The Effect Of Peer Group Education On The Knowledge And Attitudes Of Adolescents Regarding HIV/AIDS Prevention
Latar Belakang : Remaja merupakan kelompok usia yang rentan terhadap penyebaran HIV/AIDS akibat kurangnya pengetahuan dan masih rendahnya sikap preventif terhadap perilaku berisiko. Data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa proporsi kasus HIV pada kelompok usia 15–24 tahun masih cukup tinggi. Prevalensi di usia 15–24 tahun pernah mencapai 25% di beberapa wilayah, sehingga dibutuhkan strategi edukasi yang efektif dan relevan dengan karakteristik remaja. Edukasi peer group menjadi salah satu pendekatan yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan membentuk sikap positif terhadap pencegahan HIV/AIDS.
Tujuan : Mengetahui apakah edukasi peer group meningkatkan pengetahuan dan sikap preventif remaja SMA N 7 Kota Cirebon tentang HIV/AIDS, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan edukasi peer group dan mengetahui model pendidikan yang paling efektif diterapkan untuk remaja di wilayah Cirebon.
Metode : Penelitian dilakukan dengan quasi-eksperimental dengan kelompok intervensi dan kontrol, serta pendekatan pre-test dan post-test. Sampel diambil secara purposive dari siswa kelas X hingga XII, dengan jumlah masing-masing kelompok 30 siswa. Intervensi dilakukan dalam bentuk edukasi oleh peer educator, yang memberikan materi pencegahan HIV/AIDS selama satu minggu menggunakan modul edukatif yang tervalidasi. Kuesioner penelitian ini telah teruji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil : Uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan signifikan yang bermakna antara pre test dan post test pada kelompok intervensi dengan nilai Z = -4,630 dan p = 0,000 (p < 0,05). Edukasi peer group terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang HIV/AIDS. Adanya peningkatan sikap positif siswa pada kelompok intervensi setelah diberikan edukasi peer group antara pre test dan post test. Uji Wilcoxon memperlihatkan perbedaan yang signifikan (Z = -4,626; p = 0,000). Faktor pendukung edukasi peer group di sekolah meliputi rasa solidaritas, kebersamaan, motivasi tinggi terkait rasa ingin tahu, keinginan untuk mendengar dan pengembangan diri, berbagi pengalaman dan dukungan dari sekolah. Faktor penghambat yang muncul dari peer group, seperti kesulitan menerima individu yang berbeda, sikap tertutup, munculnya rasa iri antar anggota, adanya persaingan, hingga timbulnya pertentangan atau jarak antar kelompok sebaya. Pendekatan peer group dinilai lebih efektif diterapkan pada remaja karena siswa cenderung percaya diri, lebih terbuka, nyaman, saling memotivasi dan mampu mengembangkan solidaritas ketika berdiskusi dengan teman sebaya.
Kesimpulan : Edukasi peer group memiliki pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan HIV/AIDS di SMA Negeri 7 Kota Cirebon.
Kata Kunci : HIV AIDS, Pengetahuan, Remaja, Sikap, Teman Sebaya
ABSTRACT
Background : Adolescents represent an age group that is vulnerable to the spread of HIV/AIDS due to limited knowledge and a low level of preventive attitudes toward risky behaviors. Data from the Ministry of Health indicate that the proportion of HIV cases among individuals aged 15–24 years remains relatively high. The prevalence within this age group has reached up to 25% in several regions, highlighting the need for effective educational strategies that are relevant to adolescent characteristics. Peer group education is considered one of the approaches that may enhance understanding and foster positive attitudes toward HIV/AIDS prevention.
Purpose: This study aims to determine whether peer group education improves the knowledge and preventive attitudes of students at SMA Negeri 7 Cirebon regarding HIV/AIDS, to identify supporting and inhibiting factors in the implementation of peer group education, and to determine the most effective educational model to be applied among adolescents in the Cirebon area.
Method: This research employed a quasi-experimental design with intervention and control groups, using a pre-test and post-test approach. Samples were purposively selected from students in grades X to XII, with 30 students in each group. The intervention consisted of educational sessions delivered by peer educators, who
provided HIV/AIDS prevention materials over the course of one week using a validated educational module. The research questionnaire had been tested for validity and reliability.
