Pengaruh edukasi “CERDIK” terhadap pengetahuan pra lansia tentang hipertensi

Matheus Aba, Devin Mahendika, Noor Diah Erlinawati, Ana Faizah, Erik Hidayat

Abstract


Background: Hypertension or high blood pressure is a medical condition that continues to increase significantly and is one of the leading causes of death. One of the efforts to prevent hypertension is to increase knowledge.

Purpose: To determine the effect of CERDIK education on pre-elderly knowledge about hypertension.

Method: A non-equivalent control group. The location of this research is Mengger Community Health Center, Bandung City. The number of samples in this study was 25 participants for each group. The statistical tests used are paired t-test and t-independent test.

Results: The results showed that there was a difference in the average knowledge before and after in the intervention group (p = 0.000), and there was a difference in the average knowledge in the comparison group (p = 0.000). There was no effect of ingenious education with posters on pre-elderly knowledge about hypertension (p = 0.496).

Conclusion: Pre-elderly knowledge about hypertension is still not effectively improved using CERDIK education using posters.

Suggestion: It is recommended to Public Health continue to provide information about hypertension to the public which can be applied in daily activities to prevent hypertension.

Keywords: Hypertension; Education; CERDIK; Poster.

Pendahuluan: Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi medis yang secara signifikan terus meningkat dan termasuk ke dalam salah satu penyebab utama kematian. Salah satu upaya pencegahan hipertensi adalah dengan meningkatkan pengetahuan.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh edukasi CERDIK terhadap pengetahuan pra lansia tentang hipertensi.

Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group. Lokasi penelitian ini di Puskesmas Mengger Kota Bandung. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 partisipan untuk masing-masing kelompok. Uji statistik yang digunakan adalah uji paired t-test  dan uji t-independen.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah pada kelompok intervensi (p=0,000), ada perbedaan rata-rata pengetahuan pada kelompok pembanding (p=0,000). Tidak ada pengaruh edukasi cerdik dengan poster terhadap pengetahuan pra lansia tentang hipertensi (p=0,496).

Simpulan: Pengetahuan pra lansia tentang hipertensi masih belum efektif di tingkatkan menggunakan edukasi CERDIK menggunakan poster.

Saran: Disarankan kepada pihak Puskesmas untuk terus memberikan informasi tentang hipertensi kepada masyarakat dan dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari guna mencegah terjadinya hipertensi.


Keywords


Hipertensi; Edukasi; Pra Lansia; Poster

Full Text:

PDF SIMILARITY

References


Amelia, R., & Kurniawati, I. (2020). Hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet hipertensi pada penderita hipertensi di kelurahan tapos depok. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 3(1), 77–90.

Ariyanti, R., Preharsini, I. A., & Sipolio, B. W. (2020). Edukasi Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Hipertensi Pada Lansia. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 74–82.

Aryatika, K., Antika, R. B., & Wicaksono, D. B. C. (2021). Efektivitas metode edukasi tricky card game dalam meningkatkan pengetahuan lansia terhadap pencegahan hipertensi di Sekolah Eyang-Eyang Kabupaten Jember. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 17(1), 33–38.

Dinas Kesehatan Kota Bandung. (2021). Profil Kesehatan Kota Bandung Tahun 2021. Dinas Kesehatan Kota Bandung. Retrieved from https://dinkes.bandung.go.id/download/profil-kesehatan-2021/.

Hidayat, C. T., Laksono, S. B., & Zuhri, I. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Hipertensi Dengan Program Cerdik Pada Lansia Di Desa Kasiyan RW 12 dan 13 Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 1(2), 108–115.

Indriastuti, M., Shodiq, M. J., Yusuf, A. L., Nugraha, D., & Wahlanto, P. (2021). Pengaruh Edukasi Menggunakan Booklet Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Salah Satu Klinik Daerah Sidareja. Jurnal Wiyata: Penelitian Sains Dan Kesehatan, 8(1), 1–7.

Ishak, S. N. (2022). Analisis Implementasi Strategi Promosi Kesehatan dalam Pencegahan Penyakit Tuberkulosis (TB)(Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Kalumata Kota Ternate). Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(12), 1562–1572.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Laporan hasil riset kesehatan dasar (riskesdas) Indonesia tahun 2018. Riset Kesehatan Dasar, 2018, 182–183.

Nugraheni, H., & Indarjo, S. (2018). Buku Ajar Promosi Kesehatan Berbasis Sekolah. Deepublish.

Rahmanti, A., Wulan, N., & Safitri, I. (2020). Upaya Sosialisasi Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (DD-PTM) Dalam Pencegahan Komplikasi Diabetes Mellitus Di Kelurahan Bulustalan Kecamatan Semarang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sisthana, 2(2), 37–42.

Sumartini, N. P., Zulkifli, Z., & Adhitya, M. A. P. (2019). Pengaruh senam hipertensi lansia terhadap tekanan darah lansia dengan hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Cakranegara Kelurahan Turida tahun 2019. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 1(2), 47–55.

Sutriyawan, A, Fardhoni, F., Yusuff, A. A., Akbar, H., & Sangaji, M. (2022). Risk Factors Predicting Hypertension in the Elderly. Iranian Journal of War and Public Health, 14(4), 433–438.

Sutriyawan, A. (2019). Relationship Of Smoking Behavior With Hypertension Events In Neglasari Health Center Bandung City: Hubungan Perilaku Merokok Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Neglasari Kota Bandung. Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(3), 97-104.

Sutriyawan, A. (2021). Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan: Dilengkapi Tuntunan Membuat Proposal Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Sutriyawan, A., Munawaroh, M., Amini, N. U., Selifiana, N., & Abidin, I. (2022). Pemberdayaan Kader dan Sosialisasi Perilaku ‘’CERDIK’’Melalui Edukasi Berbasis Media Pasca Pandemi Covid-19. Locus Abdimas, 1(1), 1-8.

Sutriyawan, A., Suherdin, L. R. R., Meilani, A., Dwinurani, H., Farhanudin, H., Fadilah, M. I., Rosadi, R., & Susilawati, S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Lansia Melalui Promosi Kesehatan Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Posbindu Penyakit Tidak Menular. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(2), 487-494.

Ulya, Z., Iskandar, A., & Triasih, F. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media poster terhadap pengetahuan manajemen hipertensi pada penderita hipertensi. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 38–46.

Wahyudi, W. T., Herlianita, R., & Pagis, D. (2020). Dukungan keluarga, kepatuhan dan pemahaman pasien terhadap diet rendah garam pada pasien dengan hipertensi. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(1), 110–117.

Wijayanti, W., & Mulyadi, B. (2018). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet Terhadap Pemahaman Pasien Hipertensi Di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 8(01), 372–739.

World Health Organization. (2021, August 25). Hypertension. Retrieved March 11, 2022, from World Health Organization website: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v17i2.9898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Holistik Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.