PENGARUH GAJI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU DI PONPES SHUFFAH HIZBULLAH DAN MADRASAH AL-FATAH LAMPUNG

Thoriq Habib Innsan Kamil

Sari


Abstrak

Banyak guru menunjukkan komitmen yang tinggi dalam upaya mencapai hasil yang baik dari siswa mereka. Namun, tekanan yang diakibatkan oleh beban kerja yang berat dan gaji yang tidak memadai seringkali menciptakan kondisi kerja yang kurang ideal. Situasi ini dapat menyebabkan rendahnya kepuasan kerja, yang pada gilirannya berdampak negatif pada produktivitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pengaruh gaji dan kepuasan kerja terhadap produktivitas guru di Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 110 guru. Pengambilan sampel dilakukan secara saturasi (census sampling) dari tiga institusi, yaitu MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTS (Madrasah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah). Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel gaji guru (X1) dan variabel dependen produktivitas (Y). Kedua, variabel kepuasan kerja (X2) juga tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja (Y). Ketiga, secara bersama-sama, variabel independen (gaji guru dan kepuasan kerja) tidak berpengaruh terhadap variabel dependen (produktivitas). Temuan ini menunjukkan pentingnya perhatian terhadap kondisi kerja guru untuk meningkatkan produktivitas, meskipun gaji dan kepuasan kerja tidak berpengaruh langsung secara statistik. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengambil keputusan di bidang pendidikan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi para pendidik.

Kata kunci: Gaji; Kepuasan kerja; Produktivitas; Guru; Pesantren

 

Abstract

Many teachers exhibit a high degree of dedication to helping their pupils achieve positive outcomes.  However, less than ideal working circumstances are frequently produced by the pressure brought on by excessive workloads and low pay.  Low job satisfaction might result from this circumstance, which has an adverse effect on teachers' productivity.  The purpose of this study is to give a general overview of how teacher productivity at Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah and Madrasah Al-Fatah Lampung is impacted by pay and job happiness. 110 teachers make up the population in this study, which employs a descriptive quantitative methodology.  Three institutions Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS), and Madrasah Aliyah (MA) were sampled using saturation (census sampling).  Surveys and interviews were used to gather data, which were then subjected to multiple linear regression analysis using SPSS version 23. First, according to the research findings, there is no discernible relationship between the dependent variable of productivity (Y) and the teacher wage variable (X1).  Second, there is no discernible relationship between labor productivity (Y) and the job satisfaction measure (X2).  Third, the dependent variable (productivity) is unaffected by the independent factors (teacher pay and work happiness) taken together.  Despite the lack of a direct statistical relationship between compensation and job happiness, these findings emphasize the significance of improving working conditions for teachers in order to increase productivity.  In order to improve the environment for teachers, this research offers insightful information to those who make decisions in the field of education.

Keywords: Salary; Job satisfaction; Productivity; Teacher; Islamic boarding school


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/jejama.v4i2.23047

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License