SIKAP REMAJA DENGAN PEMANFAATAN PIK-R PADA REMAJA

Arum Dwi Anjani* -  Prodi Kebidanan-Fakultas Kedokteran-Universitas Batam, Indonesia
Beril Triana -  The Triana Beril Midwife Clinic, Tanjung Balai Karimun, Indonesia

Supp. File(s): Instrumen Riset Instrumen Riset Instrumen Riset
ATTITUDES OF ADOLESCENT USING PIK-R IN ADOLESCENTS

 

Background The problem that stand out among the teenager is problem around Triad KKR (sexuality, HIV and AIDS also NAPZA)  based on the visit record to PKPR, found that number of IMS incident  to teenager rank first,  that is around 50% from the total of counseling that done at 2009.Mention that the rampant cases happens because of prosmicuti that related to reproduction health for teenager.

Purpose to know the relation of teenager attitude with utilization of PIK - R to teenager.

Methods  use "cross sectional" approach.  Research variabel consist of independiente variabel teenager attitude, dependent variabel utilization of PIK - R. Deep Hypothesis have a relate between attitude and utilization of pik r. research time was carried out for 6 month. Research are done at goverment high school 4 karimun. Population of this research is the teenager members of PIK R grade 10 and 11 at goverment high school 4 karimun total of 36 teenager. The researcher use the technic of total sampling as sample of this research.  Instrument use questionnaire.  Analysis use chi square statistical test by using the score of significant 0,05 to see relation if the score p< 0.05, so ho is rejected and ha.

Results showed that most of the respondents, namely 34 or 94.4% of respondents had a positive attitude and only 2 respondents or 5.6% of respondents had negative attitudes, of the 36 respondents, 34 people or 94.4% had positive attitudes and all of them (100%) of them used PIK-R, the remaining 2 respondents or 5.6% of respondents had negative attitudes and in this attitude group all (100%) did not take advantage of PIK-R p value = 0.002.

 Conclusion there is a relation that si significant between teenager attitude and utilization od PIK-R. Advice for the teenager to be more active make use of the activity PIK-R by utilize the facility that is in the school

Suggestion To be more active in utilizing PIK-R activities by utilizing existing PIK-R facilities in schools

 

Keywords: Attitudes, Youth and Utilization of PIKR

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang berbagai penelitian menunjukan bahwa remaja mempunyai permasalahan yang sangat kompleks seiring dengan masa transisi yang dialami remaja. Masalah yang menonjol dikalangan remaja yaitu permasalahan seputar TRIAD KRR (Seksualitas, HIV dan AIDS serta NAPZA). Berdasarkan catatan kunjungan ke PKPR, ditemukan bahwa angka kejadian IMS pada remaja menduduki urutan pertama, yaitu sekitar 50% dari total konseling yang dilakukan pada tahun 2009. Disebutkan bahwa maraknya kasus tersebut terjadi akibat pergaulan bebas yang terkait dengan kesehatan reproduksi pada remaja.

Tujuan untuk mengetahui hubungan sikap remaja dengan pemanfaatan PIK-R pada remaja.

Metode penelitian menggunakan pendekatan “Cross sectional”. Variabel peneliti terdiri dari variabel independen sikap remaja, variabel dependen pemanfaatan PIK-R. Hipotesis dalam Ada hubungan antara sikap dengan pemanfaatan PIK-R. Waktu penelitian dilakukan selama 6 Bulan. Penelitian telah dilakukan di SMA Negeri 4 Karimun. Populasi pada penelitian ini adalah remaja anggota PIK-R Kelas X dan XI di SMA Negeri 4 Karimun pada sebanyak 36 orang. Sampel pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik Total Sampling. Instrument menggunakan kuesioner. Analisis menggunakan uji statistik chi square dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 untuk melihat hubungan, jika nilai p ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha.

Hasil Penelitian diperoleh sebagian besar responden yaitu sebanyak 34 atau 94,4% responden memiliki sikap positif dan hanya 2 responden atau 5,6% responden memiliki sikap negatif, dari 36 responden, ada 34 orang atau 94,4% yang memiliki sikap positif dan semuanya (100%) diantaranya memanfaatkan PIK-R selebihnya ada 2 responden atau 5,6% responden memiliki sikap negatif dan pada kelompok sikap ini seluruhnya (100%) tidak memanfaatkan PIK-R p value = 0,002.

Kesimpulan ada hubungan yang signifikan antara sikap remaja dengan pemanfaatan PIK-R.

Saran bagi remaja agar lebih aktif memanfaatkan kegiatan PIK-R melalui cara memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah.Saran Agar lebih aktif memanfaatkan kegiatan PIK-R melalui cara memanfaatkan fasilitas PIK-R yang ada di sekolah

 

