Supp. File(s): Research Instrument
Motivational Factors For Mothers Who Bring Their Babies To Baby Spa
Baby spa merupakan salah satu fisioterapi pada bayi dan dapat mendorong aktivitas motorik bayi dengan tujuan memberikan relaksasi pada bayi. Faktor-faktor yang memotivasi ibu untuk membawa bayinya ke baby spa sebagian besar berkaitan dengan manfaat kesehatan dan tumbuh kembang bayi serta peningkatan pengetahuan ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis faktor motivasi ibu yang membawa bayinya ke baby spa di Klinik Lutuna Baby Spa Pratama Ika. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan rancangan penelitian survei investigatif yang dipadukan dengan metode cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 30 orang. Uji yang digunakan adalah uji Chi Square. Hasil penelitian diperoleh nilai p= 0,000 atau berarti p<0,05, terdapat hubungan kecenderungan dengan motivasi ibu yang membawa bayinya ke Baby Spa. Nilai p=0,028, terdapat hubungan antara tumbuh kembang dengan motivasi ibu yang membawa bayinya ke Baby Spa. Kesimpulannya adalah faktor motivasi ibu yang membawa bayinya ke Baby Spa di Klinik Pratama Ika adalah faktor kecenderungan dan faktor tumbuh kembang. Disarankan kepada ibu (responden) agar lebih meningkatkan motivasi dalam meningkatkan tumbuh kembang bayi dan lebih peka terhadap masalah kesehatan bayi.
Kata kunci: Motivasi Ibu, Baby Spa, Tumbuh Kembang Bayi
ABSTRACT
Baby spa is one of the physiotherapies in babies and can encourage the baby's motor activity with the aim of providing relaxation to the baby. The factors that motivate mothers to bring their babies to the baby spa are largely related to the health and development benefits of the baby as well as increased maternal knowledge. The objective of the study was to investigate the analysis of the motivational factors of mothers who bring their babies to the baby spa at Lutuna Baby Spa Pratama Ika Clinic. This type of quantitative research is based on an investigative survey research design combined with a cross-sectional method. The sample was 30 people. The test used is the Chi Square test. The results obtained a value of p= 0.000 or means p<0.05, there is a trend connection with the motivation of mothers who bring their babies to the Baby Spa. The value of p=0,028, there exists a connection between growth and development and the motivation of the mother who brings her baby to the Baby Spa. The conclusion is that the motivational factors of mothers who bring their babies to the Baby Spa at Pratama Ika Clinic are trend factors and growth and development factors. It is recommended for mothers (respondents) to further increase their motivation in improving the baby's growth and development and be more sensitive to the baby's health concerns.
Keywords: Mom's Motivation, Baby Spa, Baby Growth and Development
Supplement Files
Keywords : Mom's Motivation, Baby Spa, Baby Growth and Development
- Abubakar, M. L., Us, H., Ismayanty, D., Ernita, E., Sarliana, S., Apriyanti, I., Asmanidar, A., Lubis, R., Fauziandari, E. N., Lontaan, A., Sahalessy, Y., Rachmawati, N. C., Yauri, I., & Danaz, A. F. (2024). BUNGA RAMPAI ASUHAN NEONATUS DAN BAYI (R. Rahmawati (ed.)). PT Media Pustaka Indo.
- Agustina. Agutina, Revinel, R., Aritonang, J., Pratama, R. M., Nurita, S. R., & Nengsih, N. (2023). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Bayi dan Balita S1 Kebidanan. In Bukel. Mahakarya Cipta Utama.
- Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. In Surabaya: UNAIR. Airlangga University Press.
- Aryunani, A., Taufiqoh, S., & Anifah, F. (2022). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Penerbit Rena Cipta Mandiri.
- Gst. Ayu Atun Luviana, Ejasa Sembiring, & A.A.I.N Dyah Prami. (2022). Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram (Instagram Advertisement) Dan Electronic Word of Mouth (Ewom)Terhadap Minat Beli Di Ayrin Moms & Baby Care. Journal of Applied Management Studies, 3(2), 149–159. https://doi.org/10.51713/jamms.v3i2.51
- Jayanti, P., Jayatmi, I., & Novita, A. (2023). Hubungan Pengetahuan, Status Ekonomi dan Frekuensi Baby Spa (Solus Per Aqua) terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Bayi Usia 3-6 Bulan di Klinik Putri Toboali Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia, 13(04), 136–142. https://doi.org/10.33221/jiki.v13i04.2638
- Juwita, Septiana dan Jayanti, Nicky Danur. 2019. Pijat Bayi. CV SARNU UNTUNG: Jawa Tengah.
- Laoh, J. M., Fauziandari, E. N., Marta, E. S., Santri P, Y. V., Mukarramah, S., Julaecha, J., Afriani, Af., Karuniawati, B., & Lilis, D. N. (2024). BUNGA RAMPAI KEBIDANAN KOMPLEMENTER. PT Media Pustka Indo.
- Maryati, S., Istiqomah, I., Iswantiningsih, E., & Punjastuti, B. (2021). Solus Per Aqua (Spa) Baby Sekedar Tren Atau Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi. Journal of Nursing and Health, 6(2), 74–83. https://doi.org/10.52488/jnh.v6i2.145
- Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Nurika Dyah Lestariningsih, Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Iwan Fachrozi, E. I. S. R., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
- Paninsari, D., 2022. Hubungan Frekuensi Pijat Bayi Dengan Pola Defekasi Bayi Yang Diberi Asi Ekslusif Di Klinik Pratama Bunda Patimah. Medan.
- Santosa. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian. IPB Press.
- Sari, S. D., & Aini, A. (2022). Pengaruh Baby Spa Terhadap Peningkatan Berat Badan Bayi Di Happy Baby Spa Palembang. Jurnal Kesehatan Abdurrahman, 11(1), 17–24. https://doi.org/10.55045/jkab.v11i1.134
- Widhiastuti, R., Widyantoro, W., & Yuliani, U. (2022). Hubungan Frekuensi Baby Spa dengan Kualitas Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan. Jurnal EDUNursing, 6(1), 39–44. https://repo.stikesicme-jbg.ac.id/218/1/Skripsi Mey.pdf
- Wulandari, I. ayu, & Parwati, N. W. M. (2019). Tingkat Pengetahuan Dan Motivasi Ibu Dalam Memberikan Baby Spa Pada Bayi. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 3(1), 82–85. https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i1.143