Results: The Wilcoxon test indicated a statistically significant difference between the pre-test and post- test results in the intervention group, with Z = -4.630 and p = 0.000 (p < 0.05). Peer group education was proven to be effective in increasing students’ knowledge about HIV/AIDS. There was also an improvement in
positive attitudes among students in the intervention group after the peer group education, as shown by a significant difference in the Wilcoxon test results (Z = -4.626; p = 0.000). Supporting factors for peer group education in schools included solidarity, togetherness, high motivation driven by curiosity, willingness to listen and develop oneself, sharing experiences, and school support. Inhibiting
factors identified within peer groups included difficulties in accepting individual differences, closed attitudes, feelings of jealousy among members, competition, and the emergence of conflicts or distance between peer groups. The peer group approach was considered more effective for adolescents because students tended to be more confident, open, comfortable, motivated, and capable of developing solidarity when discussing with peers.
Conclusion: Peer group education has a significant effect on improving adolescents’ knowledge and attitudes regarding HIV/AIDS prevention at SMA Negeri 7 Cirebon.
Keywords : Peer Group, Knowledge, Adolescent Attitude, HIV/AIDS.
Keywords : Peer Group, Knowledge, Adolescent Attitude, HIV/AIDS
- Ana, M. (2023). Pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam pencegahan perilaku seks pranikah [Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu]. IAIN Bengkulu Repository. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9415/1 /SKRIPSI%20%20MELVI%20ANA%20PDF.pdf
- Amin, N. S., Khairunnisa, K., & Indah, S. (2021). Pengaruh Peer Group Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 8 Kota Bima. Guiding World (Bimbingan Dan Konseling), 4(1), 11–26. https://doi.org/10.33627/gw.v4i1.483
- Cahyono, A., Darsini, & Fahrurrozi. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.
- Dinas Kesehatan Kota Cirebon. (2023). Laporan tahunan HIV/AIDS.
- Fitri Noviani, & Ibnu Muthi. (2025). Efektivitas Metode Diskusi Kelompok terhadap Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa pada Materi Hak dan Kewajiban dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(3), 272–283. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i3.2150
- Fitriyani, R. I., Nuryana, N., & Yunita, Y. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(2), 155–166.
- Kementerian Kesehatan RI. (2024). Situasi epidemiologi HIV/AIDS di global dan Indonesia. Pita Merah. https://pitamerah.org/2024/10/17/situ asi-epidemiologi-hiv-aids-di-global- dan-indonesia
- Kurniawan, Y. S., Priyangga, K. T. A., Krisbiantoro, P. A., & Imawan, A. C. (2021). Open access Open access. Journal of Multidiciplinary Applied Natural Science, 1(1), 1–12.
- Mariani, A., Badariati, B., Devi, R., Fauzan, F., Abdullah, A., & Wirda, W. (2023). Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Human Immunodeficiency Virus (HIV) / Acquired Immunodeficiency Syndrom (AIDS). Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 4(2), 151–157. https://doi.org/10.36590/kepo.v4i2.793
- Munthe, D. P. (2022). Hubungan teman sebaya terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam pencegahan HIV/AIDS di SMA Raksana Medan. MANUJU: Malahayati Nursing Journal, 4(8), 2172–2181.
- Muslihin, M. (2023). Sikap dan pemilihan bahasa dalam perspektif sosiolinguistik. At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–10. https://www.ejournal.an-nadwah.ac.id
- Noviananda, R., & Ansyah, E. H. (2024). Pengaruh kontrol diri dan konformitas teman sebaya terhadap kepatuhan tata tertib pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 946–955. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta. https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/articl e/view/5127
- Nurfatimah, S. (2019). Teori Kontuktivisme. Humanika, 19 (2)(Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum), 121– 138.https://scholar.archive.org/work/ltqyq hnl7jbvnkfgcjfrfjjqbm/access/wayback/http s://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/a rticle/download/29274/pdf
- Nuryanti, M., Arfiyanti, R., & Muliawati, H. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Sastra Pada Siswa Kelas Viii Smp Se-Kabupaten Cirebon. METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 9(1), 53. https://doi.org/10.26610/metasastra.2016. v9i1.53-66
- Padilah, AlfikaL, & Linmus. (2024). Musyawarah Masyarakat Desa (MMD I dan MMD II) Serta Implementasi Praktif Profesi Kepreawatan Komunitas di RW 10 RT 01-06 Kecamatan Priuk KOta Tangerang. Ilmu Kesehatan, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644xa
- Pohan, N. A. & Syaimi, K. U. (2023). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 4(4), 21–30.
