Pengaruh kinerja petugas kesehatan pada tingkat kepuasan pasien

Muhammad Nurhidayat, M. Arifki Zainaro

Abstract


The performance of health workers and patient satisfaction 

Background: Patient satisfaction related to the quality of health services by knowing the level of patient satisfaction, puskesmas can improve service quality. The percentage of patients who expressed satisfaction with the service based on the results of the survey with standard instruments. HR performance is a term derived from the word Job Performance or Actual Performance (work performance or actual achievement achieved by someone)

Purpose: To determine the effect of the performance of health workers on patient satisfaction in Public health centers.

Method: A quantitative with the design correlative. The population were patients who were inpatient  at 7 Public Health Centers in West Lampung District, with a total sample of 130 respondents. Sampling in this study using the Cluster Sampling method (Sample Area)

Results: Most respondents rated the performance of health workers in the poor category of 78 respondents (60.0%) and the majority of respondents were dissatisfied numbered 69 respondents (53.1%). Based on the results of statistical tests, p-value 0.034 or p-value <α (0.05) is obtained, which means there is a relationship between health worker performance and patient satisfaction.

Conclusion: The results of this study are expected that the Public health centre management can improve the performance of nurses and can develop or update the best quality of service for patients, by providing facilities, facilities and infrastructure to support health services, improve all quality service procedures and improve performance related programs, and by improving health status, so that patient satisfaction can be improved.

Keywords: The performance; Health workers; Patient satisfaction 

Pendahuluan : Kepuasan pasien yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan dengan mengetahui tingkat kepuasan pasien, puskesmas dapat meningkatkan mutu pelayanan. Persentasi pasien yang menyatakan puas terhadap pelayanan berdasarkan hasil survey dengan instrument yang baku. Kinerja SDM merupakan istilah yang berasal dari kata Job Performance atau Actual Performance (prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya yang dicapai seseorang)

Tujuan : Diketahui pengaruh kinerja petugas kesehatan terhadap kepuasan pasien Di Puskesmas Se-Kabupaten Lampung Barat Tahun 2019.

Metode : Kuantitatif dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang datang berobat/dirawat pada Puskesmas Se-Kabupaten Lampung Barat, dengan jumlah sampel di 7 Puskesmas berjumlah 130 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Cluster Sampling (Area Sampel)

Hasil : Sebagian besar responden menilai kinerja petugas kesehatan dalam kategori buruk berjumlah 78 responden (60,0%) dan sebagian besar responden merasa tidak puas berjumlah 69 responden (53,1%). Berdasarkan hasil uji statistik, didapatkan p-value 0,034 atau p-value < nilai α (0,05) yang artinya terdapat  hubungan antara kinerja petugas kesehatan dengan kepuasan pasien.

Simpulan: Hasil penelitian ini diharapkan agar pihak Puskesmas dapat meningkatkan kinerja perawat dan dapat mengembangkan atau memperbaharui kualitas pelayanan yang terbaik untuk pasien, dengan cara menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana dalam menunjang pelayanan kesehatan, memperbaiki semua tatacara pelayanan yang bermutu serta meningkatkan program kinerja yang berhubungan dengan peningkatan status kesehatan, sehingga kepuasan pasien dapat ditingkatkan.


Keywords


Kinerja; Petugas kesehatan; Kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References


Amir, H. A. P. S. A. H. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Nunukan Kalimantan Utara Periode BPJS tahun 2016.

Ayu, S. A. (2016). “Hubungan Kinerja Perawat Pelaksana dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RS Pusat Bintan Amin Bandar Lampung” Jurnal Kesehatan Holistik (The Journal Holistic Healthcare) volume 10, No.4, Oktober 2016 :1-4.

Bachtiar, R. (2016). Hubungan pengembangan sumber daya manusia (sdm) dengan kinerja pegawai dalam peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas batua kecamatan manggala kota makassar tahun 2015 (Doctoral dissertation, Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Budhiarta, I., & Muttaqin, S. (2019). Model Hsq-Metrix: Untuk Pengukuran Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Rumah Sakit Di Banda Aceh. Cv. Penerbit Qiara Media.

Dwihapsari, B. C., & Santosa, S. B. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pada Oryza Tour (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Fajrin, I. Q., & Susilo, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan Pabrik Gula Kebon Agung Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(4), 117-124.

Fitriyana, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pada Konsumen Restoran Pattaya Steamboat Yakiniku Bandung) (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpas Bandung).

Ginting, D. (2019). Kebijakan penunjang medis rumah sakit (SNARS). Deepublish.

Gunawan, I. (2015). Pengaruh komitmen organisasional dan locus of control terhadap kinerja karyawan pada PT. Nikkatsu Electric Works Bandung. Jurnal Management Undergraduate, 1(1), 1-12.

Kalsum, U. (2016). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Teratai Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati tahun 2016.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, (2019), Pedoman Pelaksanaa Jaminan Kesehatan Masyarakat, Jakarta: Kemenkes.

Khamida, K., & Mastiah, M. (2015). Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Journal of Health Sciences, 8(2).

Kumari, R., Idris, M. Z., Bhushan, V., Khanna, A., Agarwal, M., & Singh, S. K. (2009). Study on patient satisfaction in the government allopathic health facilities of Lucknow district, India. Indian journal of community medicine: official publication of Indian Association of Preventive & Social Medicine, 34(1), 35.

Mailani, F., & Fitri, N. (2017). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Rwat Inap RSUD dr. Rasidin Padang. Jurnal Endurance, 2(2), 203-208.

Ndambuki, J. (2013). The level of patients’ satisfaction and perception on quality of nursing services in the Renal unit, Kenyatta National Hospital Nairobi, Kenya.

Ningrum, R. M., Huda, N., Kep, M., & KMB, S. (2014). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Bpjs Terhadap Kepuasan Pasien Di Poli Klinik Tht Rumkital Dr. Ramelan Surabaya Oleh.

Noorkasiani, M. K., Heryati, S. K., & Rita Ismail, S. K. (2009). Sosiologi keperawatan. EGC.

Parendreng, P., & Tasnim, T. (2019). Kontribusi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Untuk Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 159-169.

Radito, T. (2014). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 1-25.

Rini, D. K. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Program Bantuan Pendidikan Dalam Membantu Peserta Didik Untuk Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Riska, Y.S. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan dan Faktor-faktor determinannya di ruang rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Sondari, A. (2015). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kabupaten Brebes Tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Suarli. S. (2010). Manajemen Keperawatan dengan Pendekatan Praktis. Jakarta: Erlangga.

Syach, W. M. (2018). Implementasi aspek hukum Standar Pelayanan Minimum (SPM) pada pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan tinjauan fatwa Dewan Syariah Nasional MUI no. 107/DSN-MUI/X/106 tentang pedoman penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah studi di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Wijaya, S. B. R. (2016). Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja di Loket Pendaftaran BPJS Rumah Sakit Haji Jakarta Tahun 2015 xiii+ 94 halaman, 10 tabel, 2 bagan, 4 lampiran (Bachelor's thesis, FKIK UIN Jakarta).




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v14i2.2442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Holistik Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.