Efektivitas media penyuluhan terhadap persepsi pasien hipertensi dalam pengendalian tekanan darah pada masa pandemi Covid-19

Lolita Sary, Elistya Mercha Saireda, Christin Angelina Febriani, Aprina Aprina

Abstract


Background: Hypertension is still a health problem because the number of case continues to increase. Hypertension is a disease that can be controlled with lifestyle modifications. Health education and promotion in the form of counseling is carried out to raise awareness.

Purpose: Determinng the effectiveness of different counseling media on the perceptions of hypertensive patients during the Covid-19 pandemic.

Methods: This research is quantitative, with quasi-experimental design. Data were collected by questionnaires to measure perceptions. The population were patients with hypertension aged 45 to 59 years in Rejosari Public Health Center, while the sample was obtained as many as 90 people consisting of 30 people in the video intervention group, 30 slide groups and 30 control groups. Data analysis used univariate, bivariate by using t test and multivariate determined by Anova.

Results: It is showed that in video group, the mean pre-test=28.57 and mean post-test=44.5. In slide group, the mean pre-test=27.93 and mean post-test=40.3. As for the control group, the mean pre-test=25.93 and mean post-test=26.03. The bivariate analysis showed that there was a significant change in the perception of hypertensive patients in the video media group (p=0.000), slides (p=0.000) and control (p=0.000) before and after being given treatment. Multivariat results showed that video media was the most effective medium for changing perceptions of patients with hypertension before and after given treatment compared to control group (p=0.000 and X =15.8).

Conclusion: There was a significant change in the perception of hypertensive patients in video media group and slides, nor control before and after being given treatment and video media was the most effective medium for changing perceptions of patients with hypertension. Suggestion for Rejosasri Public Health to utilize video or slide media as a support in changing patient perceptions through counseling.

 

Keywords: Health Promotion Media; Hypertension; Perceptions.

 

Pendahuluan: Hipertensi masih menjadi masalah kesehatan karena jumlah kasus yang terus meningkat. Hipertensi adalah penyakit yang dapat dikendalikan dengan modifikasi gaya hidup. Edukasi dan promosi kesehatan dalam bentuk penyuluhan dilakukan untuk memberikan kesadaran.

Tujuan: Menganalisis efektivitas perbedaan media penyuluhan terhadap persepsi pasien hipertensi pada masa pandemi Covid-19.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Tehnik pengumpulan data dilakukan kuesioner untuk mengukur persepsi. Populasi penelitian ini adalah pasien hipertensi usia 45 s.d 59 tahun di wilayah kerja Puskesmas Rejosari, sedangkan sampel diperoleh sebanyak 90 orang yang terdiri dari 30 orang kelompok intervensi video, 30 kelompok slide dan 30 kelompok kontrol. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dengan uji t dan multivariat dengan Anova.

Hasil: Pada kelompok video diperoleh mean pre-test=28.57 dan mean post-test=44.5. Pada kelompok slide diperoleh mean pre-test=27.93 dan mean post-test=40.3. Adapun pada kelompok kontrol diperoleh mean pre- test=25.93 dan mean post-test=26.03. Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya perubahan yang bermakna dari persepsi pasien hipertensi kelompok media video (p=0.000), slide (p=0.000) dan kontrol (p=0.0000). Sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa media video merupakan media paling efektif terhadap perubahan persepsi pasien hipertensi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol (p=0,000 dan X =15.8).

Simpulan: Adanya perubahan bermakna dari persepsi pasien hipertensi kelompok media video dan slide sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan media video merupakan media paling efektif terhadap perubahan persepsi pasien hipertensi. Disarankan Puskesmas untuk memanfaatkan media video atau slide sebagai penunjang dalam mengubah persepsi pasien terutama di masa pandemi Covid-19.

 

Kata kunci: Hipertensi; Media Promosi Kesehatan; Persepsi.


Keywords


Hipertensi; Media Promosi Kesehatan; Persepsi.

Full Text:

PDF SIMILARITY

References


Arifin, Z., Istianah, I., Hapipah, H., Ilham, I., Supriyadi, S., & Ariyanti, M. (2021). Edukasi Tentang Hipertensi Pada Lansia Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Ubung Lombok Tengah. Jurnal Abdimas Madani, 3(1), 1–6.

