Pemanfaatan kelas ibu hamil dan aplikasi grup pesan pintar sebagai sarana edukasi kehamilan

Wilda Rezki Pratiwi, Nurjanna Nurjanna

Abstract


Information giving and education in pregnancy using a traditional classroom and an online education (group messaging apps)

Background: The efforts to improve health during pregnancy are by using a traditional classes facility to provide knowledge and information on health during pregnancy. Most community has not known some online applications that can use at positive things as suggestions for learning or health education purposes. Researchers want to innovate with social media users: WhatsApp groups to provide information and knowledge.

Purpose: To analyze the differences in knowledge, activeness, motivation and behavior when information and education in pregnancy using a traditional classroom and an online education (group messaging apps).

Method: Quantitative research with the design method of quasi-experiment by pretest-posttest divided in two groups. The population was Pregnant women's with the sample of 30 participants comprising 15 participants in the control group and 15 participants in the intervention group. Location in Sidenreng Rappang regency, south Sulawesi province, Indonesia.

Results: In an online education (group messaging apps) group, the variables of knowledge, activeness, motivation and action influence the use of the class of pregnant women and WhatsApp media to educate problems around pregnancy, while in the control group the results of the variables of knowledge, activeness, and motivation influence class utilization pregnant women to educate problems. Meanwhile, the action variable has no effect.In order to further increase the campaign on the importance of the participation of pregnant women in implementing pregnant women classes and be able to do it regularly by involving cadres and their families

Keywords: Information giving; Education; Pregnancy; Traditional classroom; Online education (group messaging apps)

Pendahuluan : Salah satu upaya pemerintah yaitu pemberdayaan masyarakat dengan penyelenggaraan kelas ibu hamil. Fenomena masyarakat saat ini menganggap media sosial berpengaruh negative. Namun jika pemanfaatan media sosial diarahkan kehal yang positif seperti halnya penelitian ini ingin membuat inovasi dengan pemanfaat media sosial yaitu membuat group whatsapp sebagai sarana informasi, pelayanan kepada masyarakat. sehingga akan sangat besar manfaatnya kepada masyarakat khususnya ibu hamil.

Tujuan: Menganalisa perbedaaan pengetahuan, keaktifan, motivasi dan tindakan  ibu pada kelompok kelas ibu hamil dan aplikasi media whatsapp

Metode: Penelitian kuantitatif dengan metode  desain quasi experiment  dengan rancangan penelitian pretest- posttest two group design. Populasinya para ibu hamil dengan sampel 30 partisipan  yang dibagi 2 kelompok terdiri dari 15 partisipan  pada kelompok kontrol dan 15 partisipan pada kelompok intervensi. Lokasi di Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Hasil : Pada kelompok kasus didapatakan hasil variabel pengetahuan, keaktifan , motivasi dan tindakan berpengaruh terhadap pemanfaatan kelas ibu hamil dan media whatsapp sebagai sarana edukasi masalah seputar kehamilan, sedangkan pada kelompok kontrol  didapatakan hasil variabel pengetahuan, keaktifan , dan motivasi berpengaruh terhadap pemanfaatan kelas ibu hamil sebagai sarana edukasi masalah seputar kehamilan.


Keywords


Pemanfaatan; Kelas ibu hamil; Aplikasi grup pesan pintar; Edukasi kehamilan

References


Astuti, W. W., Sofiyanti, I., & Widyaningsih, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Candiroto Kabupaten Temanggung. In prosiding seminar nasional & internasional (Vol. 1, No. 1). file:///C:/Users/asus/Downloads/2068-4265-1-SM.pdf

Baroroh, I., Jannah, M., & Meikawati, P. R. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot Kota pekalongan. Siklus: Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 6(2). http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/viewFile/579/500

Budiarni, W., & Subagio, H. W. (2012). Hubungan pengetahuan, sikap, dan motivasi dengan kepatuhan konsumsi tablet besi folat pada ibu hamil (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157. http://jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73

Cates, S. C., Carter-Young, H. L., Conley, S., & O'Brien, B. (2004). Pregnant women and listeriosis: preferred educational messages and delivery mechanisms. Journal of nutrition education and behavior, 36(3), 121-127.

Desmariyenti, D., & Hartati, S. (2019). Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Ibu Hamil Dalam Kelas Ibu Hamil. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 9(2), 114-122. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/photon/article/download/1126/823

Desmariyenti, D., Sarlis, N., & Fitriani, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Keputusan Waktu Penyapihan. Jurnal Endurance, 3(3), 500-509. http://ejournal.lldikti10.id/index.php/endurance/article/download/3141/1133

Ekadinata, N., & Widyandana, D. (2017). Promosi kesehatan menggunakan gambar dan teks dalam aplikasi WhatsApp pada kader posbindu. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(11), 547-552. http://jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73

Eldredge, L. K. B., Markham, C. M., Ruiter, R. A., Fernández, M. E., Kok, G., & Parcel, G. S. (2016). Planning health promotion programs: an intervention mapping approach. John Wiley & Sons.

