Supp. File(s): Research Instrument
Relationship Of Service Management Quality With ANC Visit
Latar Belakang: World Health Organization (WHO) mengatakan sekitar 810 wanita meninggal karena penyebab yang dapat dicegah terkait kehamilan dan persalinan. Komplikasi kehamilan dan persalinan sebagai penyebab tertinggi kematian ibu tersebut dapat dicegah dengan pemeriksaan kehamilan melalui antenatal care (ANC) secara teratur. Dalam praktek kebidanan pemberian asuhan kebidanan yang berkualitas sangat dibutuhkan. Kualitas pelayanan kebidanan ditentukan dengan cara bidan membina hubungan baik sesama rekan, sejawat ataupun dengan orang yang diberi asuhan.
Tujuan : untuk mengetahui hubungan kualitas manajemen pelayanan dengan kunjungan ANC di PMB Roslina Kecamatan Samudra Kabupaten Aceh Utara.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah ibu hamil trimester III sejumlah 53 orang, teknik pengambilan sampel adalah total populasi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis bivariat menggunakan uji chi square.
Hasil: Hasil penelitian yang didapat yaitu kualitas manajemen pelayanan yang berkatagori baik semua ibu melakukan kunjungan ANC dengan lengkap sebesar 100% dan pada kualitas manajemen pelayanan yang bergatagori cukup semua ibu melakukan kunjungan pemeriksaan ANC lengkap sebesar 100%. Hasil uji Chi Square dengan p = 0,001 (< 0.05).
Kesimpulan : Ada hubungan antara kualitas manajemen pelayanan dengan kunjungan ANC di PMB Roslina kecamatan samudra Kabupaten Aceh utara.
Saran: untuk tenaga kesehatan dalam melakukan pelayanan hendaknya selalu menjaga kualitas pelayanan dengan memperhatikan prinsip-prinsip manajemen pelayanan.
Kata Kunci : Kualitas Manajemen Pelayanan, Kunjungan ANC, Ibu Hamil
ABSTRACT
Background: The World Health Organization (WHO) says about 810 women die from preventable causes related to pregnancy and childbirth. Complications of pregnancy and childbirth as the highest cause of maternal death can be prevented by regular antenatal care (ANC). In midwifery practice the provision of quality midwifery care is needed. The quality of midwifery services is determined by the way the midwife fosters good relations with colleagues or with the person being cared.
Objective: This study aims to determine the relationship between service management quality and ANC visits at PMB Roslina, Samudra District, North Aceh Regency.
Methods: This research is an analytical descriptive research with a cross sectional design. The sample of this study was 53 third trimester pregnant women, the sampling technique was the total population. The instrument used is the questionnaire . Bivariate analysis using chi square test.
Results: The results of the study were that the quality of service management in the well category all mothers made complete ANC visits by 100% and in the quality of service management in the enough category all mothers made complete ANC visits by 100%. Chi Square test results with p = 0.001 (< 0.05).
Conclusion: There is a relationship between the quality of service management and ANC visits at PMB Roslina, Ocean District, North Aceh Regency
Suggestion: For health workers in providing services, they should always maintain the quality of service by taking into account the principles of service management.
Keywords : Quality of Service Management, ANC Visits, Pregnant Women
Supplement Files
Keywords : Quality of Service Management, ANC Visits, Pregnant Women
- Aceh, D. K. (2020). Profil Kesehatan Aceh. Dinas Kesehatan Aceh.
- Amatiria, G. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Ante Natal Care (Anc) Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 12(1), 106–111.
- Apriana, W., Friscila, I., & Kabuhung, E. I. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Akses Informasi dengan Tingkat Kecemasan tentang Kehamilan Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Poskesdes Mantangai Tengah Kabupaten Kapuas. Proceeding Of Sari Mulia University Midwifery National Seminars. https://ocs.unism.ac.id/index.php/PROBID/article/view/701
- Firdaus, & Zamzam, F. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. Group Penerbitan CV BUDI UTAMA.
