HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANGAN TERHADAP KINERJA PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN ASUHAN KEPERAWATAN Dl RUMAH SAKIT UMUM MENGGALA KABUPATEN TULANG BAWANG TAHUN 2012

Arinawati Arinawati, Gunawan Irianto, Yulina Yulina

Abstract


Mutu pelayanan di rumah sakit sangat ditentukan oleh pelayanan keperawatan atau asuhan keperawa kepemimpinan menlpakan cara yang digunakan oleh pemimpin dengan bawahanya, baik yang bersifa personal maupun konteks pekerjaan. Gaya kepemimpinan kepala ruangan untuk memimpin perawat akan mempengaruhi semangat kerja perawat pelaksana. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui gaya kepemimpinan Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan Rumah Sakit Umum Menggala Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2012. Jenis penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adala perawat pelaksana yang bertugas di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Menggala dengar sebesar 95 orang, sampel total populasi. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisa digunakan adalah ujpchi-square. Hasil penelitian menujukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala ruangan bukan demokratis yaitu set responden (66,3), responden yang memiliki kinerja baik yaitu sebanyak 51 responden (53,7). Ada yang signifikan antara gaya kepemimpinan dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2012 (p value 0,000 OR 6,587). Saran kepada Kepala menerapkan gaya kepemimpinan demokratis karena dapat meningkatkan kinerja perawat yang dapat meningkatkan mutu rumah sakit.

Keywords


gaya kepemimpinan, kinerja

Full Text:

PDF

References


Aditama,Tandra Yogya (2000) Ma Adminitrasi Rumah Sakit, UI Press J; Depkes RI (1999) Perencanaan Pembangunan Kesehatan Menuju Indonesia Sehat 2010. Bhakti Husada: Jakarta

Bennett, N.B (1989). Prinsip Manajemen Rumah Sakit. Lembaga Pengembangan Manajemen Indonesia. Jakarta Bandung

Djojodibroto, D. (2000). Kiat mengelola Rumah Sakit. Medika, Jakarta

Elaine. L.La. Monica (1998). Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan; Pendekatan berdasarkan Pengalaman. EGC, Jakarta

Gartinah et. al (1999). Standar Praktek Keperawatan Profesional. EGC; Jakarta

Gary Dessler (2006) Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi X Jilid I. Florida Internasional University, PT. Indeks Jakarta

Gibson J.L & Luncevieh, John, M & Donelly James. H. (1996). Organization (Prilaku Stuktur, Proses), Edisi V Jilid I, Erlangga, Jakarta

Indiyah. S, (2001) Hubungan antara Karakteristik Individu Organisasi dengan Kinerja Perawat

Pelaksana di Unit Interna Bedah Pelayanan

Kesehatan St. Sarolus, Tesis tic diterbitkan, PS FIK-UI

Kartono, K (1994), Psikologi Sosial uni Manajemen Perusahan dan Industri, Ec Baru, PT Grafido Persada, Jakarta

Nursalam (2001), Proses dan Dokument Keperawatan Konsep dan Praktek, Salelï Medika, Jakarta

Rivai, F. (2000). Analisys Faktor dominan mempengaruhi kinerja pegawai dal melaksanakan asuhan keperawatan ruangan Rawat Inap RSUD Haji Suraba Tesis, Universitas Airlangga, Surabaya

Robbins Steven. P (2003). Perilaku Organi¶ Edisi ke Sepuluh. PT. Indeks Keloml Gramedia.

Samba, S (2000). Pengantar Kepemimpinan Manajemen Keperawatan untuk Perm

Klinis, Buku Kedokteran. EGC Jakarta

Swanburg (2001). Pengembangan

Keperawatan. Buku Kedokteran. EC

Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v7i1.251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.