- Putri, F. H., Anifah, L., & ... (2025). Pengaruh Strategi Pembelajaran Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep. Pendas: Jurnal Ilmiah …, 253– 258. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pend as/article/view/22900
- Rahmawati, S., & Sari, R. D. P. (2023). Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Asuhan Prakonsepsi di Pondok Pesantren Darul Fatwa Kwanyar. Malahayati Nursing Journal, 5(12), 4389– 4396. https://doi.org/10.33024/mnj.v5i12.12344
- Rini, I. M., & Riyana, C. (2018). Kepala Sekolah Analysis of Utilization of Academic Supervision Module in Improving Supervision Competence on the Principal Candidates Training. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(September), 92–115.
- Roudlo, M. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan STEM. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 20, 292–297. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/ar ticle/view/602/520
- Ruaidah, Nurul Husna, & Zulhendri. (2023). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Psikososial Remaja. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(2), 146– 152. https://jpion.org./indek.php/jpi
- Sab’ngatun, S., Rohmi, R., & Widyaningrum, N. R. (2025). Pengaruh edukasi peer group terhadap peningkatan pengetahuan dalam upaya pencegahan seks pra nikah pada remaja [The influence of peer group education on increasing knowledge in the prevention of pre-marriage sex in adolescents]. Avicenna: Journal of Health Research, 8(1), 122–129. https://doi.org/10.36419/avicenna.v8i1.1367
- Safitri, S. (2021). Peer Education sebagai Upaya Pencegahan HIV/AIDS. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(1), 87. https://doi.org/10.36565/jak.v3i1.161
- Sari, Y., Lia, L., & Ramli, N. (2021). Efektifitas Peer Group Education Dan Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Putri. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 566–580.
- SDKI. (2024). Laporan nasional survei demografi dan kesehatan Indonesia. Kompas Regional. https://regional.kompas.com/read/20 24/12/04/114558178/kemenkes- ungkap-tantangan-utama- penanganan-hiv-di-indonesia
- Siregar, A. S. N., Arisjulyanto, D., & Mansur, T. N. (2025). Pengaruh Peer Education terhadap Sikap Remaja tentang Pernikahan di Kabupaten Mimika Program Studi D-III Kebidanan Mimika , Poltekkes Kemenkes Jayapura Program Studi D-III Keperawatan Kepulauan Yapen , Poltekkes Kemenkes Jayapura tingginya Angka Kematian. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kedokteran (JURRIKE), 4(1), 308–317.
- Sumartini, S., & Maretha, V. (2020). Efektifitas Peer Education Method dalam Pencegahan HIV/AIDS terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 6(1), 77–84. https://doi.org/10.17509/jpki.v6i1.21130
- Susapti, P. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran IPA Berbasis Muatan Lokal di MI Mangunsari Kota Salatiga. Prosiding Seminar Nasional, ISSN: 2621-3044, 251–500.
- Syaifudin. (2025). Pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X MA Darul Hikam Kudus tahun ajaran 2024/2025 [Undergraduate thesis, Universitas Ivet]. Universitas Ivet Repository. https://eprint.ivet.ac.id/id/eprint/1099/3/ba b%201-2.pdfz
- Tutor, P. S., Dalam…………, S., Winarti, Y., Damaiyant, M., Agung, W., Alamsyah, B., Reza, A., & Jumanti, S. (2021). Perbedaan Sikap Tutor Sebaya dalam Peer Education Training Mencegah Narkolema di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Differences in Peer Tutor Attitudes in Peer Education Training Prevent Narcolema at Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Jurnal Dunia Kesmas, 10(2), 186–194. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/d uniakesmas/index
- Winarti, E., & Ernawati, D. (2023). The effectiveness of peer group education on HIV/AIDS prevention among adolescents. Journal of Nursing Practice, 7(1), 45–52