HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY (KEYAKINAN KEMAMPUAN DIRI) DENGAN KELULUSAN RETAKER UKMPPD DI UNIVERSITAS MALAHAYATI

Supriyati Supriyati, Octa Reni Setiawati, Vira Sandayanti

Abstract


SELF-EFFICACY IN A PROFESSIONAL COMPETENCY TEST AMONG MEDICAL STUDENTS

Background: To have competence as a doctor, the medical student have to pass examination a Professional Competency Test to obtain doctoral diplomas from educational institutions and competency certificates from institutions that authorized. The data obtained based on passing student examination a Professional Competency Test at Malahayati University showed an average number of 48.75%. Many factors can influence the success of student learning in students, one of which is the efficacy of self efficacy. Individuals who have high self efficacy will direct someone to better achievement in various fields.

Purpose: This study aims to examine the relationship between self efficacy with passing number student examination a Professional Competency Test at Malahayati University.

Methods: The variable in this study is self-efficacy as an independent variable and passing number student examination a Professional Competency Test as a dependent variable. The research sample in this study were medical profession students who passed examination a Professional Competency Tes. The method of collecting data was using the scale self efficacy and a Professional Competency Tes document. Data analysis method uses product moment.

Results: The value are r 0.673 with p = 0,000 where (p <0.01) means that there is a very significant positive relationship between self efficacy and passed student examination a Professional Competency Test at Malahayati University, Bandar Lampung.

Keywords: Self Efficacy, student, examination, Professional Competency Test

Pendahuluan: Mahasiswa dikatakan memiliki kompetensi sebagai seorang dokter jika telah menuntaskan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) untuk memperoleh ijazah dokter dari institusi pendidikan dan sertifikat kompetensi dari institusi yang berwenang. Data yang diperoleh berdasarkan tingkat ketidaklulusan UKMPPD mahasiswa program profesi dokter Universitas Malahayati menunjukkan angka rata-rata sebesar 48,75%. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar mahasiswa pada mahasiswa, salah satunya adalah self efficacy.Self efficacy. Individu yang memiliki self efficacy yang tinggi akan mengarahkan seseorang pada prestasi yang lebih baik dalam berbagai bidang.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara self efficacy (keyakinan akan kemampuan diri) dengan kelulusan retaker UKMPPD di Universitas Malahayati.

Metode: Variabel dalam penelitian ini adalah self efficacy sebagai variabel bebas dan kelulusan retaker UKMPPD. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa profesi dokter yang menjadi retaker pertama pada ujian UKMPPD.Metode Pengumpulan data dengan menggunakan skala self efficacy dan dokumen kelulusan UKMPPD. Metode analisis data menggunakan product moment.

Hasil: Nilai r sebesar 0,673 dengan P = 0,000 dimana ( p < 0,01 ) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara self efficacy dengan kelulusan retaker UKMPPD Universitas Malahayati Bandar Lampung.


Keywords


Self Efficacy; Kelulusan Retaker; UKMPPD

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan uji kompetensi ners Indonesia. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(02).

Ardiyanti, D., & Alsa, A. (2015). Pelatihan “PLANS” untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 1(1).

Astarini, I. (2015). Pengaruh self efficacy, prestise profesi guru dan status sosial ekonomi orang tua terhadapminat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa pendidikan akuntansi 2011 FE UNNES (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Azwar, S. (1999). Penyusunan skala psikologi. Pustaka pelajar.

Dwitantyanov, A., Hidayati, F., & Sawitri, D. R. (2010). Pengaruh pelatihan berpikir positif pada efikasi diri akademik mahasiswa (studi eksperimen pada mahasiswa fakultas psikologi undip semarang. Jurnal Psikologi, 8(2), 135-144.

Engko, C. (2008). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja individual dengan self esteem dan self efficacy sebagai variabel intervening. Jurnal bisnis dan akuntansi, 10(1), 1-12.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Handayani, F. (2013). Hubungan self efficacy dengan prestasi belajar siswa akselerasi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(2).

Hartawati, D., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara Self-efficacy dengan Burnout pada Pengajar Taman Kanak-kanak Sekolah “X” di Jakarta. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(02).

Indah, S. N. (2017). Hubungan pembimbingan terhadap kelulusan ujian CBT UKMPPD nasional mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Lampung Periode Agustus 2015–Mei 2016.

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2015). Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Tahun 2015

Konsil Kedokteran Indonesia. (2006). Standar pendidikan profesi dokter. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.

Kusumadewi, R. R. (2014). Hubungan Efikasi Diri, Kemandirian Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Latipah, E. (2010). Strategi self regulated learning dan prestasi belajar: kajian meta analisis. Jurnal Psikologi, 37(1), 110-129.

Mukhid, A. (2009). Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1)

Nurlaila, S. (2011). Pelatihan efikasi diri untuk menurunkan kecemasan pada siswa-siswi yang akan menghadapi ujian akhir nasional. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 1(1), 1-22.

Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “self efficacy” dengan perilaku mencontek mahasiswa psikologi. Mimbar, Jurnal Sosial dan Pembangunan, 28(1), 103-111.

Sahertian, P. (2011). Perilaku Kepemimpinan Berorientasi Hubungan Dan Tugas Sebagai Anteseden Komitmen Organisasional, Self-Efficacy Dan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(2), 156-169.

Santoso, S. S., Lusida, N., Farida, I., & Husaeni, A. F. (2017). Analisis Efektivitas Pembimbingan Mahasiswa Dalam Persiapan Mengikuti UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter) Terhadap Kelulusan UKMPPD Nasional Periode 2016. Proceeding APKKM 2017.

Sugiharto, L. (2013). Alternatif Penyusunan Kurikulum Mengacu pada KKNI. Jakarta: Tim Sosialisasi Kurikulum Dikti.

Sumarjo, H. (2010). Pengaruh karakteristik pemerintah daerah terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah (Doctoral dissertation, UNS).

Suryabrata, S. (1998). Metode penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sutomo, N., Hartono, A., & Dwipayanti, P. I. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pelaksanaan PSN Melalui Gerakan Jumantik Cilik. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 9(1).

Warsito, H. (2012). Hubungan antara self-efficacy dengan penyesuaian akademik dan prestasi akademik (Studi pada mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 29-47

Wibowo, N. R. (2010). Hubungan Antara Locus Of Control Internal Dan Self Efficacy Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Departemen Spinning PT. Daya Manunggal (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Widanarti, N., & Indati, A. (2002). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy pada remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal psikologi, 29(2), 112-123.

Widyastuti, R. J, & Pratiwi, T. I. (2013). Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir siswa. Jurnal BK UNESA, 3(1).

Wijaya, T. (2008). Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha (studi empiris pada siswa SMKN 7 Yogyakarta). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 117-127.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v13i1.963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.