Module-Based Health Education On Adolescent Knowledge Of Hiv/Aids

Lenny Krey* -  Departemen Kebidanan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia
Veni Hadju -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia
Mardiana Ahmad -  Departemen Kebidanan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia
Werna Nontji -  Fakultas Keperawatan, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia, Indonesia
Andi Nilawati Usman -  Departemen Kebidanan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia
Sri Rahmadayany -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia

Latar Belakang: Meningkatnya jumlah remaja penderita HIV dan AIDS yang masih tinggi di Papua dan kabupaten Biak numfor dimungkinkan karena keterbatasan akses informasi dan layanan kesehatan yang berdampak pada rendahnya pengetahuan tentang HIV dan AIDS yang benar dan juga pemahaman yang salah bahwa informasi tentang hubungan seks masih di anggap tabu disampaikan kepada remaja oleh orang tua. Tujuan: untuk menilai pengaruh edukasi pendidikan kesehatan berbasis modul terhadap pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS di SMK kesehatan terpadu Biak.

Metode: jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimen one group pre-post test design dengan melakukan pengukuran sebelum dan sesudah dilakukan edukasi pendidikn kesehatan. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas X pada SMK Kesehatan Terpadu Biak tahun 2021 yang berjumlah 96 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling.

Hasil: dari hasil uji statistik menggunakan paired t test diperoleh p-value 0,000 atau p < α (0,05), dengan demikian ada pengaruh edukasi pendidikan kesehatan berbasis modul terhadap pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS di SMK Kesehatan Terpadu Biak tahun 2021.

Kesimpulan: Program penyuluhan kesehatan reproduksi dengan metode pemberian modul pembelajaran dapat digunakan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS

Saran : Diharapkan program penyuluhan kesehatan reproduksi pada remaja dapat memilih metode berbasis modul dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS

 

Kata Kunci: Edukasi, HIV/AIDS, Modul, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan Remaja

 

ABSTRACT

 

Background:  The increasing number of adolescents with HIV and AIDS who are still high in Papua and Biak Numfor districts is possible due to limited access to information and health services that have an impact on inadequate knowledge about HIV and AIDS correctly and also a false understanding that information about sex is still considered taboo conveyed to adolescents by parents.

Purpose : To assess the influence of module-based health education on adolescent knowledge about HIV / AIDS in Biak integrated vocational health school.

Method: The type of research is Quasi Experiment one group pre-post test design by taking measurements before and after health education.   The sample in this study was all ten grade students at Biak Integrated Health Vocational School in 2021, which amounted to 96 students. Therefore, the sampling technique is total sampling.

Results: From the results of statistical tests using paired t-test obtained a p-value of 0,000 or p < α (0.05); thus, module-based health education influences adolescent knowledge about HIV / AIDS in Biak Integrated Health Vocational School in 2021.

Conclusion: Reproductive health extension programs with learning modules can be used in efforts to prevent and combat HIV / AIDS.

Suggestion: It is hoped that reproductive health counseling programs for adolescents can choose module-based methods to prevent and overcome HIV / AIDS

 

Keywords: Education, HIV/AIDS, Modules, Health Education, Adolescent Knowledge

 

