HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PARTISIPASI IBU DALAM KEGIATAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKAMAJU TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN 2014

Ike Ate Yuviska -  , Indonesia
Wulan Rometa* -  , Indonesia

Kesehatan merupakan masalah yang penting dalam sebuah keluarga. Terutama yang berhubungan dengan bayi, balita dan ibu hamil. Data Depkes tahun 2007 gambaran perilaku masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana pelayanan kesehatan masih rendah sebanyak 50% masyarakat kurang aktif untuk memanfaatkan posyandu sebagai tempat pemeliharaan kesehatan bayi dan balita (Depkes RI, 2008). Tujuan penelitian ini adalah diketahui hubungan pengetahuan dengan partisipasi ibu dalam kegiatan posyandu di Wilayah kerja Puskesmas Sukamaju Teluk Betung Bandar Lampung tahun 2014.

            Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang aktif datang ke posyandu sebanyak 570 orang. Besar sampel 85 orang. Analisis data menggunakan uji chi square.

            Dari hasil penelitian didiapatkan sebagian besar ibu memiliki pengetahuan kurang baik tentang posyandu sebanyak 54 orang (63,5%) dan sebagian besar partisipasi ibu tidak aktif dalam kegiatan posyandu, yaitu sebanyak 45 orang (52,9%). Hasil uji chi square didapat ada hubungan pengetahuan dengan pasrtisipasi ibu dalam kegiatan posyandu p-value = 0,000, (p value  0,05). Diharapkan bagi petugas Kesehatan Puskesmas Sukamaju Teluk Betung Bandar Lampung dapat mensosialisasikan pentingnya kunjungan ibu ke posyandu melalui penyuluhan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh ibu terutama terhadap ibu yang berpendidikan rendah, ibu yang bekerja dan ibu yang primipara dan diharapkan ibu untuk lebih aktif dalam mengikuti penyuluhan dan bimbingan mengenai posyandu.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Partisipasi Ibu

Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)