METODE LUDO DAN TEBAK GAMBAR TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG HIV/AIDS
THE LUDO METHOD AND GUESS THE PICTURE ON ADOLESCENT KNOWLEDGE ABOUT HIV/AIDS
Background : according to the health profil of jayapura district, there are 2.973 cases of HIV/AIDS as of december 2018 cumulatively, there are 2.973 cases of HIV and AIDS 1.576 cases, 346 deaths, 275 AIDS cases, the highest number of HIV/AIDS attacks at productive age (15-29 years) as many as 2.752 cases.
Purpose : to determine the comparison of the ludo methode and gues the picture to the knowledge of adolescents about HIV/AIDS in Nimbokrag Village
Methods : comparative research. This research was carried out in nimbokrang villagein july 2020. The population in this study were 136 adolescents in nimbokrang, a sample of 30 respondents, this sample was taken by random smpling. The instruments used were the image guessing game questionnaire and the lludo game. This questionnaire has been tested for validity and reliability, data analysis techniques with bivariate analysis.
Result : based on the research of the pre-test and post-test of both methods, the pre-test and post-trst result of the ludo method have a p value of 0,000 < 0,05, so there is a difference between the knowledge of pre-test and post-test in the ludo methode, on the pre-test and post-test. The image guessing method result in the p value is 0,000 < 0,05, so there is a defference between the pre test and post testin the image guessing method. If seen from the result of the effectiveness teat, the p value is 0,175 > 0,05, so there is no difference between the ludo method and guess the piture, which means that they are equally effective in increasing adolescent knowledge about HIV/AIDS.
Conclusion : from the both methods are result of the two methods above, it can be concluded that both methods are qually effective in increasing adolescent knowledge about HIV/AIDS.
Suggestion adolescents increase their knowledge in seeking information about HIV / AIDS by following counseling conducted by health workers and from various media, both print and electronic media
Keywords : knowledge, adolescent, HIV/AIDS, Ludo, Guess the picture.
ABSTRAK
Latar belakang : Menurut Profil Kesehatan Kabupaten Jayapura, (2018) kasus HIV/AIDS sampai dengan Desember 2018 secara komulatif sebanyak 2973 kasus HIV 1397 dan AIDS 1576 kasus, meninggal 346, kasus AIDS yang meninggaal berjumlah 275 orang, angka tertinggi HIV/AIDS menyerang pada usia produktif (15-29 tahun) sebanyak 2751 kasus.
Tujuan : Untuk mengetahui perbandingan Metode Ludo dan Tebak Gambar terhadap pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS di Kampung Nimbokrang
Metode : Penelitian komperatif. Penelitian ini dilakukan di Kampung Nimbokrang pada bulan juli 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja dinimbokrang yang berjumlah 136 orang, dan sampel 30 responden, pengambilan sampel ini dilakukan dengan Sample Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner permmainan tebak gambar dan permainan ludo. Kuisioner ini telah di uji validitas dan reliabilitasnya, teknik analisis data dengan analisis bivariat.
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian pre test dan post test kedua metode tersebut didapatkan hasil pre test dan post test metode ludo p valuenya 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan antara pengetahuan pre test dan post test pada metode ludo, pada pre test dan post test metode tebak gambar didapatkan hasil nilai p valuenya 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan antara pengetahuan pre test dan post test pada metode tebak gambar. Jika dilihat dari hasil uji efektiivitas didapatkan hasil nilai p valuenya adalah 0,175 > 0,05 maka, tidak terdapat perbedaan antara metode ludo dan tebak gambar, yang artinya sama-sama efektif digunakan dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS.
Simpulan : dilihat dari hasil kedua metode diatas dapat disimpulkan jika kedua metode sama-sama efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS.
Saran para remaja meningkatkan pengetahuan dalam mencari informasi tentang HIV/AIDS dengan mengikuti penyuluhan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dan dari berbagai media baik media cetak maupun media elektronik
Kata Kunci : Pengetahuan, remaja, HIV/AIDS, Ludo, Tebak Gambar.
- Akol, J. M. (2014). Sero-prevalence and Factors Associated with HIV and HBV Infection in Patients Attending Juba Teaching Hospital, Southern Sudan (Doctoral dissertation).Ali, M. (2011). Psikoligo Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Askara.
- Arikunto. (2010). Proses Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
- Berek, P. A., Be, M. F., Rua, Y. M., & Anugrahini, C. (2019). Hubungan Jenis Kelamin Dan Umur Dengan Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Hiv/Aids Di Sman 3 Atambua Nusa Tenggara Timur 2018. Jurnal Sahabat Keperawatan, 1(01), 4-13.
- Budiman , A. (2013). Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Salemba Medika pp:4-7.
- Hakiki, N., & Khotimah, K. (2020). Penggunaan Permainan Edukatif Tradisional dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22-31.
- Hapsari, M. D. (2015). Efektivitas Ludo Word Game (LWG) Dalam Meningkatkan Penguasaan
- Jannah, M. M., & Wiyatmo, Y. (2018). Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo . Yogyakarta: Universitar Negeri Yogyakarta.
- Kamila, A., Suratmi, T., & Winidyaningsih, C. (2017). Analisis Perilaku GAY dalam Upaya Pencegahan Infeksi HIV/AIDS di Kabupaten Bandung Barat Tahun 2016. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 7(1), 4.
- Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Situasi HIV/AIDS Di Indonesia. retrieved from: www.depkes.go.id/article/view/17010600004/situasi-hiv-aids-di-indonesia-html.
- Ngudi, E, Muryani, L, Nuraini, N, & Ritianawati, N. (2010). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang HIV/AIDS pada Mahasiswa Reguler Universitas Indonesia dengan Sikapnya Terhadap. Universitas Indonesia, Depok.
- Nurhasanah Nur Azmi M, A. (2017). Jelajah Sejarah Melalui Ludo Carpet : Upaya Mewujudkan Generasi Nasional Bagi Annak Sekolah Dasar . Lampung: Penelitian Pendidikan Insani.
- Priastana, I. K. A., & Sugiarto, H. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan Sikap Pencegahan HIV/AIDS pada Remaja. Indonesian Journal of Health Research, 1(1), 1-5.
- Sari, D. M., Tanjung Anitasari, I. K., & Werdani, K. E. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Tentang HIV/AIDS dengan Stigma Masyarakat terhadap ODHA di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
- Sofni, L. M., & Dewi, Y. I. (2015). Perbandingan pengetahuan dan sikap antara remaja putra dan remaja putri tentang tindakan pencegahan HIV/AIDS (Doctoral dissertation, Riau University).
- Sugiyono. (2016). Statistika Penelitian. Bandung Alfabeta.
- Sunaryati, S. (2011). 14 Penyakit Paling Sering Menyerang dan Sangat Mematikan . Yogyakarta: FlashBooks.
- Sudikno,et al.2010.Jurnal Pengetahuan HIV/AIDS Pada Remaja Di Indonesia
- Syaiful, B. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- UNICEF. (2017). HIV and AIDS. www.unicef.org/hiv.
- Widiastutik , d. (2009). Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Fitramaya.
- Widoyono. (2014). Penyakit Tropis Epidemiologis, Penularan, Pencegahan, dan Pemberantasannya. Jakarta: Erlangga.
- .
- Yusuf , N. F. (2017). Karakteristik Penderita HIV/AIDS Dengan Ko-Infeksi Tuberkulosis Paru di Rumah Sakit Umum Pusat Wahidin Sudirohusodo. Makassar: Universitas Hassanudin Fakultas Kedokteran Makassar.
- Zulkifli. (2014). Menejemen Sistem Informasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.