DURASI DAN FREKUENSI PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH DI TK ISLAM PERMATA HATI KELAPA DUA KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2019

Yenny Aulya* -  universitas nasional, Indonesia
Suprihatin Suprihatin -  Program Studi Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan ,Universitas Nasional, Indonesia
Ririn Arantika -  Program Studi Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan ,Universitas Nasional, Indonesia

Supp. File(s): Instrumen Riset

ABSTRACT

 

Background: In 2011 there were 38% of gadget users in children aged 5 years in Indonesia and in 2013 increased to 72%. The use of devices makes children lazy to move and activities. This situation will affect the child's development both in terms of physical, motor, psychological, and social child.

Objective: To identify the relationship between the duration and frequency of using a device to the social development of preschool children in the Permata Hati Hati Dua Islamic Kindergarten, Tangerang Regency in 2019.

Methodology: This research is an analytic epidemiological study with cross sectional study design. The population in this study were all parents of students at the Permata Hati Kindergarten, totaling 54 people. Sampling uses total sampling. Primary data were collected using a questionnaire. Data analysis through two stages, namely univariate and bivariate using the Chi-Square test.

Results: The majority of pre-school children had poor social development (55.6%), with duration of playing devices> 1 hour / day (53.7%), and frequency of use of devices> 3 days a week (55.6 %). The results of this study indicate that there is a significant relationship between the duration and frequency of use of the device to the social development of children.

Conclusions : There is a relationship between the duration and frequency of the use of the device to the social development of pre-school children.

            Suggestion : It is hoped that parents will be more selective in giving toys to children, especially granting permission to play devices. It is necessary to be firm and mentor from parents in providing limitations on the duration and frequency of device use by children

 

 

Keywords: Duration, frequency, device, social development, preschool children

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang : Tahun 2011 terdapat 38% pengguna gawai pada anak usia 5 tahun di Indonesia dan pada tahun 2013 meningkat menjadi 72%. Penggunaan gawai membuat anak menjadi malas bergerak dan beraktifitas. Keadaan seperti ini akan mempengaruhi perkembangan anak baik dari segi fisik, motorik, psikologis, dan sosial anak.

Tujuan : Untuk mengidentifikasi hubungan durasi dan frekuensi penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial anak prasekolah di TK Islam Permata Hati Kelapa Dua Kabupaten Tangerang Tahun 2019.

Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian epidemiologi analitik dengan  desain studi cross sectional. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh orang tua siswa di TK Islam Permata Hati yang berjumlah 54 orang. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data melalui dua tahapan yaitu univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square.

Hasil Penelitian : Sebagian besar anak pra sekolah memiliki perkembangan sosial yang kurang baik (55,6%), dengan durasi bermain gawai > 1 jam/hari (53,7%), dan frekuensi penggunaan gawai > 3 hari dalam seminggu (55,6%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara durasi dan frekuensi penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial anak.

Simpulan  : Ada hubungan durasi dan frekuensi penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial anak pra sekolah.

Saran Diharapkan orang tua lebih selektif dalam memberikan mainan kepada anak,terutama pemberian izin bermain gawai.Perlu Ketegasan dan pendampingan dari orang tua dalam memberi Batasan durasi dan frekuensi penggunaan gawai oleh anak

 

 

Kata Kunci : Durasi, Frekuensi, Gawai, Perkembangan sosial, Anak Prasekolah

 

Supplement Files

  1. Al-Ayouby, M.H. 2017. Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini di PAUD dan TK Handayani Bandar Lampung. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Bandar Lampung.
  2. Amarullah, A. & Okezone. 2013, Tiap Hari, 17% Anak Main Gadget. http://berita.plasa.msn.com/article.aspx?cp-documentid=254350783, diakses 12 April 2019.
  3. Ameliola, S. & Nugraha, 2013, Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi, http://icssis.files.wordpress.com/2013/09/2013-0229, diakses 12 April 2019.
  4. Ardita V, Kadir A, & Askar M. 2012. Deteksi perkembangan anak berdasarkan DDST di RW 1 Kelurahan Luminda Kecamatan Wara Utara Kota Palpopo. Jurnal STIKES, 1(2), 10.
  5. Carolin B .T, Anggita R. S, Vivi S , 2018. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Balita ( 12 – 59 Bulan) Di Puskesmas Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmu dan Budaya, no 41.
  6. Chikmah, A.M, Fitrianingsih D, 2018. Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah di TK Pembina Kota Tegal. Jurnal Siklus, 7(2), 11.
  7. Delima, R., Arianti N.K., dan Pramudyawardani B. 2015. Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4 sampai 6 Tahun. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1(1), 4-8.
  8. Ferliana, J.M, 2016, Anak dan Gadget Yang Penting Aturan Main. http://nakita.grid.id/balita/anak-dengangadgetyang-penting-aturan-main?page=2, diakses 14 Mei 2019.
  9. Gunawan, M.A.A, 2017. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurbroto Banyumanik. Skripsi, Semarang: UNDIP.
  10. Ismanto, Yudi & Onibala, Franly. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawatan Volume 3(2). FK Unsrat Manando.
  11. Ma’ruf, H. 2015. Pengaruh Bermain Game Terhadap Perkembangan Remaja. Serpong: Surya University.
  12. Mayar, F. 2013. Perkembangan sosial anak usia dini sebagai bibit untuk masa depan bangsa. Jurnal Al-Ta’lim. 1(6), 459-464.
  13. Novitasari W & Khotimah N, 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182-186.
  14. Pangastuti, R. 2017. Fenomena Gadget Dan Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 8.
  15. Rideout, V. Zero to eight. 2013. Electronic media in the lives of infants, toddlers and prescholers. Common Sense Media Research Study.
  16. Salsabila, S. 2016. Pengaruh lama penggunaan gadget terhadap perkembangan anak di TK Al-Azhar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Dokter, Banda Aceh.
  17. Sapardi, V.S. 2018. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di PAUD/TK Islam Budi Mulia. Menara Ilmu, 12(2), 80.
  18. Sofyan, H. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta: CV. Infomedika.
  19. Starburger, V.C. 2011. Children, adolescents, obesity and the media. Pediatrics.
  20. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  21. Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
  22. Susanto, A. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
  23. Triastutik, Y. 2018. Hubungan bermain gadget dengan tingkat perkembangan anak usia 4-6 tahun di Taman Kanak-kanak Bina Insani. Skripsi, Program Studi S1 Ilmu keperawatan, Jombang.
  24. Trinika, Y.A. Nurfianti, & Irsan, A. 2015. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel. Skripsi, Universitas Tanjungpur. Potianak.
  25. Velderman, M., Crone, M., Wiefferink, C., & Reijneveld, S. 2010. Identification and management of psychosocial problems among toddlers by preventive child health care professionals. European Journal of Public Health, 20(3), 332-338.
  26. Widiawati, I, & Sugiman, 2014, Pengaruh penggunaan gadget terhadap daya kembang anak. http://stmikglobal.ac.id/wpcontent/uploads/2014/05/ARTIKELIIS.pdf, dikases tanggal 01 Mei 2019.

Open Access Copyright (c) 2020 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)