HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, PROTEIN, LEMAK DAN PENYAKIT KARIES GIGI DENGAN STATUS GIZI SISWA-SISWI KELAS 1-3 SDN 01 KEMILING PERMAI KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2015

Sutrio Sutrio* -  , Indonesia

Anak usia sekolah adalah investasi dan kualitas bangsa di masa depan yang ditentukan oleh kualitas anak-anak saat ini. Anak usia sekolah dasar masih berada dalam rentang usia dini. Masa ini merupakan masa yang pendek tetapi merupakan masa yang penting bagi kehidupan seseorang. Hasil penjaringan di Sekolah Dasar sekecamatan Kemiling yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kemiling di 13 SD/MI tahun 2014 didapatkan data status gizi siswa tertinggi dengan kategori kurus dan sangat kurus di SDN 01 Kemiling Permai yaitu 40% siswa kategori kurus, 22,9 kategori sangat kurus dengan 31,4% siswa kategori normal serta 5,7% kategori gemuk. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan asupan energi, protein, lemak dan penyakit karies gigi dengan status gizi siswa-siswi kelas 1-3 SDN 01 Kemiling Permai Tahun 2015.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1-3 SDN 01 Kemiling Permai Kota Bandar Lampung tahun 2014/2015 yang berjumlah 93 orang. Sampel dalam penelitian ini total populasi. Pengolahan data menggunakan univariat,bivariat dengan uji chi square.

Dari hasil penelitian analisa bivariat didapat p value < 0,05 ada hubungan antara asupan energi, asupan protein dan asupan lemak dengan status gizi siswa-siswi SDN 01 Kemiling Permai Tahun 2015 dan didapat pula p value > 0,05 tidak ada hubungan antara penyakit karies gigi dengan status gizi siswa-siswi SDN 01 Kemiling Permai Tahun 2015.

Disarankan untuk melakukan penyuluhan rutin di sekolah tentang gizi seimbang, meningkatkan peran serta siswa-siswi, guru dan orang tua dalam menumbuhkan kesadaran berperilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatkan efektifitas program usaha kesehatan sekolah dalam mencegah masalah kekurangan gizi dan penyakit karies gigi.

 

Kata kunci       : Status Gizi,  Asupan Enegi, Asupan Protein, Asupan Lemak, Penyakit Karies Gigi

Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)