Supp. File(s): Research Instrument
The Relationship Of Mother's Stimulation With The Development Of Children Aged 3-5 Years
Latar Belakang Anak merupakan generasi penerus bangsa. Salah satu upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan dengan mengoptimalkan potensi perkembangan anak secara merata. Pemberian stimulasi akan lebih efektif apabila memperhatikan kebutuhan anak yang telah disesuaikan dengan tahapan perkembangannya.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan stimulasi ibu dengan tumbuh kembang anak usia 3-5 tahun di PMB Aisyah Amd Keb Wuluhan Jember.
Metode Desain penelitian ini adalah penelitian korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak prasekolah usia 3-5 tahun di PMB Aisyah Amd Keb sebanyak 57 orang. Besar sampel pada penelitian ini adalah 57 orang yang diambil jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian data diolah menggunakan SPSS dengan menggunakan uji rank spearman.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa stimulasi yang diberikan ibu cukup sebanyak 28 orang (49,1%) dan perkembangan anak usia 3-5 tahun normal sebanyak 28 orang (49,1%). Berdasarkan uji rank spearman diperoleh nilai signifikansi (Asymp. Sig) sebesar 0,000 < 0,05 artinya ho ditolak dan ha diterima
Kesimpulan ada hubungan antara stimulasi ibu dengan tumbuh kembang anak usia 3-5 tahun. tahun di PMB Aisyah Amd, Keb Wuluhan Jember. Kekuatan hubungan berada pada kategori kuat. Saran agar ibu dapat memberikan stimulasi yang maksimal sesuai usia anak agar tumbuh kembang anak maksimal.
Kata Kunci : Stimulasi, Tumbuh Kembang Anak, Perkembangan
ABSTRACT
Background Children are the next generation of the nation. One of the efforts to develop the quality of human resources can be done by optimizing the development potential of children evenly. The provision of stimulation will be more effective if it pays attention to the needs of children who have been adapted to the stages of development. The purpose of this study was to analyze the relationship between maternal stimulation and the development of children aged 3-5 years at PMB Aisyah Amd, Keb Wuluhan Jember.
method The design of this study is a correlative study with a cross-sectional approach. The population in this study were all preschool children 3-5 years old in PMB Aisyah Amd, Keb as many as 57 people. The sample size in this study was 57 people who were taken saturated. Collecting data using a questionnaire then the data is processed using SPSS using the Spearman rank test.
The results of data analysis showed that the stimulation given by the mother was sufficient as many as 28 people (49.1%) and the development of children aged 3-5 years was normal as many as 28 people (49.1%). Based on the Spearman rank test, a significance value (Asymp. Sig) of 0.000 <0.05 was obtained
Conclusion rejected and ha was accepted
Suggestion that there was a relationship between maternal stimulation and the development of children aged 3-5 years in PMB Aisyah Amd, Keb Wuluhan Jember. The strength of the relationship is in the strong category. It is recommended that mothers can provide maximum stimulation according to the child's age so that the child's development is maximized.
Keyword : Stimulation, Child Development,development
Supplement Files
- (IDAI), I. D. A. I. (2017). Jadwal imunisasi anak usia 0-18 tahun’,. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-2017
- Dewi. (2019). Kreativitas Anak Usia Dini Di Ra Nur Hidayah Kabupaten Labuhan Batu T.A 2018/2019. Skripsi.
- Dewi dkk. (2015). Teori & Konsep Tumbuh Kembang. Bayi. Toddler, Anak dan Usia Remaja. Huha Medika.
- Dinkes, J. timur. (2016). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2015. Provinsi Jawa Timur, Dinkes.
- Febriyanti, S. N. U., Nurlintan, D., & Hudhariani, R. N. (2020). The Benefits of Baby Gym on Development of Baby Age 6 Months. Jurnal Kebidanan, 10(2), 98–102. https://doi.org/10.31983/jkb.v10i2.5814
- Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Handayani, T. dan. (2021). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 7 Nomor 3 Tahun 2021 Tersedia Online : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/An-nur determinant viral load tersupresi terhadap Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Unive. 7, 60–66.
