GAMBARAN PENGETAHUAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL TENTANG KEPUTIHAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN 2014

Nita Evrianasari -  , Indonesia
Widya Iriani* -  , Indonesia

Keputihan yang terjadi pada wanita ini sangat besar, 75% wanita Indonesia pasti mengalami keputihan minimal satu kali dalam kehidupan, sekitar 95% kasus kanker leher rahim pada wanita Indonesia ditandai dengan keputihan. Hasil pr survey tanggal 11 Februari 2014, terdapat 73 pekerja seks komersial (PSK) ditemukan adanya 58 pekerja seks komersial (PSK) yang mengalami keputihan berdasarkan pemeriksaan laboratorium yang telah dilakukan petugas. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui gambaran pengetahuan Pekerja Seks Komersial tentang keputihan di Wilayah Kerja Puskesmas Panjang Kecamatan Panjang tahun 2014.

 Jenis penelitian kuantitatif adalah deskriptif dengan pendekatan. Populasi dalam penelitian ini adalah Pekerja Seks Komersial Di Wilayah Kerja Puskesmas Panjang dari Bulan Januari – April 2014 sejumlah 153 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan jumlah sampel ada 43 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan analisa univariat.

 Hasil penelitian menunjukkan sebagaian besar responden memiliki pengetahuan yang kurang tentang keputihan yaitu sebanyak 21 responden (48,8%). Saran bagi Petugas Puskesmas Panjang meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya pekerja seks komersial dengan terus melakukan pemeriksaan kesehatan seara rutin dan tepat waktu, serta saran bagi Pekerja Seks Komersial diharapkan lebih mengetahui dan memahami tentang keputihan serta mampu menjaga kesehatan lebih baik dan benar.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Keputihan

Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)