FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA PADA BAYI UMUR 0-6 BULAN DI BPS AGNES WAY KANDIS BANDAR LAMPUNG TAHUN 2013

Nurul Isnaini* -  , Indonesia

Manfaat ASI saat ini sudah tidak dapat diragukan lagi dan pemerintah juga telah menggalakkan pemberian ASI secara eksklusif. Pada kenyataannya, kaum ibu khususnya di kota-kota besar, dewasa ini cenderung memilih memberikan susu formula baik sebagai pengganti ataupun pendamping ASI dalam memenuhi kebutuhan gizi bagi bayi mereka. Di Indonesia hampir semua bayi mendapatkan ASI, namun hanya sekitar 52% ibu memberikan ASI eksklusif. Cakupan pemberian ASI eksklusif di Propinsi Lampung selama dua tahun terakhir mengalami penurunan, tahun 2012 sebesar 34,53%, tahun 2013 sebesar 13,49% sedangkan target yang diharapkan yaitu sebesar 80%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan pemberian susu formula pada bayi umur 0 – 6 bulan di BPS Agnes Way Kandis Bandar Lampung Tahun 2013.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, desain analitik pendekatan crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi umur 0-6 bulan di BPS Agnes Paskarini Way Kandis Bandar Lampung  dari bulan Januari sampai Juni 2013. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 orang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Analisa univariat menggunakan distribusi frekuensi, analisa bivariat menggunakan chi-square.

Hasil analisa univariat didapatkan distribusi frekuensi pendidikan dalam kategori tinggi 28 (60,9%), pekerjaan dalam kategori tidak bekerja 25 (54,3%), akses informasi dalam kategori dapat 30 (65,2%). Hasil analisa bivariat didapatkan ada hubungan pendidikan dengan pemberian susu formula (p-value=0,040; OR=4,583), ada hubungan pekerjaan dengan pemberian susu formula (p-value=0,009; OR=7,000), ada hubungan akses informasi dengan pemberian susu formula (p-value=0,011; OR=6,667). Kesimpulan : Ada hubungan pendidikan dengan pemberian susu formula, ada hubungan pekerjaan dengan pemberian susu formula, ada hubungan akses informasi dengan pemberian susu formula.

 

Kata Kunci : Pendidikan, Pekerjaan, Akses Informasi, Pemberian Susu Formula

Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)