- Hanipa Miftahul. (2019). Stimulasi Tumbuh Kembang Pada Remaja: Identitas Vs Kerancuan Identitas. 4–11.
- Hidayat. (2017). Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis. Data. Jakarta: Salemba Medika.
- Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2016. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-2016.pdf
- Kusuma, L., & Fauziah, P. (2021). Praktik Pengasuhan Pada Keluarga Petani Yang Mengikuti Program Bina Keluarga Balita Di Dusun Dadapan. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 93–106. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.25729
- Makrufiyani. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Perkembangan Balita Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Puskesmas Gamping II Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Yogyakarta.
- Mansur. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun. In Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.36565/jak.v1i2.29
- Notoatmodjo. (2017). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. Edisi.4. Salemba Medika.
- Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (4th ed). Jakarta : Salemba Medika.
- Nursyamsi N. L. (2019). Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Stimulus Perkembangan Anak Usia 0-5 Tahun Di Wilayah Kerja Puskermas La Wa Woi Kecamatan Wattangpulu Kabupaten Sidrap. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
- Perdani, R. R. W., Purnama, D. M. W., Afifah, N., Sari, A. I., & Fahrieza, S. (2021). Hubungan Stimulasi Ibu Dengan Perkembangan Anak Usia 0-3 Tahun di Kelurahan Penengahan Raya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Sari Pediatri, 22(5), 304. https://doi.org/10.14238/sp22.5.2021.304-10
- Qurrotul dkk. (2018). Gambaran Perilaku Orang Tua Dalam Stimulasi Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan. 6(2): 65-66.
- Rifdulloh. (2020). 2. Perkembangan Anak. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
- Rihlah, J. (2019). Makna Stimulasi Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Fisik Dan Mental. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.499
- Sentruk. (2021). Permasalahan perkembangan sosial anak usia dini di taman kanak-kanak (tk) sekolah internasional: studi kasus anak didik warga negara asing (wna) skripsi. 6.
- Septiani, R., Widyaningsih, S., & Igohm, M. K. B. (2016). Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), 114–125. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/4398
- Soetjiningsih. (2016). Tumbuh Kembang Anak (Edisi 2). EGC.
- Soetjiningsih & Ranuh. (2015). . Tumbuh Kembang Anak, Ed. 2. Jakarta: EGC.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sulistiani. (2018). Hubungan status pekerjaan ibu dan stimulasi orang tua dengan perkembangan anak usia balita (1-5 tahun) di posyandu wilayah kerja puskesmas juanda samarinda [universitas muhammadiyah kalimantan timur]. In fakultas ilmu kesehatan dan farmasi universitas (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.1016/j.gecco.2019.e00539%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.foreco.2018.06.029%0Ahttp://www.cpsg.org/sites/cbsg.org/files/documents/Sunda Pangolin National Conservation Strategy and Action Plan %28LoRes%29.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.forec
- Sumiyati, & Yuliani, D. R. (2016). Hubungan Stimulasi dengan Perkembangan Anak 4-5 Tahun di Desa Karang Tengah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Jurnal LINK, 12(1), 34–38. http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/link
- Wahyuna, L. (2021). Hubungan mekanisme koping orang tua dengan dampak hospitalisasi pasca operasi pada anak prasekolah di Ruang Rawat Inap Raudhah 2 BLUD RSU dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. 110.
- Wahyuni, C. (2018). Panduan Lengkap Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun.
- Yuniarti. (2015). Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus Bayi: Balita dan Anak Prasekolah. PT Refika Aditama.
- Yunita, D., Luthfi, A., & Erlinawati, E. (2020). Hubungan Pemberian Stimulasi Dini Dengan Perkembangan Motorik Pada Balita Di Desa Tanjung Berulak Wilayah Kerja Puskesmas Kampar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Tambusai, 1(2), 61–68.
- Zukhra. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang Terhadap Perkembangan Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(1), 8–14.