Indah, S., & Julyarni, Y. (2014). Hubungan Dukungan Suami, Motivasi Ibu dan Minat Terhadap Kunjungan Kelas Ibu Hamil Di Desa Dadaprejo Sengkaling Malang. Biomed Science, 2(2), 40-48. file:///C:/Users/asus/Downloads/866-1599-1-SM.pdf

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Pusat Data dan Informasi. Mother Days. Jakarta file:///C:/Users/asus/Downloads/infodatin-ibu.pdf

Mandiri, J. S. S. N. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 2(1). https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&scioq=Hubungan+Motivasi+Ibu+Dengan+Keikutsertaan+Ibu+Dalam+Kelas+Ibu+Hamil+Di+Wilayah+Kerja+Puskesmas+Selopampang+Kecamatan+Selopampang+Kabupaten+Temanggun&q=undari%2C+Jenie.+2016.+%E2%80%9CSistem+Informasi+Pelayanan+Puskesmas+Berbasis+Web.%E2%80%9D+2%281%29%3A+44%E2%80%9349.+&btnG=

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: rineka cipta, 16, 15-49.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan.

Retnowati, Y., & Ully, S. (2018). Analisis Motivasi Ibu Hamil Dalam Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Daerah Pesisir Wilayah Kerja Puskesmas Pantai Amal Kota Tarakan. Journal of Borneo Holistic Health, 1(2). http://180.250.193.171/index.php/borticalth/article/download/502/278

Sari, S. K., Suryani, E. S., & Handayani, R. (2010). Hubungan konseling keluarga berencana (KB) dengan pengambilan keputusan pasangan usia subur (PUS) dalam penggunaan alat kontrasepsi. Bidan Prada: Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto, 1(01).

Setyaningsih, P., & Ersila, W. (2016). Pendampingan Kelas Ibu Hamil dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu & Janin di Desa Kutosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL (Vol. 1, No. 1). http://103.97.100.145/index.php/psn12012010/article/viewFile/2109/2136

Simorangkir, R.O., & Sumardiani, L. (2016). Pengaruh Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pemeriksaan Dan Perawatan Kehamilan Di Wilayah Kerja Puskesmas Batam Tahun 2016. https://docplayer.info/55065548-Pengaruh-kelas-ibu-hamil-terhadap-pengetahuan-dan-sikap-ibu-tentang-pemeriksaan-dan-perawatan-kehamilan-di-wilayah-kerja-puskesmas-batam-tahun-2016.html

Sutopo, A., Arthati, D. F., & Rahmi, U. A. (2014). Kajian indikator sustainable development goals (SDGs). Jakarta: Badan Pusat Statistik.. https://media.neliti.com/media/publications/48852-ID-kajian-indikator-sustainable-development-goals.pdf

Uddyani, M.P.N & Setyowati, E.B. (2014). Tingkat Pengetahuan dan Keikutsertaan dalam Kelas Ibu Hamil. https://griyahusada.id/filesharing/jurnal-files/vol1no2/Penelitian1.5.pdf

Widarini, D. A. (2019). Pemanfaatan Media Sosial dalam Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Nutrisi untuk Perempuan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 92-101. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/download/26594/17169

Yani, A., Suriah, S., & Jafar, N. (2017). Pengaruh SMS Reminder Terhadap Perilaku Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Fe. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(1), 12-20. https://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/article/download/1578/886

Yuliaswati, E & Kamida, K. (2019). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil sebagai Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu Studi Lapangan di Puskesmas Plupuh I Sragen.Jurnal Ilmu Kesehatan17(2):167 https://www.researchgate.net/publication/338893218_Pelaksanaan_Kelas_Ibu_Hamil_sebagai_Upaya_Menurunkan_Angka_Kematian_Ibu_Studi_Lapangan_di_Puskesmas_Plupuh_I_Sragen

Zaki, I., & Sari, H. P. (2019). Edukasi gizi berbasis media sosial meningkatkan pengetahuan dan asupan energi-protein remaja putri dengan kurang energi kronik (KEK). GIZI INDONESIA, 42(2), 111-122. file:///C:/Users/asus/Downloads/469-1470-2-PB%20(1).pdf




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v14i4.3259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Holistik Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.