Keywords : Edukasi, Pendidikan Kesehatan, Modul, Pengetahuan Remaja, HIV/AIDS

  1. Akbar, H., Royke, A., Langingi, C., Juwita, L., Joint, M., Nations, U., & Pasifik, A. (2020). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Hiv/Aids Pada Remaja Di Desa Poyowa Besar 1 Kecamatan Kotamobagu Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan IQRA, 8(2).
  2. Azizah, L. N., & Istiqomah, I. N. (2020). Edukasi Pencegahan HIV/AIDS Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa SMAN Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Jurnal Peduli Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.37287/jpm.v1i1.79
  3. Ekasari, M. F., Rosidawati, R., & Jubaedi, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Remaja Menghindari HIV/AIDS Melalui Pelatihan Keterampilan Hidup. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(03). https://doi.org/10.33221/jikm.v9i03.520
  4. Gobel, F. A., & Asrina, A. (2020). Pengaruh Edukasi Penyakit Menular Seksual Dan Hiv/Aids Terhadap Pengetahuan Siswa Smu Negeri 1 Kabupaten Jeneponto. Paulus Journal of Society Engagement, 1(2).
  5. Handayani Lutfi. (2017). Pengaruh Paparan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Pencegahan Hiv / Aids Di Sma Negeri 1 Parigi Kabupaten Pangandaran. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.
  6. Hubaybah, H., Wisudariani, E., & Lanita, U. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) Dalam Program Pencegahan HIV/AIDS di Puskesmas Pakuan Baru Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 5(1). https://doi.org/10.22437/jkmj.v5i1.12403
  7. Indrayani, T., & Prihayati, P. (2021). Penyuluhan dan Pelatihan Pembentukan Kelompok Teman Sebaya Dalam Pencegahan HIV/AIDS di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta. Journal of Community Engagement in Health, 4(1).
  8. Izah, N., Nisa, J., & Zulfiana, E. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Penyakit Infeksi Menular Seksual (HIV, Hepatitis dan Sifilis) di lingkungan Politeknik Harapan Bersama. Jurnal Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan, 3. https://doi.org/10.37402/jurbidhip.vol3.iss1.34
  9. Kementerian Kesehatan RI. (2020). Laporan Perkembangan HIV AIDS PIMS Triwulan IV Tahun 2019. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  10. Khofiyah, N., & Islamiah, B. F. (2018). Pengaruh Edukasi Tentang HIV/AIDS Terhadap Sikap Pencegahan HIV/AIDS Pada Remaja. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.32536/jrki.v2i1.20
  11. Kurniawati, H. F. (2019). Gambaran Penggunaan Internet Dalam Pencarian Informasi Tentang HIV dan AIDS pada Remaja. Jurnal Kebidanan, 8(1). https://doi.org/10.26714/jk.8.1.2019.27-37
  12. Mahy, M., Marsh, K., Sabin, K., Wanyeki, I., Daher, J., & Ghys, P. D. (2019). HIV estimates through 2018: Data for decision-making. AIDS, 33. https://doi.org/10.1097/QAD.0000000000002321
  13. Marsh, K., Eaton, J. W., Mahy, M., Sabin, K., Autenrieth, C. S., Wanyeki, I., Daher, J., & Ghys, P. D. (2019). Global, regional and country-level 90-90-90 estimates for 2018: Assessing progress towards the 2020 target. AIDS, 33. https://doi.org/10.1097/QAD.0000000000002355
  14. Maryam S. (2014). Promosi Kesehatan dalam Pelayanan Kebidanan. In Egc.
  15. Mat, S. H. C., Abdullah, H., & Hussin, F. (2015). Keberkesanan Modul Eksplorasi Remaja Terhadap Pelajar Kursus Kokurikulum Di Universiti Utara Malaysia (UUM). Journal of Holistic Student Development, 2(1).
  16. Ministry of Health Republic Indonesia. (2018). Hari AIDS Sedunia, Momen STOP Penularan HIV : Saya Berani, Saya Sehat! Kementerian Kesehatan.
  17. Mukti, G. A. (2018). Pengaruh Peer Education terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang HIV/AIDS di SMAN 1 Kretek Bantul. Jurnal Poltekes Kemenkes Yogyakarta.
  18. Pawesti. (2011). Persepsi Guru SMA Kota Semarang Tentang Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja. Proseding,Seminar Nasional Keperawatan PPNI.
  19. Puspitasari, I., & Indrianingrum, I. (2021). KEEFEKTIFAN APLIKASI M-HEALTH SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, PRILAKU PENCEGAHAN TANDA BAHAYA KEHAMILAN. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan. https://doi.org/10.26751/jikk.v12i1.908
  20. Rosaria, Y. W., & Fitria, D. (2021). EFEKTIVITAS MODUL PENCEGAHAN HIV/AIDS BAGI CALON PENGANTIN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes ….
  21. Saputri, I. Y., & Azam, M. (2015). EFEKTIVITAS METODE SIMULASI PERMAINAN “MONOPOLI HIV” TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KOMPREHENSIF HIV/AIDS PADA REMAJA DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG). Unnes Journal of Public Health, 4(4). https://doi.org/10.15294/ujph.v4i4.9696
  22. Sari, E. N., & Widati, S. (2017). Efektivitas Modul Pusat Informasi dan Konseling tentang Seks Bebas pada Siswa SMA Surabaya. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 5(2). https://doi.org/10.20473/jbk.v5i2.2016.166-176
  23. Setiyawati, N., & Meilani, N. (2015). Determinan Perilaku Tes HIV pada Ibu Hamil. Kesmas: National Public Health Journal, 9(3). https://doi.org/10.21109/kesmas.v9i3.565
  24. Situmeang, B., Syarif, S., & Mahkota, R. (2017). Hubungan Pengetahuan HIV/AIDS dengan Stigma terhadap Orang dengan HIV/AIDS di Kalangan Remaja 15-19 Tahun di Indonesia (Analisis Data SDKI Tahun 2012). Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.7454/epidkes.v1i2.1803
  25. Susanti, N. D., & Mulyani. (2013). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dengan Tema Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).
  26. Wawan, A., & Dewi, M. (2019). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. In Yogyakarta: Nuha Medika.
  27. WD, S. M., & Pamungkas, C. E. (2019). PENCEGAHAN PENYEBARAN HIV/AIDS DI KAWASAN WISATA SENGGIGI. Jurnal Ulul Albab, 23(1). https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.656
  28. Winarti, Y., & Ernawati, R. (2019). Effectiveness of Peer Education Method in Increasing Knowledge and Attitude Towards HIV/AIDS Prevention among Students in Samarinda. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), 3(2). https://doi.org/10.18196/ijnp.32100
  29. Yuliza, W. T., Hardisman, H., & Nursal, D. G. A. (2019). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pencegahan HIV/AIDS Pada Wanita Pekerja Seksual di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2). https://doi.org/10.25077/jka.v8i2.1015

Open Access Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)