Pengaruh Strategi Pemasaran Tokopedia (Brand Ambassador, Gratis “Ongkir”, Flash Sale dan Trend Fomo) Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati
Sari
Kemajuan teknologi terus mengalami perkembangan sehingga terjadinya persaingan dalam e- commerce, seperti yang dapat dilihat dengan munculnya banyak situs-situs penyedia belanja secara online. Tokopedia menawarkan menawarkan berbagai kelebihan diantaranya dengan menampilkan Brand Ambassador sebagai duta merek, produk, harga, promosi, gratis ongkos kirim (Ongkir) dan lain-lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa S-1 Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati Bandar Lampung tahun angkatan 2022-2023 dan kuesioner yang dapat di analisis sebanyak 178. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan rumus slovin dan penggunaan porposive sampling. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket), serta studi kepustakaan (buku, jurnal, Web dan lainnya). Kesimpulan dalam penelitian ini variabel Brand Ambassador (X1), Gratis “Ongkir” (X2), Flash Sale (X3), Trend FoMO (X4) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel yang memiliki pengaruh paling besar dalam keputusan pembelian pada E-Commerce Tokopedia yaitu FoMO (Fear of Missing Out).
Kata Kunci: Brand Ambassador, Gratis “Ongkir”, Flash Sale, Trend FoMO, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustiyanti. (2021). Bos Tokopedia Ungkap Keuntungan BTS & Blackpink Jadi Brand Ambassador. Https://Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/6145c93973df1/bos-tokopedia-ungkap-keuntungan-bts-blackpink-jadi-brand-ambassador?page=2
Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Press FEBI.
Duli, N. (2019). Metode Penelitian. Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli : Brand Ambassador dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
Gunawan, C. (2020). Mahir menguasai SPSS panduan praktis mengolah data penelitian new edition buku untuk orang yang (merasa) tidak bisa dan tidak suka statistika. Deepublish.
Gunawan, I. (2022). Tokopedia Jadi E-Commerce Paling Unggul, Ini Alasannya. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20220419/12/1524504/tokopedia-jadi-e-commerce-paling-unggul-ini-alasannya
Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). 9(2), 193–213.
Kartika, S. D., & Audia, F. C. (2023). Perilaku Impulse Buying Terhadap Layanan Spaylater Dan Gratis Ongkir Sebagai Strategi Marketing Shopee. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8, 2540–9247.
Najwah, J., & Chasanah, A. N. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews, Harga, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 5(2), 1. https://doi.org/10.61689/bisecer.v5i2.343
Putri, I. (2023). Tokopedia Raih 2 Penghargaan Indonesia Customer Experience Award 2023. Detiklnet. https://inet.detik.com/business/d-6606318/tokopedia-raih-2-penghargaan-indonesia-customer-experience-award-2023
Ryan, Cooper, & T. (2013). Pengaruh Flash sale terhadap Keputusan Pembelian Impulsif dengan FoMo (Fear of Missing Out) sebagai Variabel Moderasi. Toward a Media History of Documents, 12–26.
San, L. Y., Hock, N. T., & Yin, L. P. (2019). Purchase Intention Towards Korean Products Among Generation Y In Malaysia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, W. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustakabarupress.
Tokopedia. (n.d.).
Wuryanti, L., & Zahara, Y. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Konsep Diri, Harga Dan Kelas Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Di Coffeshop Kedai Kopi Pacar Hitam Lampung. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(1), 1–9. https://core.ac.uk/download/pdf/353678276.pdf
Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh Flash Sale Terhadap Implusif Online Pada Toko Online “ Pulchragallery.” JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA, 4(1). https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i1.1716
Zakiyyah, I., & Kurniawati, E. (2023). Peran Brand Ambassador Boyband BTS Pada Iklan Gofood Dalam Membangun Brand Awareness. Solusi, 21(4), 803. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i4.7726
DOI: https://doi.org/10.33024/jejama.v4i2.20343
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





