Pola asuh orang tua dengan keberhasilan toilet training pada anak usia pra sekolah

Putri Maysaroh, Andri Yulianto, Yusnita Yusnita

Abstract


Background: Parenting is a rule made by parents and applied to their children to form positive children's character and behavior, one of which is parenting for toilet training programs for children. Toilet training is an effort to make children independent and direct children to defecate and urinate in their proper place, namely the toilet, as well as teach children to be disciplined and responsible for themselves. The success of toilet training cannot be separated from the role of parenting, with proper parenting, children will be faster to be independent and succeed in toilet training.

Purpose: To determine the relationship between parenting and improving the efficacy of an established toilet training program for pre-school-age children

Method: Quantitative with sectional crass design. The research sample was 43 respondents at Tunas Harapan PAUD. Data analysis used the chi-square test, which is a non-parametric comparative statistical test conducted to test the effect of two variables or measure the strength of the relationship between one variable and another.

Results: The p-value = 0.012 <0.05 means that in this study there is a significant relationship between parenting style and improving the efficacy of an established toilet training program for pre-school-age children. Democratic parenting has a greater percentage of success in toilet training in preschool children, namely 77.8 percent. This shows that parenting style has an important role in shaping children's independence in implementing toilet training.

Conclusion: There is a relationship between parenting parents and the success of toilet training in preschool-aged children in Early Childhood Education Tunas Harapan, Kedatuan Village, Bekri District, Central Lampung Regency.

Keywords: Parenting; Toilet Training; Pre-School Children.

Pendahuluan: Pola asuh merupakan peraturan yang dibuat oleh orang tua dan diterapkan kepada anaknya untuk membentuk karakter dan perilaku anak yang positif salah satunya pola asuh untuk program toilet training pada anak. Toilet training upaya dalam memandirikan dan mengarahkan anak untuk buang air besar dan kecil pada tempatnya yaitu toilet serta mengajarkan anak untuk disiplin dan bertanggungjawab atas dirinya. Keberhasilan toilet training tidak terlepas dari peran pola asuh orang tua dengan pola asuh yang tepat, anak akan lebih cepat untuk mandiri dan berhasil dalam toilet training.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan keberhasilan toilet training pada anak usia pra sekolah di Paud Tunas Harapan Desa Kedatuan Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2022.

Metode: Kuantitatif  dengan desain crass sectional. Sampel penelitian sebanyak 43 responden di PAUD Tunas Harapan. Analisis data yang digunakan uji chi square yaitu uji statistik komparatif non parametrik yang dilakukan untuk menguji pengaruh dua variabel atau mengukur kekuatan hubungan antara variabel satu dan dengan yang lain.

Hasil: Didapatkan nilai p-value = 0.012 < 0.05 artinya penelitian ini ada hubungan yang signifikan pola asuh dengan keberhasilan toilet training pada anak usia pra sekolah di Paud Tunas Harapan. Pola asuh demokratis mempunyai persentase lebih besar berhasilnya terhadap toilet training pada anak usia pra sekolah yaitu 77.8 persen. Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh orang tua mempunyai peran penting dalam membentuk kemandirian anak dalam menerapkan toilet training.

Simpulan: Adanya hubungan pola asuh orang tua dengan keberhasilan toilet training pada anak usia pra sekolah di Paud Tunas Harapan Desa Kedatuan Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah.


Keywords


Pola Asuh; Toilet Trainning; Anak Pra Sekolah

Full Text:

PDF SIMILARITY

References


Effendi, I. H., & Susilaningsih, E. Z., (2016). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Pra sekolah Di TK Pertiwi Sine 1 Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarata).

Febri, Y. A., (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendisiplinkan Toilet Training Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak Usia 2-4 Tahun Di Desa Bakal Dalam Kec. Talo Kecil Kab. Seluma) (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Himawati, L., Sahara, R., & Kumalasari, N. (2016). Hubungan Antara Pola Asuh Ibu Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) Di Posyandu Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. The Shine Cahaya Dunia Kebidanan, 1(2).

Husna, M. (2019). Penerapan toilet training pada anak usia dini: Studi deskriptif di TK Islam Al Ghoniya Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Janah, H. (2017). Pengaruh Toilet Training Terhadap Tingkat Kognitif Orang Tua Dan Frekuensi Enuresis Pada Anak Usia Pra sekolah di Pemalang. Jurnal Smart Keperawatan, 4(2).

Kameliawati, F., Armay, L., & Marthalena, Y. (2020). Keberhasilan Toilet Training pada Anak Usia Toddler ditinjau dari Penggunaan Disposable Diapers. Majalah Kesehatan Indonesia, 1(2), 57-60.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2021). Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://dapo.kemdikbud.go.id/pd/1/120000

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28.

Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola asuh ayah dalam perilaku prososial anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909-922.

Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 142-154.

Kurniawati, N., & Ardiansyah, R. Y. (2020). Penanganan kejadian enuresis pada anak usia pra sekolah melalui peningkatan peran orang tua. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 12(1), 13-13.

Maidartati, M., & Latif, D. D. (2018). Gambaran Pengetahuan Orangtua Tentang Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Puskesmas Pasir Kaliki. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Mail, A. F., & Romdzati, R. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kesiapan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler. MAGNA MEDIKA: Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 1(5), 1-10.

Pusparini, W., & Arifah, S. (2010). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Perilaku Ibu Dalam Melatih Toilet Training Pada Anak Usia Toddler Di Desa Kadokan Sukoharjo.

Siauta, M., & Embuai, S. (2020). Pola Asuh Orangtua Berhubungan Dengan Tingkat Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Jiwa Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(2), 217.

Sudirman, A. A. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak di TK Anggrek Desa Malango Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan), 3(2).

Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 128-137.

Tyas, A. P. M., Yunita, Y., Mardhika, A., Fadliyah, L., & Susanto, J. (2021). Tingkat pengetahuan ibu memengaruhi keberhasilan toilet training pada anak pra sekolah. NURSCOPE: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 7(1), 38-44.

Vinayastri, A. (2015). Pengaruh pola asuh (parenting) orang-tua terhadap perkembangan otak anak usia dini. Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(1), 33-42.

Wina, L., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Pra sekolah (4-6 Tahun) Di TK Muslimat Ar-Rohmah Gading Kembar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 1(1).

Yuliana, K. S., Suniyadewi, N. W., & Udayana, I. M. (2018). Hubungan pola asuh ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak usia pra sekolah di posyandu balita Banjar Intaran wilayah kerja UPT Kesmas Tampaksiring II. Bali Medika Jurnal, 5(2), 231-241.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v17i3.9864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Holistik Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.