FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DIPLOMA III KEPERAWATAN POLTEKES KEMENKES TANJUNGKARANG TAHUN AKADEMIK 2012-2013

Suyanto Suyanto, Giri Udani

Abstract


Prestasi belajar yang diperoleh seseorang mahasiswa pada suatu saat banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor.Salah satu faktor adalah faktor eksternal meliputi; guru, metode belajar mengajar, asal daerah, lingkungan belajar, status sosial orang tua, jenispendidikan, kesesuaianminat, lingkungantempattinggal, kondisikesehatandansebagainya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruhterhadapprestasibelajarmahasiswa Diploma III Keperawatan Poltekes Kemenkes Tanjungkarang tahun2010-2011. Rancangan penelitian merupakan studi cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Diploma III Keperawatan Poltekes Kemenkes Tanjungkarang tahun akademik 2012-2013dengan besar sampel sebanyak 81 orang. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Squre dan multiple logistic regressiondengan model prediksi.

Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak ada hubungan antara jenis pendidikan, pemilihan/peminatan,kondisi fisologis dan tempat tinggal dengan prestasi belajar. Sedangkan variabel kekhususan berhubungan dengan prestasi belajar. Setelah dilakukan uji multivariat diperoleh Hasil bahwa variabel yang paling dominan berhubungan dengan prestasi belajar adalah kekhususan.

Kesimpulan menunjukkan variabel yang berhubungan dengan prestasi belajar dalam analisis bivariat dan multivariat adalah kekhususan sehingga disarankan Perlu diam bilkebijakan pada tahap seleksi administrasi penerimaan mahasiswa yaitu jika memungkinkan perlu ditetapkan persyaratan kekhususan IPA untuk dapat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di Program Diploma III Keperawatan agar lebih meningkatkan kualitas pendidikan yang berdampak pada mutu lulusan.


Keywords


Prestasi belajar, Diploma III Keperawatan, Poltekes Tanjungkarang

Full Text:

PDF

References


Azwar. S. Tes Prestasi. Edisi II. Pustaka Pelajar. Yogyakarta, 1987.

Baharudin, 1999. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa SPK Tjoet Nya Dien Banda Aceh. Thesis IKM FKM Universitas Indonesia

Departemen Kesehatan RI. Pusdiknakes. Pedoman Umum Penyelenggaraan Program Pendidikan Diploma III. Kesehatan. Jakarta, 1997.

Departemen Kesehatan RI. PPSDM. Pusdiknakes. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sipensimaru Diknakes Tahun Ajaran 2004/2005. Jakarta, 2004.

Makmud. M.D. Psikologi Pendidikan. Edisi Pertama, BPFE. Yogyakarta, 1990.

Masrun dan Mulyani. S. Psikologi Pendidikan. Gadjah mada Press. Yogyakarta, 1972.

Nurkancara.W dan Sumartana. P.P.N. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya

Notoatmodjo, Soekidjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta, 2003.

Notoatmodjo, Soekidjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta, 2002.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Efendi. Metodologi Penelitian Survei. Cetakan Pertama, LP3ES. Jakarta, 1989.

Syam. M.N. et, al. Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan. CV. Rajawali. Jakarta, 1988.

Syamsudin, 2000. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Indeks Prestasi Peserta Didik AKPER Depkes Banda Aceh Tahun 1999. Thesis IKM-FKM Universitas Indonesia Tahun 2002.

Slameto, 2003. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar. Alpha Beta. Bandung.

Suyanto, 2011. Riset keperawatan, Nuha medika. Yogyakarta

Purwodarminto. W.J.S. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta, 2000.

Wiranata U.S dan Rosita. T. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Pertama Universitas Terbuka. Jakarta, 1994.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v8i4.1201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.