The Influence Of Gadgets On The Incident Of Speech Delay In Children Aged 2-3 Years

Sari Mutiara Sukma Dewi* -  STIKES ABDI NUSANTARA, Indonesia

Diketahui dari data tahun 2013 bahwa 72% anak di bawah usia 8 tahun sudah mulai menggunakan perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan iPod dengan mayoritas anak usia 2 tahun lebih memilih menggunakan tablet dan smartphone setiap hari. Angka ini telah meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2011 yang hanya 38%.

Tujuan : untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap kejadian keterlambatan berbicara pada anak usia 2-3 tahun di wilayah kerja puskesmas kecamatan Pulo Gadung pada tahun 2023.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasional case control yang diperkuat. Sampel dalam penelitian ini adalah 130 responden yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel total. Analisis data menggunakan uji univariat dan uji bivariat dalam bentuk uji Chi-Square.

Hasil penelitian : pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai uji Chi-square adalah p-value sebesar 0,002, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan :  ditemukan pengaruh gadget terhadap kejadian keterlambatan berbicara pada anak usia 2-3 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas, Kecamatan Pulo Gadung.

Saran : dari penelitian ini Diharapkan penggunaan gadget akan mendapatkan perhatian lebih karena mempengaruhi kemampuan berbahasa anak. Juga diharapkan bahwa orangtua akan membatasi penggunaan gadget dengan anak-anak mereka.               

 

Keywords: Gadget, keterlambatan berbicara, kemampuan berbahasa, anak

 

ABSTRACT

 

It is known from 2013 data that 72% of children under the age of 8 have started using mobile devices such as smartphones, tablets and iPods with the majority of children aged 2 years preferring to use tablets and smartphones every day. This figure has doubled compared to 2011 which was only 38%.

Objective: to determine the effect of gadgets on the incidence of speech delays in children aged 2-3 years in the working area of the Pulo Gadung sub-district health center in 2023.

Method: This research uses quantitative research methods with a strengthened case control correlational design. The sample in this study was 130 respondents taken using total sampling techniques. Data analysis used univariate tests and bivariate tests in the form of the Chi-Square test.

Research results: this research shows that the Chi-square test value is a p-value of 0.002, which indicates that H0 is rejected and Ha is accepted.

Conclusion: The influence of gadgets on the incidence of speech delays in children aged 2-3 years was found in the Puskesmas Working Area, Pulo Gadung District.

Suggestion: From this research, it is hoped that the use of gadgets will receive more attention because it affects children's language skills. It is also hoped that parents will limit the use of gadgets with their children.

 

