ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KEPESERTAAN BUKAN PENERIMA UPAH (BPU) DI BPJS KETENAGAKERJAAN BANDAR LAMPUNG

Putri Novita Sari, Lestari Wuryanti, Erna Listyaningsih

Sari


BPJS Ketenagakerjaan mempunyai program kepesertaan Penerima Upah dan Bukan Penerima Upah (PU). Diketahui, saat ini masih sedikit yang mendaftar menjadi peserta BPU di BPJS Ketenagakerjaan. Oleh karena itu, analisis strategi pemasaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, inferensi dan verifikasi dengan pemeriksaan keabsahan data menggunakan peraturan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa STP Marketing merupakan strategi yang paling berpengaruh dibandingkan bauran pemasaran 7P dan analisis SWOT dalam meningkatkan partisipasi BPU. Untuk itu, BPJS harus lebih fokus memberikan informasi terkait program BPU secara langsung, mengingat segmentasi yang akan dijangkau.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baskoro, Fajar. 2021.“Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kantor Perintis Ponogoro”. Institut Agama Islam Negeri.

Buchory, Herry. Achmad. dan Djaslim Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran. (Teori Aplikasi dan Tanya Jawab). Penerbit Linda Karya. Bandung.

Budi Rahayu Tanama Putri,..Manajemen Pemasaran.Denpasar.

Fatihudin, Didin & Firmansyah, Anang.Pemasaran Jasa.Surabaya.

Farida Yulianti., Lamsah., Periyadi.. 2019.Manajemen Pemasaran.

Hurriyati, R. 2008.Bauran Pemasaran dan Konsumen. Bandung: ALFABETA. Agustina Shinta,. 2011.Manajemen Pemasaran. Malang.

Kotler, Philip. dan Gary. Armstrong. 2012. Prisip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta. Kotler, Philip. dan K.L. Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Erlangga. Jakarta.

Kristya Mahendra, Agdela. 2021.Manajemen strategi dalam upaya meningkatkan julah kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang perintis ponogoro. Institut Agama Islam Negri Ponogoro.

Lila Dewi, Purtanti. 2011.Analisis Startegi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Pada Badan Peyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar. Institut Agama Islam Negeri.

Mayori, Zsazsa dan Tiara Narundana, Vonny. 2021.“Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Bandar Lampung.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No 12. 2013. Pasal 1 Tentang Jaminan Kesehatan.

Sirmawati. 2020.Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cv. Kembar Dua Makassar. Konsentrasi Bisnis Dan Perdagangan Internasional Program Studi Manajemen. Sekolah Tinggi Nobel Indonesia Makassar.

Wikipedia, 2021 “ strategi Pemasaran “,bit.ly/36ptd3ubit.ly/36ptd3u, Diakses pada 20 februari 2022 pukul 13.50




DOI: https://doi.org/10.33024/jurnal%20jejama.v4i1.16812

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License