Kata Kunci : Sikap, Remaja dan Pemanfaatan PIKR

Supplement Files

Keywords : Kebidanan, Sikap, Remaja, Pemanfaatan PIKR

  1. Aini, N., Maternity, D., Wahyuni, E. S., Idjradinata, P. S., & Kartasasmita, A. S. (2014). POLA ASUH ORANG TUA, USIA DAN JENIS KELAMIN SEBAGAI FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI REMAJA TENTANG PERILAKU SEKSUAL PRA-NIKAH DI KOTA BATAM. Jurnal Medika Malahayati, 1(1), 38-42.
  2. Ariani, F., & Aulia, D. L. N. (2021). ADIKSI PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA/I SMAN 8 KOTA BATAM. Zona Kebidanan: Program Studi Kebidanan Universitas Batam, 8(3).
  3. Aulia, D. L. N., & Tan, C. C. (2020). PERAN PIK-R DENGAN PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA REMAJA. Jurnal Kebidanan Malahayati, 6(2), 249-254
  4. Aulia, D. L. N., & Antika, I. A. (2018). HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA AWAL TENTANG PUBERTAS DENGAN SIKAP MENGHADAPI PERUBAHAN FISIK. Jurnal Kebidanan Malahayati, 4(4)
  5. Aulia, D. L. N. (2017). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PRILAKU REMAJA PUTRI DALAM MENGKONSUMSI TABLET BESI (FE) SELAMA MENSTRUASI. Jurnal Kebidanan Malahayati, 3(3)
  6. Azwar, S. (1988). Sikap dan Perilaku Dalam: Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0,5&cluster=1663707165103417062
  7. BKKBN. (2015a). Materi Pegangan Kader Tentang Bimbingan Dan Pembinaan Keluarga Remaja.
  8. BKKBN. (2015b). Menyiapkan Generasi Emas.
  9. BKKBN. (2016). Materi Promosi Dan Konseling Kesehatan Reproduksi.
  10. Dainty Maternity, S. S. T., Keb, M., & Anjani, A. D. (2018). ASUHAN KEBIDANAN NEONATUS, BAYI, BALITA, DAN ANAK PRASEKOLAH. Penerbit Andi.
  11. Dainty Maternity, S. S. T., Keb, M., Putri, R. D., & Aulia, D. L. N. (2017). Asuhan Kebidanan Komunitas. Penerbit Andi.
  12. Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.
  13. Dewi, A. C., & Kamidah. (2012). Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Upaya Mempersiapkan Masa Pubertas Pada Anak. GASTER, 9(2), 17–25. https://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/gaster/article/view/36/33
  14. Endarto, D. (2009). Pengantar Geologi Dasar. Universitas Sebelas Maret. http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=2492&keywords=
  15. Herlin F, Zahroh S. Pengetahuan Pendidik Sebaya Mempengaruhi Pemberian Informasi KRR di Kabupaten Kulon Progo.2014. Naskah Publikasi: Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol.9/No.2/Agustus2014
  16. Kamau, A. W. (2006). Factors Influencing Access And Utilisation Of Preventive Reproductive Health Services By Adolescents In Kenya. A Case Study Of Murang’a District. https://core.ac.uk/download/pdf/15979186.pdf
  17. Karolina, S Davita. Hubungan Pengelolaan PIK-KRR dengan Pemanfaatan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) pada Siswa Kelas XI di MAN II. 2015.Naskah Publikasi; STIKES ‘Aisyiyah; Yogyakarta
  18. Kemenkes. (2010). Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR).
  19. Lucin, Y., & Ismail, D. (2012). Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Tentang Seks Pranikah Terhadap Pemanfaatan Pusat Informasi Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (Pik-Krr) Pada Remaja Di Kota Palangka Raya. http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/58040
  20. Maolinda, N., Sriati, A., & Maryati, I. (2012). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Siswa Terhadap Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja. Student E-Journals, 1(1), 1–15. http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/609/663
  21. Maternity, D. (2015). Pola Asuh Orang Tua, Usia Dan Jenis Kelamin Sebagai Faktor Yang Berhubungan Dengan Persepsi Remaja Tentang Perilaku Seksual Pra-Nikah Di Kota Batam. Jurnal Kebidanan Malahayati, 1(1).
  22. Muadz, M. Masri, dkk. 2007. Kurikulum dan Model Pelatihan Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIKKRR).Jakarta: BKKBN
  23. Ningrum, N. P. (2014). Hubungan Sikap Terhadap Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja (Krr) Dengan Pemanfaatan Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (Pik-R) Pada Remaja. http://digilib.unisayogya.ac.id/1123/1/Naskah Publikasi Novia Prafita Ningrum 201310104346 DIV Kebidanan.pdf
  24. Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.
  25. Nunung D, Firman. Hubungan persepsi dengan peranan siswa dalam pelaksanaan kegiatan pusat informasi konseling kesehatan reproduksi remaja http://repository.unimus.ac.id 70 di SMP 2 Pariaman. 2013.Jurnal Ilmiah Konseling; http;//ejournal.unp.ac.id/indeks-php/konselor.
  26. Prawirohardjo, S. (2008). Ilmu Kebidanan. PT Bina Pustaka.
  27. Rahayu, Y. S. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Layanan Pusat Informasi Dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (Pik-Krr). http://eprints.undip.ac.id/53489/1/5016.pdf
  28. Sarwono. (2010). Psikologi remaja. Rajawali Pers.
  29. SDKI. (2007). Survei demografi dan kesehatan Indonesia.
  30. WHO. (2014). Maternal Mortality.
  31. Widyana S, Tri S. Hubungan Karakteristik Remaja Dengan Pengetahuan Remaja Mengenai Kesehatan Reproduksi di Kota Cimahi.2015.Naskah Publikasi: Stikes A.Yani ; Cimahi.

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)