Edyati, L. (2018). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan dengan Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Personal Hygiene Siswa SD Negeri 1 Kepek Pengasih Kulonprogo. Naskah Publikasi, 2(1), 1–20. http://fik.um-surabaya.ac.id/sites /default/files/Artikel 6_0.pdf

Fakhriyah, F., Athiyya, N., Jubaidah, J., & Fitriani, L. (2021). Penyuluhan Hipertensi Melalui Whatsapp Group Sebagai Upaya Pengendalian Hipertensi. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 435. https://doi.org /10.31764/jpmb.v4i2.4479

Hairuddin, H., & Herlina, N. (2015). Perbandingan Terapi Murottal Al-Qur’an dan Terapi Musik Keroncong Terhadap Penurunan Hipertensi pada Lansia di POSYANDU Lansia Bengkuring Samarinda.

Hidayati, S. (2018). Kajian Sistematis Terhadap Faktor Risiko Hipertensi di Indonesia. Journal of Health Science and Prevention, 2(1), 48–56.

Humairah, E. (2022). Media pembelajaran berbasis power point guna mendukung pembelajaran IPA SD. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 249-256.

Imran, F. A., & Hasnah, H. (2017). Pengaruh penyuluhan kesehatan melalui media video terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri tentang dampak abortus provokatus kriminalis di kelas X SMAN 2 Gowa. Jurnal Kesehatan, 10(2), 61-67.

Jatmika, S. E. D., Maulana, M., Kuntoro, K., & Martini, S. (2019). Buku Ajar Pengem bangan Media Promosi Kesehatan. K-Media

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Laporan Riset Kesehatan Dasar 2013. In Laporan Nasional Riskesdas 2013. Diakses dari: https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/4467/1/Laporan_riskesdas_2013_final.pdf

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Laporan Riset Kesehatan Dasar 2018. In Laporan Nasional Riskesdas 2018. Diakses dari: http://repository.litbang.kemkes.go.id/3514/

Kementerian Kesehatan RepubIik Indonesia. (2020). Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas Pada Masa Pandemi Covid-19. Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer Direktora Jenderal Pelayanan Kesehatan. Diakses dari: https://covid19. kemkes.go.id/protokol-covid-19/petunjuk-teknis-pelayanan-puskesmas-pada-masa-pandemi-covid- 19/#.X6z9Be77TIU.

Kementerian Kesehatan RepubIik Indonesia. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2021. Diakses dari: https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-2021.pdf

Liliweri, A. (2019). Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Megawati, R. R., Hartati, E., & Supriyono, M. (2018). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual oleh Peer Group terhadap Pengetahuan Menggosok Gigi Kelas 4 dan 5 Di SDN Kalicari 01 Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 10(1).

Nasution, N. (2018). Pengaruh Penyuluhan Konsumsi Buah dan Sayur Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SD Negeri 200302 Kecamatan Batunadua Padangsidempuan. Naskah Publikasi STIKES Aufa Royhan Kota Padang sidempuan.

Norazizah, R. (2016). Efektivitas Promosi Kesehatan Melalui Media Power Point dan Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Kader tentang Kanker Serviks di Wilayah Kerja Puskesmas Melati I. Naskah Publikasi Fakultas Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogayakarta.

Notoatmodjo, S. (2015). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rachmawati, W. C. (2019). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Wineka Media Malang.

Ramadhani, S. N., Adi, S., & Gayatri, R. W. (2020). Efektivitas penyuluhan berbasis power point terhadap tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang pencegahan cacingan pada siswa kelas V dan VI SDN 01 Kromengan Kabupaten Malang. Preventia: The Indonesian Journal of Public Health, 5(1), 8-16.

Sayuti, S., Almuhaimin, A., Sofiyetti, S., & Sari, P. (2022). Efektivitas Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa dalam Penerapan Protokol Kesehatan di SMPN 19 Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 6(2), 32-39.

Setiawan, H., Suhanda, S., Rosliati, E., Firmansyah, A., & Fitriani, A. (2018). Promosi Kesehatan Pencegahan Hipertensi Sejak Dini. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i2.328

Solehudin, S., & Herliana, I. (2022). Penyuluhan Manajemen Hipertensi Pada Masa Pandemi Covid-19 di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 05, 236–240.

Wijayanti, T., Isnani, T., & Kesuma, A. P. (2016). Pengaruh Penyuluhan (Ceramah dengan Power Point) terhadap Pengetahuan tentang Leptospirosis di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang Jawa Tengah. Balaba: Jurnal Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Banjarnegara, 12(1), 39–46. https://doi.org/10.22435/blb.v12i1.4621.39-46




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v17i9.12029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Holistik Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.