FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN IBU HAMIL DALAM ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS KENALI LAMPUNG BARAT

Aryanti Wardiyah

Abstract


Belum tercapainya target K4, salah satunya disebabkan karena pemahaman tentang pedoman Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) khususnya kunjungan pemeriksaan kehamilan masih kurang, sehingga masih ditemukan ibu hamil yang belum mengetahui pentingnya pemeriksaan kehamilan secara teratur. Cakupan K4 untuk Puskesmas Kenali 74.0%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan ibu hamil dalam antenatal care di Puskesmas Kenali Lampung Barat. Penelitian menggunakan desain korelasi, sampel adalah ibu Hamil Trimester III

h 65 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah uji chi square. Hasil penelitian didapat gambaran kunjungan ANC responden sebagian besar kategori tidak lengkap 66.2%, pengetahuan responden sebagian besar kategori baik 67.7%, sikap responden sebagian besar kategori positif 73.8%, perilaku petugas sebagian besar kategori mendukung 53.8%, keyakinan responden sebagian besar kategori tidak yakin 52.3%, ada hubungan antara pengetahuan (P value 0.010), sikap (P value 0.011), perilaku petugas (P value 0.000), keyakinan dengan kunjungan ibu hamil dalam pemeriksaan kehamilan (ANC) (P value 0.035). Saran kepada petugas kesehatan untuk dapat meningkatkan pemberian informasi atau masukan yang diharapkan dapat meningkatkan peran petugas kesehatan dalam memberikan informasi mengenai manfaat pemeriksaan antenatal care sehingga dapat meningkatkan kunjungan antenatal care ibu melalui penyuluhan, penempelan poster atau leaflet.


Full Text:

PDF

References


Anonim (2008) Pengetahuan http://id.wiwkipedia.org/wiki/pengetahuan Anonim (2008)Derajat Kesehatan Masyarakat From:webmaster@mediaindonesia.co.id Arikunto, Suharsimi (1998).

Prose penelitian: Suatu pendekatan prak Jakarta;PT Asdi Mahasatya Azwar (2005) AKI di Indonesia Masih San

tinggi. Jakarta: Cipta Cendekia Depkes, RI, 2005, Profil Kesehatan Prov. Lampung 2005, Lampung Jurnal Kesehatan Holistik stono.

Sutanto (2007) Analisa Data. Depok. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. nuaba, IGB. 1998.

Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana. Jakarta;EGC chtar, Rustam. (1998).

Sinopsis obstetri, blogi, patologi, operasi dan sosial. Jilid I

isi 2). Jakarta : EGC coatmodjo, Soekidjo (2001). Metodologi

penelitian kesehatan. Jakarta; PT Rineka Cipta coatmodjo, Soekidjo (2003).

Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta; PT Rineka Cipta Utami (2009) Hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang ANC dengan kepatuhan kunjungan ANC di BPS Hj. Solichah F. Fargis Semarang dalam (http://www.perpusnwu.dikti.net?.../bibl io view.php). Wiknjosastro, Hanafi. (2005).

Ilmu kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo. (http://rumahartikel.blogspot.com). (http://trijayafmplg.wordpress.com/2008/08/12 word-bank-angka kematian - ibu - di - Indonesia - meningkat)

(http://www.luvikar.com) Antenatal Care 80




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v5i1.861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.