- Friscila, I., Wijaksono, M. ., Rizali, M., Permatasari, D., Aprilia, E., Wahyuni, I., Marsela, M., Asri, N. ., Yuliani, R., Ulfah, R., & Ayudita, A. (2023). Pengoptimalisasi Pengggunaan Buku Kia Pada Era Digital Di Wilayah Kerja Puskesmas Kandui. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 299–307. https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/1058
- Friscila, I., Wijaksono, M. A., & Rizali, M. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Dalam Pemberian Discharge Planning Menggunakan Prinsip Patient Centered Care di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 13(2), 11–15. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3193597
- Handoko, H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.
- Indrayani, T., & Sari, R. P. (2019). Analisis kualitas pelayanan terhadap cakupan antenatal care (ANC) di Puskesmas Jatijajar Kota Depok tahun 2019. Jurnal Ilmu Dan Budaya, Edisi Khusus Fakultas Ilmu Kesehatan, 41(66), 7853–7868.
- Khasanah, I. N. (2012). Hubungan Persepsi Ibu Tentang Mutu Pelayanan Antenatal Dengan Kunjungan Ulang ANC Pada Ibu Hamil DI Puskesmas Turi Sleman Yogyakarta. Skripsi STIKes ’Aisyiyah Yogyakarta.
- Khoeriah, Y., Dinengsih, S., & Choerunnisa, R. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Antenatal Care(Anc) Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Di Poli Kebidanan. Jurnal Kebidanan Malahayati, 7(4), 620–625. https://doi.org/10.33024/jkm.v7i4.4891
- Lestari, Y. P., & Friscila, I. (2023). Prenatal Yoga terhadap Tingkat Kesehatan Mental Ibu Hamil. Media Informasi, 19(1), 97–102. https://doi.org/https://doi.org/10.37160/bmi.v19i1.60
- Melay, S. R. (2013). HUB UNGAN KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANC DI PUSKESMAS MERGANGSAN TAHUN 2013. Skripsi Stikes ’Aisyiyah Yogyakarta.
- Patria, A., & Amatiria, G. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal dengan Kelengkapan Ibu Hamil dalam Melakukan Antenatal Care. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 14(1), 108. https://doi.org/10.26630/jkep.v14i1.1017
- Putri, N. P., Selliyati, D., Samkakai, A., Sari, A., Hermino, A., & Friscila, I. (2020). Ekstrak Genjer (Limnocharis Flava) Sebagai Alternatif Mencegah Konstipasi Pada Masa Kehamilan: Narrative Review. Jurnal Dinamika Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2822510
- Rachmawati, A. I., Puspitasari, R. D., & Cania, E. (2017). Faktor-faktor yang Memengaruhi Kunjungan Antenatal Care (ANC) Ibu Hamil. Majority, 7(1), 72–76. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1748
- Rahayu, N. P. M., Citrawati, N. K., & Juliawan, D. G. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.36474/caring.v3i1.113
- Rahmati, T. (2012). Dasar-dasar Kebidanan. PT Prestasi Pustaka Raya.
- RI, K. K. (2014). InfoDatin: Pusat Data Informasi Kementrian Kesehatan RI : Mother’s day. In Kenyon Review (Vol. 33, Issue 2, pp. 4–19). Kementrian Kesehatan RI. https://doi.org/10.12968/chca.2010.7.3.46648
- RI, K. K. (2015). Profil Kesehatan Indonesia 2015. Kementrian Kesehatan RI.
- Sagita, Y. D., & Septiyani, L. (2019). Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) dan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil. Wellness and Healthy Magazine, 1(1), 187–192.
- Salma, Oktaviyana, C., & Nazar, N. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Kuta Alam Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Keperawatan, 10(1), 25–43.
- Suadnyani, P. A., Runiari, N., Ruspawan, I. D. M., & Hartati, N. N. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care dengan Kesiapan Ibu Hamil Trimester III dalam Menghadapi Persalinan pada Era Adaptasi Baru. Jurnal Gema Keperawatan, 14(2), 134–147. https://doi.org/10.33992/jgk.v14i2.1605
- Wulasari, S. (2012). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care Dengan Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan ANC Di BPRB Fitri Griya Husada Sewo Bantul. Skripsi Stikes ’Aisyiyah Yogyakarta, 33(10), 348–352.