Pengabdian Masyarakat : Penyuluhan “Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS): Di SDN 38 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran

Aspri Sulanto, Muhamad Iqbal Ramadan, Meisy Monica, Milla Monica Agiestya, ⁠Faramitha Sandra Irawan, ⁠Andhika Satria Raharja, Heny Tri Andayani, Gilang Ramdhan Putra, Adiatma Bahrul Hilmi

Sari


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan serangkaian upaya yang dilakukan individu, keluarga, dan masyarakat untuk menjaga kesehatan secara mandiri dengan menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan PHBS sejak usia dini sangat penting untuk membentuk pola hidup sehat yang berkelanjutan, terutama di lingkungan sekolah sebagai tempat pembentukan karakter dan kebiasaan anak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa SDN 38 Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, tentang pentingnya PHBS. Penyuluhan dilakukan melalui metode edukatif yang interaktif, termasuk pemaparan materi, pemutaran video edukasi, demonstrasi mencuci tangan yang benar, dan sesi diskusi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya antusiasme tinggi dari para siswa serta peningkatan pemahaman mereka terhadap praktik-praktik PHBS. Diharapkan kegiatan ini mampu mendorong penerapan PHBS secara konsisten di lingkungan sekolah maupun rumah, serta menjadi kontribusi nyata dalam upaya promotif dan preventif bidang kesehatan.


Kata Kunci


Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat; Siswa Sekolah Dasar; Promosi Kesehatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depkes RI. (2018). Pedoman Pelaksanaan PHBS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kolb, D.A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Piaget, J. dalam Suparno, P. (2013). Teori Konstruktivisme: Filosofi, Pendekatan dan Penerapannya dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, R.A., Susanto, D., & Hidayat, A. (2022). Pengaruh Penyuluhan PHBS terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 45–53.

Suparno, P. (2013). Teori Konstruktivisme: Filosofi, Pendekatan dan Penerapannya dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulastri, N., Nugroho, A., & Prasetyo, D. (2020). Implementasi Program PHBS di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Kabupaten Sleman. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 15(2), 112–120.

Tim Pengabdian Masyarakat. (2023). Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Stase Anak: Penyuluhan PHBS di SDN 38 Gedong Tataan, Lampung Selatan. Universitas Malahayati.

WHO. (2009). Milestones in Health Promotion: Statements from Global Conferences. Geneva: WHO Press.

WHO. (2013). Promoting Health Through Schools. Geneva: World Health Organization.




DOI: https://doi.org/10.33024/jakk.v3i2.20191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Universitas Malahayati



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.