HUBUNGAN KONTRUKSI SUMUR GALI TERHADAP KUALITAS BAKTERIOLOGIS AIR PADA SUMUR GALI DIKELURAHAN TEJOSARI KECAMATAN METRO TIMUR KOTA METRO TAHUN 2013

Masa Irawan, Rillyani Rillyani, Achmad Farich

Abstract


Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan dibumi. Bakteri dapat ditemukan di hampir semua tempat: di tanah, air, udara dalam simbiosis dengan organisme lain maupun sebagai agen parasit, bahkan dalam tubuh manusia.

Sumur sehat adalah jenis sumur yang telah memenuhi persyaratan sanitasi dan terlindung dari konataminasi air kotor. Sumur sehat minimal memenuhi persyaratan lokasi dan persyaratan konstruksi hal ini dilakakuan untuk menghindari kotoran yang berasal dari sumber pencemar sekitar. Konstuksi dan lokasi sumur gali saling berhubungan karena dapat meningkatkan pencemaran pada sumber air bersih, hal ini disebabkan oleh pembuatan sumur gali yang kurang atu belum memenuhi syarat kesehatan.

Penelitian adalah penelitian observasi analitikdengan pendekatan cross sectional. Tehnik sampling mnggunakan random sampling, sampel penelitian adalah air sumur gali kelurahan tejosari kota metro yang berjumlah 68 sumur gali. Analisa data menggunaka uji statistik chi squre.

Hasil penelitian seagian besar kualitas bakteriologi air sumur gali tidak memenuhi syarat ( 60,3 % ), hasil penelitia juga menunjukan bahwa tidak ada hubung konstruksi sumur gali dengan kualitas bakteriologi air sumur gali di KelurahanTejosari Kota Metro


Keywords


Sumur Gali, Kualitas Air, Bakteriologi Air

Full Text:

PDF

References


Ariawan, Iwan, (1998), Besar dan Metode Semple Penelitian Kesehatan Jurusan Biostatistik dan Kependudukan FKM UI, Jakarta.

Azwar, Azrul, (1995) Pengantar Ilmu Kesehatan, Mutiara Sumber Widya, Jakarta.

Departemen Kesehatan RI, (1990), Permenkes No. 416/MENKES/PER/IX/1990. Tentang Persyaratan Kualitas air Bersih, Jakarta.

Departemen Kesehatan RI, (1992), Pedoman Teknis Perbaikan Air Baku II, Dirjen PPM dan PLP, Jakarta.

Dinas Kesehatan Lampung,( 2011). Jumlah Cakupan Sumur,Lampung

Kusno Putranto Haryoto, Susana, (2000). Kesehatan Lingkungan, UI – FKM, Jakarta

Notoadmodjo, Soekidjo. (2005). Metode Penelitian

Kesehatan. Rineka Cipta : Jakarta

Puskeskel Tejosari, (2012). Inspeksi Sanitasi, Metro




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v8i1.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.