik,Universitas Pasundan, Bandung

Sugiarty. A. M, Fithriyani. D, Wahyuningtyas. A., 2022, Analisis Kandungan Siklamat dan Sakarin pada Minuman Es Kopi Susus Gula Aren di 5 Coffee Shop, Kota Bandar Lampung, Communication in Food Sciance and Technology, Vol 1 (1), pp 1-8




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v5i2.8673

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.licenseURL##: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/