PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA KULIAH ASUHAN NIFAS DAN MENYUSUI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEBIDANAN (D.III) UNIVERSITAS KADIRI TAHUN 2016
DOI : 10.33024/jkm.v4i3.667
Evaluasi hasil belajar merupakan salah satu indicator kemampuan mahasiswa dalam
memahami dan melaksanakan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen. Pada proses belajar mengajar
ada berbagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa , salah satunya
adalah dengan metode pembelajaran Talking Stick.Salah satu mata kuliah pokok dalam kebidanan
adalah Asuhan Nifas dan Menyusui.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran talking stick pada mata kuliah Asuhan Nifas dan Menyusui terhadap hasil Belajar.
Rancangan penelitian ini mendekatan Quasy Eksperimen dengan pendekatan Pre Test Post Test Two
Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa semester 3 sejumlah 29
mahasisawa.Sampel sebanyak 28 mahasiswa.Intrumen penelitian ini mengggunakan kuisioner.Hasil
penelitian dianalisis menggunakan uji Man Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar sebelum diberikan perlakuan hampir seluruhnya (92,9%) tidak lulus, dan pada kelompok
kontrol sebagian besar tidak lulus (64,3%). Setelah diberikan perlakuan pada kelompok kontrol dan
perlakuan seluruhnya lulus (100%). Hasil uji ststistik diperoleh P value :0,02 dengan (P Value <α:
0,05). Sehingga ada pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick pada mata kuliah asuhan nifas dan
menyusui terhadap hasil belajar pada mahasiswa semester 3 Prodi kebidanan (D.III) Universitas
Kadiri tahun 2016. Media Talking Stick bisa menjadi salah satu alternative media pembelajaran untuk
meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
memahami dan melaksanakan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen. Pada proses belajar mengajar
ada berbagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa , salah satunya
adalah dengan metode pembelajaran Talking Stick.Salah satu mata kuliah pokok dalam kebidanan
adalah Asuhan Nifas dan Menyusui.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran talking stick pada mata kuliah Asuhan Nifas dan Menyusui terhadap hasil Belajar.
Rancangan penelitian ini mendekatan Quasy Eksperimen dengan pendekatan Pre Test Post Test Two
Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa semester 3 sejumlah 29
mahasisawa.Sampel sebanyak 28 mahasiswa.Intrumen penelitian ini mengggunakan kuisioner.Hasil
penelitian dianalisis menggunakan uji Man Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar sebelum diberikan perlakuan hampir seluruhnya (92,9%) tidak lulus, dan pada kelompok
kontrol sebagian besar tidak lulus (64,3%). Setelah diberikan perlakuan pada kelompok kontrol dan
perlakuan seluruhnya lulus (100%). Hasil uji ststistik diperoleh P value :0,02 dengan (P Value <α:
0,05). Sehingga ada pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick pada mata kuliah asuhan nifas dan
menyusui terhadap hasil belajar pada mahasiswa semester 3 Prodi kebidanan (D.III) Universitas
Kadiri tahun 2016. Media Talking Stick bisa menjadi salah satu alternative media pembelajaran untuk
meningkatkan hasil belajar mahasiswa.