PENYULUHAN PENCEGAHAN STUNTING DI PEKON MARGOYOSO KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS

Putri Amalia, Gusti Ayu Rai Saputri, Dwi Susanti, Annisa Primadiamanti, Fadhila Noviyanti, Fadhilah Aini

Sari


Stunting masih menjadi masalah utama dalam bidang kesehatan masyarakat di Indonesia.  Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang tidak cukup dalam jangka waktu cukup lama yang tidak memenuhi kebutuhan pertumbuhan anak.  Stunting terjadi antara 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) awal janin dan dua tahun setelah melahirkan. Stunting menghambat pertumbuhan fisik, perkembangan mental, dan kesehatan anak.  Selain itu, menyebabkan anak lebih rentan terhadap penyakit baik menular ataupun tidak menular.  Ibu mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak mulai dari sebelum kehamilan hingga setelah melahirkan.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pekon Margoyoso Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus dilakukan melalui penyuluhan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuai ibu-ibu terkait pencegahan stunting.  Metode penyampaian materi pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk ceramah, diskusi, dan tanya jawab seputar faktor penyebab, dampak, dan cara pencegahan stunting.  Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa penyampaian materi efektif dalam peningkatan pemahaman dan pengetahuan ibu-ibu di Pekon Margoyoso Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus terkait pencegahan stunting.

Kata kunci: Stunting, asupan gizi, makanan bergizi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azijah, I. dan Asyifa R. A. 2020. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak : Bayi, Balita, dan Usia Prasekolah. Bogor: Lindan Bestari.

Kamaruddin, I., Iseu S.A., Prasanti A., Elita E.M., M. Nur D.K., Fitri W., Dea A.C., Agus P.M., St. Masithah, Anis L.M., Diaz C.R.K., Mardiana. 2022. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Tasikmalaya: Get Press.

Kementerian Kesehatan. 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Kementrian Kesehatan RI. 2018. Warta KESMAS : Cegah Stunting Itu Penting. Edisi 02. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Warta-Kesmas-Edisi-02-2018_1136.pdf.

Menteri Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat. 2013. Pedoman Perencanaan Program Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi Dalam Rangka Seribu Hari Pertama Kehidupan (Gerakan 1.000 HPK). Jakarta: Kementerian Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Poedjiadi, A. 2006. Dasar-Dasar Biokimia. Jakarta: UI Press.

Rahayu, A., Fahrini Y., Andini O.P., dan Lia A. 2018. Buku Referensi Study Guide-Stunting dan Upaya Pencegahannya Bagi Mahasiswa Kesehatn Masyarakat. Yogyakarta: CV. Mine.

Siswati, T. 2018. Stunting. Yogyakarta: Husada Mandiri.

Sudargo, T., Harry F., Nur A.K., dan Felicia R. 2018. Pola Makan dan Obesitas. Yogyakarta: UGM Press.

Sudargo, T., Tira A., dan Aulia A. 2018. 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Yogyakarta: UGM Press.

Wahyuni, S. S. 2019. Pertumbuhan dan Perkembangan anak Kontemporer. Journal Of Education. https://www.academia.edu/40526810/Pertumbuhan_dan_Perkembangan_anak_Kontemporer.




DOI: https://doi.org/10.33024/jakk.v2i1.14578

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Universitas Malahayati



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.