Pengaruh Komponen Motivasi Belajar terhadap Hasil OSCE Pada Mahasiswa Program Diploma Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
ABSTRAK
Penggunaan OSCE di Program Diploma Kebidanan Universitas Padjadjaran untuk menilai kompetensi klinik dari tahun 2011 sampai sekarang masih kurang memuaskan dengan rata-rata kelulusan 25%. Banyak faktor yang memengaruhi hasil belajar salah satunya adalah motivasi belajar yang terdiri dari komponen daya nilai, harapan dan afektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh daya nilai, harapan dan afektif sebagai komponen motivasi belajar terhadap hasil OSCE pada Program Diploma Kebidanan Unpad. Pengambilan data dilakukan secara potong lintang.
Sampel berjumlah 60 orang yang ditetapkan dengan cara purposive sampling. Analisis data menggunakan Binary Logistic Regression.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa daya nilai tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil OSCE dengan nilai p value 0,067 (p > 0,05), harapan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil OSCE dengan nilai p value 0,030 (p < 0,05), afektif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil OSCE dengan nilai p value 0,012 (p < 0,05). Daya nilai, harapan dan afektif secara bersama-samaber pengaruh signifikan terhadap hasil OSCE dengan nilai p value 0,000 (p < 0,05).
Kata Kunci : Afektif, daya nilai, harapan dan hasil OSCE
- DAFTAR PUSTAKA
- Djamarah, SB. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Hamalik, O. (2013) Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
- Wigfield, A., Eccles, JS. (2000). Expectancy–Value Theory of Achievement Motivation. Contemporary Educational Psychology : 68–81.
- Hawari, D. (2006). Manajemen Stres, cemas dan depresi. Jakarta: FKUI
- Lunenburg, FC. (2011). Expectancy Theory of Motivation: Motivating by Altering Expectations. International Journal Of Management, Business, And Administration, 15(1)
- Wahyuningtyas, IK. (2013). Hubungan Orientasi Tujuan dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa. Educational Psycology Jurnal, 2(1)
- Lallo, DA., Kandou, LFJ., Munayang, H. (2013) Hubungan Kecemasan dan Hasil UAS-Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado tahun ajaran 2012/2013. Jurnal E-Clinic (ECC), 1(2)
- Gemiyani, In., Asni, E., Hamidy, MY. (2014). Hubungan Adversiy Quotient (AQ) dengan nilai osce pada mahasiswa angkatan 2013 fakultas kedokteran universitas riau. JOM FK, 1(2)
- Susetyo, YE., Kumara, A. (2012). Orientasi Tujuan, Atribusi penyebab dan Belajar berdasar Regulasi Diri. Jurnal Psikologi, 39(1)
- Elias, H., Mustafa, SMS., Roslan, S., Noah, SM. (2011). Motivational Predictor of .Academic Performance In End Year Examination. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 29: 1179-84
- Tariq, S. (2011). Relationship Between Intrinsic Motivation and Goal Orientation among College Students in Pakistan Contexta. Jurnal Education and Practice, 2(10)
- Bandura, A. Self Efficacy dalam Encyclopedia of Human Behavior. New York : Academic Press, 4 : 71-81
- Eccles, J. Expectancies, Values and Academic Behaviours in Achievement and Achievement motives. Psychological and Sociological Approaches. University of texas in Austin : 75-135
- Fitria, N., Sriati, A., Hernawaty, T. (2013). Laporan Pendahuluan Masalah Psikososial. Jakarta: Salemba Medika
- Revilla L. (2009). Kecemasan menghadapi tes (Test Anxiety) dan Dampaknya terhadap Aktivitas Belajar. journal.iain [Online Journal]. Tersedia dari : samarinda.ac.id/index.php/...ilmu/.../233
- Feng, HY., Fan, JJ., Yang, HZ. (2013).The Relationship of Learning Motivation and Achivement in EFL. Educational Reseach International, 2(2)
- Andrianie, K. (2014). Pengaruh Karakteristik Penguji Terhadap Derajat Kesesuaian Antar-penguji Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Di Program Studi D3 Kebidanan Fakultas Kedokteran Unpad. Bandung: Pustaka Ilmiah Unpad