Keywords: gadgets, speech delay, language skills, children

Keywords : gadgets, speech delay, language skills, children

  1. Anggrasari, Bahagia. 2020. Pelngaruh Pelnggunaan Gadgelt telrhadap Pelrkelmbangan Bicara dan Bahasa Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Kelpelrawatan dan Profelsi Nelrs IJPN Vol. 1, No. 1, Juni 2020.
  2. Astuti Seltiyani, Sukelsi, Elsyuananik. Asuhan Kelbidanan Nelonatus, Bayi. Balita dan Anak Pra Selkolah. Jakarta:Kelmelntelrian Kelselhatan Relpublik Indonelsia. 2016
  3. Bawono. 2017. Kelmampuan Belrbahasa pada Anak Praselkolah. Jurnal Ikatan Psikologi Pelrkelmbangan Indonelsia ISBN 978-6021145-49-4. Selbuah kajian pustaka. Prosiding telmu ilmiah
  4. Delrry Iswidharmanjaya, Belranda Agelncy.Bila Si Kelcil Belrmain Gadgelt. 2014. https://books.googlel.co.id/books?id=_t_uBQAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=onelpagel&q&f=falsel
  5. Fajariyah, Suryawan, Atika. 2018. Dampak Pelnggunaan Gawai telrhadap Pelrkelmbangan Anak. Jurnal Sari Peldiatri Vol. 20 No. 2. Telrseldia pada: DOI https://dx.doi.org/10.14238/sp20.2.2018.10 1-5
  6. Fajriana, H. N. 2015. Tingkat Kelcanduan Gadgelt di Usia Dini Selmakin Melngkhawatirkan. Jurnal Stikels Muhhamadiyah Gastelr Vol. XVI No. 2.
  7. Ferrari. 2018. Writing Narrative Stylel Litelraturel Relvielw. Frelellancel Meldical Writelr. Telrseldia pada: https://www.relselarchgatel.nelt/publication/2 88039333 [Diaksels pada 17 Juli 2021]. Felrliana, J.M. 2016. Anak dan Gadgelt yang Pelnting Aturan Main. Jurnal IKIP Jelmbelr Vol. 3 No. 1.
  8. Felrnandelz, Lelstari. 2019. Hubungan Pelnggunaan Gawai delngan Kelrtellambatan Bahasa pada Anak. Jurnal Sari Peldiatri Vol. 21 No. 4. Telrseldia pada: DOI https://dx.doi.org/10.14238/sp21.4.2019.23 1-5
  9. Fida, Maya. 2012. Pelngantar Kelselhatan Anak. D. Meldika. Jogjakarta. Hidayat. 2011. Pelngantar Ilmu Kelselhatan Anak untuk Pelndidikan Kelbidanan. Salelmba Meldika. Jakarta.
  10. Hidayat. 2012. Pelngantar Ilmu Kelpelrawatan Anak 1. Salelmba Meldika. Jakarta. Kamal, Salahhudin, Misdayanti. 2020. Gadgelt As Risk Factor to Speech and Language Delay in Autism Children. Jurnal Kelselhatan Masyarakat 16(1).
  11. Kamilah, Rihlah, Fitriyah, Syaikhon. 2020. Pelngaruh Pelrilaku Kelcanduan Gawai telrhadap Pelrkelmbangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Child Education Journal. Volume 2, No. 2.
  12. Khoiriyah, Anizar ahmad, Delwi Fitriani. Modell Pelngelmbangan Kelcakapan Belrbahasa Anak yang Telrlambat Belrbicara (Spelelch dellay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pelndidikan Anak Usia Dini, 1(1):36-45. 2016
  13. Nanndo Yannuansa, dkk. Pelngaruh Gadgelt pada Anak-Anak. Jombang;LPPM UNHASY TElBUIRElNG.2020
  14. Puji Asmaul Chusna. Pelngaruh Meldia Gadgelt Pada Pelrkelmbangan Karaktelr Anak. STIT Al-Muslibun. Vol 17,No.2. 2017
  15. Sari, Purwati. 2018. Hubungan Durasi Pelnggunaan Gadgelt delngan Pelrkelmbangan Bahasa pada Anak Usia Praselkolah di PAUD Al Ilhamiyah. Jurnal Kelpelrawatan Fik UMJ.
  16. Sawitri, Yannaty, Widyastika, Harumsih, Musyarofah. 2019. Dampak Pelnggunaan Smartphonel telrhadap Pelrkelmbangan Anak Usia Dini. Banyumas. Jurnal UMP Purwokelrto.
  17. Siti Nurhasiyah Jamil, Felbi Sukma, Hamidah. Buku Ajar Asuhan Kelbidanan pada Nelonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Selkolah. Jakarta:Fakultas Keldoktelran dan Kelselhatan Univelrsitas Muhammadiyah Jakarta. 2017
  18. Suhono. 2017. Babbling Stagel Construction of Childreln's Language Acquisition on Rural Arela Lampung. Jurnal Smart Lampung Vol. 3 No. 2.
  19. Sukmawati. 2019. Pelngaruh Gadgelt telrhadap Pelrkelmbangan Bicara Anak Usia 3 Tahun di TK Buah Hati Kita. Jurnal IKIP Jelmbelr Vol. 3 No. 1. Telrseldia pada:
  20. Sulistiyaningsih, Sukirman. 2017. Elfelktivitas Modell Pelmbellajaran Discelreltel Trial. Purwokwelrto. Jurnal Kelselhatan Masyarakat Vol. 16 No. 3.
  21. Suryamelng. 2019. Pelndampingan Dialogis Orang Tua dalam Pelnggunaan Gadgelt delngan Pelrkelmbangan Sosial Anak Usia Dini. Purwokwelrto. Jurnal Kelselhatan Masyarakat Vol. 16 No. 3.
  22. Wulandari, Ichsan, Romadhon. 2016. Pelrbeldaan Pelrkelmbangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun delngan Pelndidikan Usia Dini dan Tanpa Pelndidikan Usia Dini. Jurnal Biomeldika Vol. 8 No. 1.
  23. Yuniari Ni Madel, I Gusti Ayu Indah Triana Juliari. Stratelgi Telrapis Wicara yang dapat Ditelrapkan olelh Orangtua Pelndelrita Keltelrlambatan Belrbicara (Spelelch Dellay). Jurnal Ilmiah Pelndidikan dan Pelmbellajaran el-ISSN:2615-6091. 2020)
  24. Zubaidah. 2017. Hubungan Durasi Pelnggunaan Gadgelt telrhadap Pelrkelmbangan Sosial Anak Selkolah Dasar. Jurnal UMP Purwokelrto

Open Access Copyright (c) 2024 JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)