ANALISIS PENGARUH STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING (STP) TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. LAMBANG JAYA LAMPUNG SELATAN

Armita Yonasari, Lestari Wuryanti, Wiewiek Indriani

Sari


Abstract

Marketing strategy is a set of goals and objectives, policies and rules that give direction to marketing efforts from time to time at each level of location. One of the marketing strategies in this study, namely STP or Segmentating, Targeting, Positioning is one of the approaches or models used to develop messages and marketing strategies that are suitable for certain target audience segments. The background of this research is because there is a lot of competition between companies that is tight and sharp. Companies are required to be able to develop products or design their products in order to maintain and increase sales volume. Sales volume is an achievement expressed quantitatively in terms of the physical or volume of a product. The higher the volume of sales, the higher the success of the company. The focus in this research is to determine the effect of segmenting, targeting and positioning (STP) on sales volume at PT. Jaya coat of arms. This study uses a quantitative approach methodology. The data used are primary data obtained through interviews and filling out questionnaires, secondary data obtained from the results of company documents, organizational structure. Conclusions In this study, namely segmenting, targeting, and positioning together have a significant and positive relationship with the sales volume of PT. Jaya coat of arms.

Keywords: Segmenting, Targeting, Positioning, Sales Volume

 

Abstrak

Strategi pemasaran merupakan serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan serta aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu kewaktu pada masing–masing tingkatan lokasinya. Salah satu strategi pemasarannya dalam penelitian ini yaitu STP atau Segmentating, Targeting, Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu.  Penelitian ini dilatar belakangi karena  banyaknya persaingan antar perusahaan yang ketat dan tajam. Perusahaan dituntut harus mampu mengembangkan produk atau merancang produknya guna mempertahankan dan meningkatkan volume penjualan. Volume penjualan adalah pencapaian yang dinyatakan secara kuantitatif dari segi fisik atau volume suatu produk. Semakin tinggi volume penjualan maka semakin tinggi juga keberhasilan perusahaan.  Fokus dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh segmenting, targeting dan positioning (STP) terhadap volume penjualan pada PT. Lambang Jaya. Penelitian ini menggunakan metodelogi pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dan pengisian kuesioner, data sekunder diperoleh dari hasil dokumen perusahaan, struktur organisasi. Kesimpulan Dalam Penelitian ini yaitu Segmenting, targeting, dan positioning secara bersama-sama berhubungan signifikan dan positif dengan volume penjualan PT. Lambang Jaya.

 

Kata Pengantar: Segmenting, Targeting, Positioning, Volume Penjualan

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, N.H., 2015. Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Aditya, Angga. 2015. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Iphone (Doctor dissertation, STIE Ekuitas)

Aldi, Rizki. 2014. Analisis Pengaruh Diferensiasi dan Positioining Terhadap keputusan Pembelian. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Alexander, Manopo J.S, et.al. 2022. Strategi Segmenting Targeting Positioning Terhadap Volume Penjualan Unit Mobil Mitsubishi Xpander Di Pt. Bosowa Berlian Motor Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 22 No 1.

Fitri. 2017. Pengaruh Segmentasi, Targeting dan Positioning terhadap Volume Penjualan Mobil Mitsubishi pada PT. Bosowa Berlian Motor Makassar. Vol.1 No.07. Hlm 194-202. Jurnal Ekonomika.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo,Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi II BPFE, Yogyakarta: Erlangga.

Handoko, 2008. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia edisi kedua. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Hayani, Harahmi, 2012. Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi. Pekan Baru: Suska Press.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Kasali, Rhenald. (2007). Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K.L. 2016. Marketings Management, Global Edition 15e. United States of America: Pearson Education, Inc.

Piliang,Nuraini. 2016. Pengaruh Segmenting Targeting Dan Positioning (STP) Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Putra Lubuk Raya Mandiri Padangsidimpuan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Skripsi Press.

Rizki, Alfi. 2022. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kulit Mangis Pada CV. Rempa Sari Kota Padang. Vol. 4. No. 3. Jurnal Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis.

Solomon, Michael R. dan Elnora W. Stuart. 2002. Marketing : Real People, Real Choices. New Jersey: Prentice Hall.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Tjiptono & Chandra, G. ( 2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta Yogyakarta: ANDI.

Widjaya, Pieter Gunawan. 2017. Analisis Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix pada PT. Murni Jaya. Vol.5 No. 1. Jurnal Agora Universitas Kristen Petra.




DOI: https://doi.org/10.33024/jurnal%20jejama.v3i2.12213

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License