Differences In Knowledge And Attitudes In The Pocketbook Of Toddler Development Growth
Latar Belakang: Anak harus mendapatkan pemantauan pertumbuhannya sesuai usia. Dengan ditemukan secara dini penyimpangan pertumbuhan anak, maka intervensi lebih mudah dilakukan oleh tenaga kesehata. Bebagai cara dalam menyampaikan paparan tentang pertumbuhan dan perkembangan anak, misalnya melalui penyuluhan menggunakan power point, lembar balik, leaflet dan buku saku. Pelaksanaan penyuluhan yang menggunakan media buku saku didapati lebih menarik dan bisa mempermudah pembaca.
Tujuan: Menganalisis pengetahuan dan sikap ibu sebelum dan sesudah diberikan buku saku tentang pertumbuhan perkembangan balita di wilayah kerja UPTD Puskesmas Nanga Tayap tahun 2020.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest-posttes. Responden sebnayak 34 ibu yang memiliki balita, analisis yang digunakan adalah uji noemalitas data, uji t-tes berpasangan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan buku saku dan untuk mengetahui perbedaan sikap sebelum dan sesudah diberikan buku saku.
Hasil: Ada perbedaan pengetahuan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan buku saku tentang pertumbuhan dan perkembangan balita (p=0,000). Ada perbedaan sikap yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan buku saku tentang pertumbuhan dan perkembangan balita (p=0,000).
Kesimpulan: Pengetahun dan sikap memiliki perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan buku saku tentang pertumbuhan dan perkembangan balita.
Saran: Perlu adanya pemantauan dan pengembangan media edukasi berupa buku saku untuk peningkatan pengetahuan dan sikap.
Kata Kunci : Balita, Buku Saku Pertumbuhan Perkembangan, Pengetahuan, Sikap
ABSTRACT
Background: Children should get age-appropriate growth monitoring. By finding early deviations in child growth, intervention is easier for health workers to do. Various ways to convey exposure about children's growth and development, for example through counseling using power points, turning sheets, leaflets and pocket books. The implementation of counseling using pocket book media is found to be more interesting and can make it easier for readers.
Objective: Analyzing the knowledge and attitudes of mothers before and after being given a pocket book about the growth of toddler development in the work area of UPTD Nanga Tayap Health Center in 2020.
Methods: This study used a one group pretest-posttest design. Respondents were 34 mothers who had toddlers, the analysis used was a data noemality test, a paired t-test to determine differences in knowledge before and after being given a pocket book and to determine differences in attitudes before and after being given a pocketbook.
Results: There were significant differences in knowledge before and after being given a pocket book on toddler growth and development (p = 0.000). There were significant differences in attitudes before and after being given a pocketbook on toddler growth and development (p = 0.000).
Conclusion: Knowledge and attitudes have differences between before and after being given a pocket book about the growth and development of toddlers.
Suggestions: There is a need for monitoring and developing educational media in the form of pocket books to increase knowledge and attitudes.
Keywords: Attitudes, Growth Development Pocketbook, Knowledge, Toddlers
Keywords : Knowledge, Attitudes, Toddlers, Growth Development Pocketbook
- Azadirachta, F. L., & Sumarmi, S. (2018). Pendidikan Gizi Menggunakan Media Buku Saku Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Siswa Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.20473/mgi.v12i2.107-115
- Azwar, S. (2015). Sikap Manusia Teori Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fitriani, A., Friscila, I., Mauyah, N., Elvieta, E., & Fatiyani, F. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Stunting di Puskesmas Syamtalira Aron. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 9(1), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.36743/medikes.v9i1.342
- Friscila, I, Wijaksono, M. ., Rizali, M., Permatasari, D., Aprilia, E., Wahyuni, I., Marsela, M., Asri, N. ., Yuliani, R., Ulfah, R., & Ayudita, A. (2023). Pengoptimalisasi Pengggunaan Buku Kia Pada Era Digital Di Wilayah Kerja Puskesmas Kandui. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 299–307. https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/1058
- Friscila, Ika, Hasanah, S. N., Ningrum, N. W., Fitriani, A., Purwanti, P., Andreini, E., Rahmawati, R., Maimunah, S., Rahmi, I., & Julizar, M. (2023). Pembentukan Cikal Bakal Posyandu Remaja Di Kelurahan Handil Bakti Wilayah Kerja Upt Puskesmas Semangat Dalam. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 321–334. https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/1061
- Hanani, R., & Ahmad, S. (2016). Perbedaan Perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus, Bahasa, dan Personal Sosial Pada Anak Stunting dan Non Stunting. Journal of Nutrition College, 5(4), 412–418. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jnc.v5i4.16452
- Hindriati, T. (2017). Deteksi Dini Perkembangan Anak Usia 48-72 Bulan Di TK AL AQSHA Kota Jambi Tahun 2012. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 14(3), 142–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v14i3.272
- Kemenkes RI. (2018). Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta : Kemenkes RI.
- Lestari, M., Friscila, I., Us, H., Wahyuni, Y. F., Safina, S., & Hasibuan, S. R. (2022). Gerakan Pencegahan Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Lancok Kecamatan Syamtalira Bayu. Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 2(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.37294/jai.v2i1.448
- Mauyah, N., Elvieta, E., Subki, S., Savina, S., Akla, N., Friscila, I., & Sari, S. P. (2022). Penyuluhan Pengolahan Makanan Bergizi untuk Anak di Desa Gampong Raya Tambo Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen 2021. Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 1(2), 76–80. https://doi.org/https://doi.org/10.37294/jai.v1i2.374
- Mubarak, W. I., & Nurul, C. (2019). Ilmu Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.
- Munawaroh, A., Nugraheni, S. A., & Rahfiluddin, M. Z. (2019). Pengaruh Edukasi Buku Saku Terhadap Perilaku Asupan Zat Besi Ibu Hamil Terkait Pencegahan Anemia Defisiensi Besi (Studi pada Ibu Hamil Trimester II Akhir di Wilayah Kerja Puskesmas Bangetayu Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 7(4), 411–419. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jkm.v7i4.24806
- Notoadmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Prado, E. L., & Dewey, K. G. (2014). Nutrition and brain development in early life. Nutrition Reviews, 72(4), 267–284. https://doi.org/10.1111/nure.12102
- Sobur, A. (2013). Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.
- Soetijiningsih, & Ranuh, I. G. (2015). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
- Solihin, R. D. M., Anwar, F., & Sukandar, D. (2013). Kaitan Antara Status Gizi, Perkembangan Kognitif, dan Perkembangan Motorik pada Anak Usia Prasekolah. Penelitian Gizi dan Makanan, 36(1), 62–72. https://media.neliti.com/media/publications-test/223521-kaitan-antara-status-gizi-perkembangan-k-3b6dfa20.pdf
- Usnawati, N., Setiyani, A., & Subagyo. (2016). Pembinaan PAUD holistik integratif dalam perspektif pencapaian target SDIDTK. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, VII(3), 131–136. https://www.academia.edu/download/80246795/131-135.pdf
- Wawan, & Dewi, M. (2014). Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
- WHO. (2021). Levels and Trends in Child Malnutrition. World Health Organization.