PENGARUH PIJAT BAYI TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN PADA BAYI DI BPS MASNONI TELUK BETUNG UTARA KOTA BANDAR LAMPUNG

Astriana Astriana, Irma Lilis Suryani

Abstract


Pendahuluan: Salah satu indikator terpenting dalam menilai pemenuhan nutrisi pada bayi adalah dengan memperhitungkan berat badan. Berat badan merupakan ukuran antropometrik yang terpenting, dipakai pada setiap kesempatan memeriksa kesehatan bayi pada semua kelompok umur. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan berat badan bayi dan mencegah terjadinya kurang gizi pada bayi yang dapat diperkenalkan dan aman bagi bayi adalah pijat bayi. Tujuan penelitian adalah diketahui pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan berat badan pada bayidi BPS Masnoni Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan berat badan bayi di BPS Masnoni Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung Tahun 2016.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, rancangan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh bayi di BPS Masnoni Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung pada Agustus-September sebanyak 23 bayi. Teknik pengambilan Sampel total populasi adalah sebanyak 23sampel. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar obsrvasi dan analisa data yang digunakan adalah uji T-dependent.
Hasil: Pada penelitian didapatkan bahwa rata-rata berat badan bayi sebelum pijat adalah 4,86 Kg, dengan SD 0,84, rata-rata berat badan bayi sesudah pijat adalah 5.72 Kg, dengan SD 0,85. Ada pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan berat badan pada bayi di BPS Masnoni Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung. Ibu yang memiliki bayi disarankan agar mengikuti pelatihan cara memijat bayi yang benar sehingga bisa melakukan sendiri pemijatan pada bayinya di rumah agar dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayinya karena pijat bayi sangat bermanfaat sekali baik bagi bayi maupun ibunya dan kerugiannya relatif tidak ada.


Keywords


Pijat, Bayi, Berat Badan

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. 2008. Profil Kesehatan Indonesia.

Jakarta.

Kusumawati.,2009. Buku Ajar Gizi untuk

Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mansur, H. 2009. Psikologi Ibu dan Anak untuk

Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian

Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Profil Kesehatan Provinsi Lampung, 2013

Riyanto. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian

Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta

Roesli, Utami. 2008. Pedoman Pijat Bayi Prematur

& Bayi Usia 0-3 Bulan. PT. Trubus.

Soetjiningsih. (1998). Tumbuh Kembang Anak.

Jakarta : EGC

Zulhaida. (2003). Status gizi ibu hamil serta

pengaruhnya terhadap bayi yang

dilahirkan




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v11i2.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.