The Role Of Mother Toddler Classes In Stimulating Child Growth And Development

Fitri Yuliana* -  Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Fakultas Kesehatan Universitas Sari Mulia, Indonesia
Lia Agustini -  Program Studi Sarjana Kebidanan, Fakultas Kesehatan Universitas Sari Mulia, Indonesia
Nita Hestiyana -  Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Fakultas Kesehatan Universitas Sari Mulia, Indonesia
Hairiana Kusvitasari -  Program Studi Sarjana Kebidanan, Fakultas Kesehatan Universitas Sari Mulia, Indonesia

Latar Belakang: Kemampuan orang tua terutama ibu dalam melakukan stimulasi maupun deteksi dini tumbuh kembang anak masih sangat rendah, hal ini sesuai dengan data dari Puskesmas Tanah Habang bahwa kasus gangguan perkembangan menduduki posisi kedua tertinggi di Kabupaten Balangan dengan presentase 2,1%. Pemanfaatan Buku KIA dan Kelas Balita sebagai media informasi stimulasi tumbuh kembang sangat diperlukan oleh Ibu agar memudahkan dalam melakukan intervensi dini adanya gangguan tumbuh kembang pada anak.

Tujuan: menganalisis pengaruh kelas ibu balita terhadap pengetahuan ibu dalam stimulasi tumbuh kembang anak usia 0-24 bulan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Tanah Habang.

Metode: Penelitian eksperimen dengan rancangan Pre Eksperiment One-group pretest-posttest design, pengambilan sampel 20 orang menggunakan purposive sampling, instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis dengan Wilcoxon Signed Rank Test.

Hasil: Hasil penelitian diperoleh pengetahuan sebelum Kelas Ibu Balita dalam kategori baik sebanyak 19 orang (95%), kategori cukup sebanyak 1 orang (5%) dan hasil pengetahuan setelah Kelas Ibu Balita adalah 100% kategori baik (20 orang). Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah Kelas Ibu Balita.

Simpulan: Pemanfaatan Kelas Ibu Balita memiliki pengaruh terhadap pengetahuan ibu dalam stimulasi tumbuh kembang anak, semakin baik pengetahuan ibu dapat berdampak terhadap perilaku ibu sehingga pemantauan tumbuh kembang anak dapat dilakukan secara optimal.

Saran: Informasi melalui kelas balita dapat meningkatkan kesadaran orangtua dalam mendeteksi kelainan tumbuh kembang pada anak

 

Kata Kunci: Kelas Ibu Balita, pengetahuan, stimulasi tumbuh kembang

 

ABSTRACT

 

Background: The ability of parents, especially mothers, to stimulate and detect early child development is still very low, this is in accordance with data from Tanah Habang Health Center that cases of developmental disorders are in the second highest position in Balangan Regency with a percentage of 2.1%. The use of KIA Books and Toddler Classes as a medium for information on growth and development stimulation is very much needed by mothers to make it easier to intervene early in the presence of growth and development disorders in children.

Objective: Analyzing the influence of mother-to-toddler classes on mothers' knowledge in stimulating the growth and development of children aged 0-24 months in the working area of the Tanah Habang Health Center.

Methods: Experimental research with Preexperiment One-group pretest-posttest design, sampling of 20 people using purposive sampling, data collection instruments using questionnaires, then analyzed using the Wilcoxon Signed Rank Test.

Results: The results of the study obtained knowledge before the Mother Toddler Class in the good category of 19 people (95%), sufficient category of 1 person (5%) and the results of knowledge after the Mother Toddler Class were 100% good category (20 people). The results of the Wilcoxon Signed Rank Test obtained a Sig. (2-tailed) value of 0.000 which is smaller than 0.05. This shows that there is a significant difference between before and after the Mother Toddler Class.

Conclusion: UtilizationThe Mother and Toddler Class has an influence on mothers' knowledge in stimulating children's growth and development. The better the mother's knowledge, the better the impact on the mother's behavior so that monitoring of children's growth and development can be carried out optimally.

Suggestion: Information through toddler classes can increase parents' awareness in detecting growth and development disorders in children

 

Keywords: Mother toddler class, knowledge, growth and development stimulation

 

Keywords : Mother toddler class, knowledge, growth and development stimulation

  1. Aswan, A. L., & Ridwan, I. (2023). Deteksi Dini (Screening) Perkembangan Anak di Kelurahan Suli, Kabupaten Luwu. Jurnal Dinamika Pengabdian, 8(2), 263–274. https://doi.org/10.20956/jdp.v8i2.26553
  2. BPS. (2020). Analisis Perkembangan Anak Usia Dini Indonesia 2018 – Integrasi Susenas dan Riskesdas 2018. Badan Pusat Statistik.
  3. Fauziah, N., Wulandari, R. F., & Wardani, R. K. (2023). Kelas Balita untuk Menuju Tumbuh Kembang Sehat. Jurnal Abdimas Pamenang, 1(1), 61–65. https://doi.org/10.53599/jap.v1i1.130
  4. Indrayani, D., Legiati, T., & Hidayanti, D. (2019). Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu dalam Stimulasi Tumbuh Kembang. Jurnal Kesehatan Prima, 13(2), 115. https://doi.org/10.32807/jkp.v13i2.240
  5. Kemenkes. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  6. Kemenkes. (2019). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Balita. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  7. Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
  8. Sugeng, H. M., Tarigan, R., & Sari, N. M. (2019). Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor. Jurnal Sistem Kesehatan, 4(3), 96–101. https://doi.org/10.24198/jsk.v4i3.21240
  9. Sulisnadewi, N., Labir, I. K., & Yunianti, N. L. P. (2020). Implementasi Kelas Ibu Balita dalam Meningkatkan Kemampuan Ibu dalam Memberikan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak di Kecamatan Sukawati. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.33992/ms.v2i1.992
  10. Syahailatua, J., & Kartini, K. (2020). Pengetahuan Ibu tentang Tumbuh Kembang Berhubungan dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2020.v3.77-83
  11. Zhang, J., Guo, S., Li, Y., Wei, Q., Zhang, C., Wang, X., Luo, S., Zhao, C., & Scherpbier, R. W. (2018). Factors Influencing Developmental Delay Among Young Children in Poor Rural China: A Latent Variable Approach. BMJ Open, 8(8), e021628. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2018-021628

Open Access Copyright (c) 2025 JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)