GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG GIZI IBU MENYUSUI DI BPS MULYATI, Amd.Keb NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2014

Anggraini Anggraini -  , Indonesia
Marina Mahesi* -  , Indonesia

Latar belakang: Gizi pada ibu menyusui sangat erat kaitannya dengan produksi air susu, yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Kekurangan gizi pada ibu menyusui selain menimbulkan gangguan kesehatan pada ibunya juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada bayinya. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tahun 2010 yang menunjukkan 12,6% proses pertumbuhan dan perkembangan anak terganggu, bayi mudah sakit dan mudah terkena infeksi ini terjadi akibat kekurangan gizi berulang dalam waktu lama, kurangnya pemberian ASI. Diketahui gambaran pengetahuan ibu nifas tentang gizi ibu menyusui di BPS Mulyati, Amd.Keb Natar Lampung Selatan Tahun 2014

Metode penelitian: Jenis penelitian kuantitatif rancangan deskriptif dengan pendekatan Cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah ibu nifas yang menyusui yang berkunjung ke BPS Mulyati, Amd.Keb. Natar Lampung Selatan sejumlah 32 ibu nifas yang menyususi pada tanggal 16 Mei 2014 sampai dengan 11 Juni 2014. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental sampling.

Kesimpulan: Bahwa sebanyak 18 ibu (56,2%) memiliki pengetahuan tentang gizi ibu menyusui dalam kategori kurang baik, 17 ibu (53,1%) memiliki pengetahuan tentang gizi ibu menyusui berupa manfaat gizi pada ibu menyusui dalam kategori kurang baik, 18 ibu (56.2%) memiliki pengetahuan tentang gizi ibu menyusui berupa sumber gizi pada ibu menyusui dalam kategori kurang baik, 16 ibu (50%) memiliki pengetahuan tentang gizi ibu menyusui berupa dampak kekurangan gizi pada ibu menyusui dalam kategori kurang baik.

Saran: Ibu nifas agar lebih meningkatkan kesadaran terhadap perlunya pengetahuan tentang gizi ibu menyusui sehingga mereka dapat mengetahui dan mengenali apa manfaat dan dampak kekurangan gizi pada ibu menyusui dengan demikian diharapkangangguan/komplikasi dalam masa nifas dapat dideteksi secara dini.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Gizi, Ibu Menyusui

Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)