HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PERAWATAN BAYI DENGAN TINDAKAN PERAWATAN PADA BAYI YANG MENJALANI DI RUANG PERINATOLOGI RSUD DR. H. PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2016

Setiawati Setiawati

Abstract


Selama perawatan bayi yang menjalani fototerapi membutuhkan peran ibu dalam memberikan perawatan terhadap bayinya. Di RSUD Dr. Hi. Abdul Moeloek Provinsi Lampung kasus hiperbilirubin mencapai 179 kasus (10%) hasil prasurvey menunjukkan 60% ibu tidak mengetahui bagaimana merawat bayi dengan hiperbilirubin. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui hubungan pengetahuan ibu tentang perawatan bayi hiperbilirubin dengan tindakan perawatan pada bayi yang menjalani fototerapi di Ruang Perinatologi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2016.
Jenis penelitian kuantitatif, rancangan survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu dengan bayi hiperbilirubin yang sedang menjalani fototerapi di Ruang Perinatologi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung, sebanyak 34. Analisa data menggunakan uji chi square
Hasil penelitian menunjukkan distribusi frekuensi responden dengan pengetahuan dalam kategori tidak baik, yaitu sebanyak 19 responden (55.9%). tindakan perawatan pada bayi yang menjalani fototerapi dalam kategori tidak baik, yaitu sebanyak 24 responden (70.6%). Ada hubungan pengetahuan ibu tentang perawatan bayi hiperbilirubin dengan tindakan perawatan pada bayi yang menjalani fototerapi di Ruang Perinatologi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2016 (p value 0,010 OR 9,714). Saran untuk RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung mengenai promosi kesehatan tentang perawatan bayi ikterus neonatorum yang mudah dipahami.


Keywords


Pengetahuan, Perawatan, Hiperbilirubin

Full Text:

PDF

References


Departemen kesehatan RI . 2009. undang-undang republic Indonesia no 36 tahun. Tentang kesehatan diunduh dan : http://depkes.go.id/uu.content. (diakses tgl 25 April 2016).

Dahlan, M. S. (2011). Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Faridah, S. 2011. Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Perilaku Perawatan Bayi Ikterus Neonatorum di RSUD Dr. Harjono Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (tidak dipublikasikan).

Hegar, B et.all. 2008. Bedah ASI kajian Dari Berbagai Sudut Pandang Ilmiah. Jakarta: FKUI

Indiarsanto, F. et. all. (2008). Paket Pelatihan Pelayanan Obstetric Dan Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) : Asuhan Neonatal Essensial. Jakarta: JNPK-KR.

Kosim, M.S. et. all. (2008). Buku Ajar Neonatologi. Jakarta : Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Kushartono, H. (2008). Terapi Cairan & Eiektrolit Pada Anak. Surabaya : Opeh Urika Creative Multimedia Dan Persemtation Division.

Notoadmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, T . et. all. (2014). ASI dan Tumor Payudara. Yogyakarta : Nuha Medika.

Pertiwi, M. 2015. Gambaran Pengetahuan Primigrávida Tentang Perawatan Bayi Baru Lahir di Wilayah Kerja Puskesmas Ciputat Timur. FIKUIN Jakarta, (tidak dipublikasikan).

Porter, M.L & Dermis, B.L (2010). Hiperbilirubinemia in the lern newborn. Am fam physican.

Price, S.A. & Wilson. L. M. (2011). Patofisilogi Konsep klinis Proses-Proses Penyakit. Edisi 6. Volunte 2. Jakarta: EGC.

Pudiastuti, R.D. (2012). Buku Ajar Kebidanan Komunitas. Yogyakarta : Nuha Medika.

Register Ruangan Perinatologi Laporan Bulanan. (2016). RSUD Dr. H. Abdoel Moeloek Provinsi Lampung

Rekam Medik. (2016). RSUD Dr. H. Abdoel Moeloek Provinsi Lampung.

Riyantini, Y. 2010. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Ibu Serta Kejadian Hiperbilirubin Pada Bayi Baru Lahir Di RSAB Harapan Kita Jakarta. FIKUI. (tidak ' dipublikasikan).

Roesli, U. (2008). Bayi Sehat Berkat ASI Eksklusif. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Rohani, S. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Dan Keterampilan Ibu Dalam Perawatan Bayi Di Ruang Nifas Rsud Lanto DG Pasewang Kab. Jeneponto. STIKES Nani Hasanuddin Makassar.

Saifudin, A.B. dkk (2009). Panduan Praktis Kebidanan Maternal & Neonatal, Jakarta: Bina Pustaka.

Sastroasmoro, S.& Ismael. S. (2011). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto.

Setiadi.(2007). Metodologi Penelitian Kesehatan.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Smeltzer, S.C. & Bare, B.G.(2002). BukuAjar Keperawatan Medical Bedah. volume II. Jakarta: ECG

Suharyono, R.S. dkk . (2010). ASI Tinjauan dari Beberapa Aspek. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

World Health Organization. (2009). Division of child health and development family and reproductive health. Evidence for the steps for successful breastfeeding. Genewa.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v10i4.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.