Penyuluhan kesehatan tentang menarche menggunakan metode ceramah pada siswi kelas VI
Abstract
Background: The adolescent stage is indicated by puberty signs and continued with sexual maturity. Puberty is a drastic change on the physical maturity including body and hormone changes signed by breast development, widen and enlarge hips, the growth of hair on armpits and vaginal area, and the sexual maturity signed by the first menstruation or menarche.
Purpose: To identify the effect of health counseling toward on knowledge regarding menstruation among elementary school girls
Method: A quantitative research by design quasi experiment with One Group Pretest-Posttest. The population was of 36 students girls in Grade V at Rejosari Elementary Public School 02 of Kotabumi of Lampung Utara Regency in 2019. It was taken by total technique, analyzed statistical by T test dependent.
Results: The statistical test was conducted with T Test resulting p- value 0.044 where p value < 0.05 that indicated there was an effect of health counseling toward on knowledge regarding menstruation among elementary school girls
Conclusion: This program to be continue in to other elementary school through community service join with public health centre local. Promoting and providing by distributing leaflet, poster or banner informing about menarche.
Keywords: Knowledge; Menstruation; Elementary school girls
Pendahuluan: Masa remaja ditandai sebagai masa dimana seseorang menunjukkan tanda-tanda pubertas dan berlanjut hingga dicapainya kematangan seksual. Pubertas adalah perubahan yang cepat pada kematangan fisik yang meliputi perubahan tubuh dan hormonalditandai oleh pertumbuhan payudara, pinggul melebar dan membesar, tumbuhnya rambut-rambut halus didaerah ketiak dan kemaluan serta dimulainya kematangan seksual yang ditandai dengan menstruasi pertama atau menarche.
Tujuan: Diketahui pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan tentang menarche pada siswi kelas VI SDN.02 Rejosari Kota Bumi Kab. Lampung Utara Tahun 2019.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian metode Quasi Eksperimental dengan pendekatan One group Pretes-Postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas V SDN.02 Rejosari Kota Bumi Kab. Lampung Utara Tahun 2019 sebanyak 36 siswi. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling.
Hasil: Nilai rata-rata pengetahuan sebelum diberikan penyuluhan kesehatan 9,11 sesudah 14,78 dengan standar deviasi 2,493 dan 2,166 dengan selisih nilai 12,621. Berdasarkan Uji T di dapatkan p-value 0,044, bahwa terdapat pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan tentang menarche pada siswi kelas V
Simpulan: Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu informasi kesehatan bagi tenaga kesehatan agar dapat memberikan penjelasan kepada seluruh masyarakat tentang menarche, sehingga sudut pandang atau stigma tentang menarche tidak buruk. Serta puskesmas rutin melaksanakan promosi kesehatan ke masyarakat melalui meda cetak seperti leaflet, poster dan banner yang berhubungan dengan menarche.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2007). Remaja, H. L. S. P. B. Di Indonesia Menurut Survey Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia (SKRRI) Tahun 2007. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 1(3), 136-44. Diakses dari: https://digilib.bkkbn.go.id/index.php?p=show_detail&id=36165&keywords=
Badan Pusat Statistik. (2013). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 44, 122. Diakses dari: https://www.bps.go.id/publication/2013/05/01/c15e0fccfd3d035e6746a3b4/statistik-indonesia-2013.html
Febriansah, R., Luthfia, I., Palupi, D. K., & Ikawati, M. (2016). Tomat (Solanum lycopersicum L) sebagai agen kemopreventif potensial.
Harvinta, D. D. R. (2015). Hubungan antara stress akademik dengan kecenderungan perilaku merokok pada mahasiswi fakultas kedokteran umum Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Hermawati, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Kota Samarinda. SYAMIL, 4(2).
Kurniawati, H. (2011). Eufemisme dan disfemisme dalam spiegel online. Litera, 10(1).
Nagar, S., & Aimol, K. R. (2010). Knowledge of adolescent girls regarding menstruation in tribal areas of Meghalaya. Studies of Tribes and Tribals, 8(1), 27-30.
Nofia, V. R. (2016). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang menarche terhadap kecemasan menghadapi menarche pada siswa kelas 4-6 di SDN 24 ujung gurun kecamatan Padang Barat. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 7(1).
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan IlmuAplikasi. GEN, Jakarta: Rineka Cipta.
Parry, A. (2011). Management and treatment of local anaesthetic toxicity. Journal of perioperative practice, 21(12), 404-409.
Prawirohardjo, S. (2006). Ilmu kebidanan. Yayasan Bina Pustaka Sarwono.
Proverawati, A., & Misaroh, S. (2009). Menarche. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rahayu, R.T, Aminoto, C., & Anis, M.M. (2011). Efektivitas Penyuluhan Peer Group dengan Penyuluhan oleh Petugas Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Menarche. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 7(3).
Sibagariang, E. (2016). Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi Revisi. Jakarta: CV. Trans Info Medika.
Soetjiningsih, P. (2007). Dr. SpA (K), IBCLC (penyunting) dalam Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Cet. 2.
Sulistyaningsih, S. (2016). Respon Masyarakat Desa Sitimulyo Terhadap Pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (Tpa) Piyungan Bantul Yogyakarta. Jurnal Sosiologi Reflektif, 9(2), 49-78.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.
Ulfah, Z., Nugroho, D., & Dharmawan, Y. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Praktik Kesehatan Reproduksi Siswa di Smk “X” Kabupaten Kebumen Triwulan I Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(4), 265-274.
DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v14i2.1814
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Holistik Jurnal Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.