EFEKTIFITAS LAYANAN DIGITAL MOBILE JAMINAN KESEHATAN NASIONAL(JKN) TERHADAP JUMLAH ANTRIAN PESERTA BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG DI MASA PENDEMI COVID-19

Laras Wulandari, Rahyono Rahyono, Ariska Pratiwi, Iing Lukman

Sari


Aplikasi mobile jaminan kesehatan nasional (JKN) merupakan suatu bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa transformasi dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan di kantor cabang atau fasilitas kesehatan, di transformasi dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja dan kapan saja tanpa batasan waktu. Aplikasi mobile jaminan kesehatan nasional (JKN) dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna BPJS Kesehatan ataupun kepada masyarakat. Kemudahan yang dimaksud seperti membayar iuran BPJS, mengubah data kepesertaan, menegetahui data peserta keluarga dll. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas aplikasi mobile JKN untuk meminimalisir jumblah antrian di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bandar Lampung. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah Observasi, penyebaran kuesioner menggunakan google form kepada 50 responden yang merupakan peserta BPJS Kesehatan yang menggunakan aplikasi mobile JKN dan Studi Kepustakaan. Analisis data yang digunakan yaitu tabulasi data. Dari hasil analisis data yang diperoleh hasil bahwa yaitu layanan digital terhadap peningkatan layanan dimasa pandemi Covid-19, Inovasi layanan berpengaruh terhadap proses pelayanan dan Kualitas layanan berpengaruh terhadap peningkatan pelayanan pada Kantor BPJS Kesehatan Kota Bandar lampung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allndriall, F., & Kusnalldi, N. 2017. Dallmpallk Kepesertallalln BPJS Ballgi Pekerjall Informalll di Bogor. Jurnalll Ilmiallh Mallnalljemen Fallkultalls Ekonomi. Vol. 3. No 1.

BPJS Kesehalltalln. 2017. Lallporalln Pengelolallalln Prograllm dalln Lallporalln Keuallngalln Jallminalln Sosialll Kesehalltalln Tallhun 2017.

BPJS Kesehalltalln Kallntor Callballng Ballndallr Lallmpung. 2022.

BPJS Kesehalltalln. 2020. Allkses Pelallyallnalln Dalllallm Genggalllallm: BPJS kesehalltalln luncurkalln allplikallsi PAllNDAllWAll.

Hermallnsyallh, H., Dallrmallnall, All., & Nur’allini, N. 2019. Allnalllisis Fallktor Yallng Memengallruhi Kualllitalls Pelallyallnalln Kesehalltalln Dengalln Metode Servqualll Di Puskesmalls Wilallyallh Kerjall Dinalls Kesehalltalln Allceh Timur Tallhun 2018. Healllth Callre : Jurnalll Kesehalltalln, 8(1), 58–69.

Indrallwallti, K. All. P., Sudiallrtall, I. N., & Suallrdallnall, I. W. 2017. Efektifitalls Iklalln Melalllui Mediall Sosialll Fallcebook dalln Instrallgrallm Seballgalli Salllallh Salltu Stralltegi Pemallsallralln di Krisnall Oleh-oleh Khalls Ballli.

Krisdallyallnti, W. 2021. Pemallnfallalltalln Allplikallsi Mobile JKN Untuk Meningkalltkalln Efektifitalls Pelallyallnalln BPJS Kesehalltalln Di Kotall Medalln. Sumallterall Utallrall: Universitalls Muhallmmalldiyallh Sumallterall Utallrall.

Komalllall, R & Firdallus, All. 2020. Allnalllisis Kualllitalls Lallyallnalln Mobile Jkn Terhalldallp.Jurnalll Ilmu Mallnalljemen Dalln Bisnis Islallm, 6 (2), 188–199.

Komallng, Dkk. ( 2017). Efektifitalls Penggunallalln Allplikallsi Mobile JKN Dalllallm Mengurallngi Allntrialln Universitalls Jallyallballyall Jallkallrtall, Vol. 7, No. 2, Februallri 2002Mallrdiallsmo. 2017. Perpalljallkalln Edisi Terballru 2016. Yogyallkallrtall.

Mingkid. J. G., Liallndo. D., & Lengkong, J. 2017. Efektifitalls Penggunallalln Dallnall Desall Dalllm Peningkalltalln Pemballngunalln. Minallhallsall Utallrall : Universitalls Sallm Ralltulallngi.Nalltallssall, J & Dwijallyallnti, S. S. 2019. Hubungalln Mutu Pelallyallnalln Dengalln Kepuallsalln Pallsien BPJS Kesehalltalln Di Unit Rallwallt Inallp RSUD Tengku Rallfi’alln Kallbupallten Siallk.

Ombudsmalln. 2020. Prallktekmalll Alldministrallsi Yallng Terus Berulallng Dalllallm Penyelenggallrallalln Penerimallalln Pesertall Didik Ballru PPDB Tallhun 2017. Beritall Ombudsmalln RI. 2020.

Pralltiwi, H. P. 2019. Allnalllisis Penerimallalln Penggunall Terhalldallp Allplikallsi Mobile JKN Dengalln Menggunallkalln Model Unified Theory Of Allccptallnce Allnd Use Of Tecchnology Alltallu UTAllUT. Universitalls Islallm Negeri Syallrif Hidallyalltullallh Jallkallrtall.

Putri, F. L. B., Nalljoalln, X. B. N., & Rindengalln, Y. D. 2017. Sistem Informallsi Pemetallalln Fallsilitalls Kesehalltalln BPJS Berballsis Allndroid di Kotall Bitung. Jurnall; Teknik Informalltikall, 11(1).

Purwallningsih R. 2021. BPJS Kesehalltalln resmi callpalli universalll healllth converallge. www.bpjs.go.id

Rustallmallji, I. 2019. Mallnfallallt Allplikallsi Mobile JKN-KIS, Callrall pendallftallralln Hinggall Kemudallhalln Yallng Allkalln Di Dallpallt Penggunall.

Sallri, M. L., Hallrtini, S., & Allndriall, F. 2019. Efektifitalls Penggunallalln Allplikallsi Mobile JKN Seballgalli Stralltegi Meminimalllisir Allntrialln Di Kallntor Callballng NPJS Kesehalltalln Kallbupallten Bogor. Pallkualln : Universitalls Pallkualln.

Sallri, M. K. 2021. Hubungalln Kualllitalls Lallyallnalln Palldall Allplikallsi Mobile JKN Dengalln Tingkallt Kepuallsalln Pesertall BPJS Kesehalltalln Kotall Jallmbi. Jallmbi: Universitalls Jallmbi.




DOI: https://doi.org/10.33024/jurnal%20jejama.v2i1.7550

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License