The Influence Of Module-Based Education To Adolescent Women On Increasing Self Efficacy In Cases Premenstrual Syndrome

Ika Rezky Burhan* -  Prodi Kebidanan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Indonesia
Nasrudin Andi Mappaware -  Faculty of Medicine, Indonesian Muslim University, Indonesia
Nurpudji Astuti Daud -  Faculty of Medicine, Hasanuddin University, Makassar, Indonesia, Indonesia
St. Nurasni St. Nurasni -  Faculty of Medicine, Hasanuddin University, Makassar, Indonesia, Indonesia

Latar Belakang: Masalah kesehatan reproduksi remaja saat ini masih menjadi perhatian karena dapat membahayakan kesejahteraan wanita dan berdampak negatif pada kualitas hidup. Terdapat perubahan masalah fisik mental dan emosional inilah yang membentuk periode yang berbeda dari kehidupannya.

Tujuan: mengetahui pengaruh pemberian edukasi berbasis modul pada remaja putri terhadap peningkatan self efficacy pada kasus premenstrual syndrome.

Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen yang dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain, kondisi yang terkendali dengan menggunakan total sampling.

Hasil: Dari 60 responden dilakukan pretest yang rata-rata tingkat pengetahuan siswi berada pada kategori kurang sebanyak 93,3%. Pada posttest mengalami peningkatan dan rata-rata pengetahuan siswi pada kategori cukup sebanyak 81,7% dan kategori baik sebanyak 18,3%. Dari hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai p= Value sebesar 0,00 (p-value<0,05)

Kesimpulan: terdapat pengaruh antara pemberian edukasi menggunakan modul terhadap peningkatan self efficacy siswi tentang premenstrual syndrome.

Saran: Diharapkan siswi lebih seringa tau banyak membaca tentang edukasi premenstrual syndrome agar siap menghadapi masa menarche.

 

Kata kunci : Efikasi Diri, Modul, Premenstrual Syndrome, Remaja Putri

 

ABSTRACT

 

Background: Adolescent reproductive health issues today are still a concern because they can endanger women's well-being and negatively impact quality of life. There are changes in these physical, mental, and emotional problems that shape different periods of his life.

Objective: determine the effect of providing module-based education to adolescent girls on increasing self-efficacy  in cases of premenstrual syndrome.

Methods: using quasi-experiments which can be interpreted as research methods used to look for the effect of certain treatments on other, controlled conditions using total sampling.

Results: Of  the 60 respondents conducted a pretest whose average level of knowledge of female students was in the less category as much as 93.3%. In the posttest, there was an increase and the average knowledge of female students in the category was quite 81.7% and the good category was 18.3%. From the results of the Wilcoxon test shows that the value of p = Value is 0.00 (p-value<0.05).

Conclusion: there is an influence between the provision of education using modules on increasing students' self-efficacy about premenstrual syndrome.

Suggestion: It is hoped that students will read more often about premenstrual syndrome education to be ready for menarche.

 

Keywords: Adolescent Women, Module-Based Education, Self Efficacy, Premenstrual Syndrome

Keywords : Pembelajaran modul tentang premenstrual syndrome

  1. Abeje A. and Berhanu Z. 2019. Premenstrual Syndrome And Factors Associated With It Among Secondary And Preparatory School Students in Debremarkos town, North-west Ethiopia.
  2. Achmad, Kemal. dkk. 2018. Fakta-Fakta Mengenai Menstruasi pada Remaja. Jakarta: Medical Research Unit.
  3. Agusta, E., Aseptianova, Hastiana, Y., & Nuraini, N. (2016). Kajian Modul Biologi Bilingual dengan Penggunaan Strategi Self Regulated Learning Berbasis Saintifik. Jurnal Bioilmi, 2(1), 66 - 72.
  4. Agustina & Husna, N. (2018). Determinan Premenstruasi Syndrome Pada Siswi SMAN 1 Unggul Darul Imarah Lampeunureut Aceh Besar. Journal of Healthcare Technology and Medicine Vol. 4 No. 1
  5. Alrahlah, A. 2016. How effective the problem-based learning (PBL) in dental education. A critical review. The Saudi Dental Journal, 28(4):155-161.
  6. Anggi Winarti,dkk. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Kecemasan Tentang Menarche Pada Siswi Kelas V Sekolah Dasar. Indonesia Jurnal Of Nursing And Midwifery. Vol. 5 No. 1
  7. Atyanti Isworo, dkk. 2017. Edukasi Terstruktur Untuk Meningkatkan Perilaku Dukungan Keluarga Pasien Diabetes. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol. X No. 2
  8. Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan. 2019. Jumlah Usia Remaja pada Sulasesi Selatan.
  9. Bastami Fatemeh, Firoozeh & Akbar. 2015. Effect Of Educational Intervention On Knowledge, Perceived Benefits, Barriers And Self Efficacy Regarding AIDS Preventive Behaviors Among Drug Addicts. Journal of Education and Health Promotion
  10. Christiany, I. 2016. Hubungan Status Gizi, Asupan Zat Gizi Mikro Dengan Sindroma Premenstruasi Pada Remaja Putri di SMU Sejahtera Surabaya. Tesis. Yogyakarta: UGM.
  11. Cindy and Martha. 2020. Mayo Clinic Book of Home Remedies
  12. Citra Yolantia. 2021. Penerapan Modul Problem Based Learning terhadap Self Effi-cacy dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. e-ISSN: 2615-840X p-ISSN: 2338-4379
  13. Damayanti H, 2016, Hubungan Kecemasan Dengan Tingkat Nyeri Sindroma Pra Menstruasi Pada Siswi di SMK Negeri 04 Yogyakarta, Unisa Yogyakarta.
  14. Diananda,A. 2018. Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Istighna Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. Vol 1 No.1.
  15. Deany, Sukartha Dan Wirama. 2016. Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy, Locus Of Control, Dan Emotional Stability Pada Kinerja Pengelola Anggaran Belanja Universitas Udayana. E-Jurnla Ekonomi dan Bisnis Universita Udayana. Vol 05 No.11
  16. Ernawati,dkk. 2018. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Ceramah Tentang Vulva Hygiene Terhadap Perilaku Merawat Vulva Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri Kelas VII Di SMPN 1 Gondang Mojokerto. Jurnal Ilmu Kesehatan MKIA Volume 6 (1).
  17. Evi Susiyanti. 2016. Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Tentang Menarche Terhadap Tingkat Kecemasan Siswi usia 10-12 Tahun Dalam Menghadapi Menarche di SDN Sidomulyo 04 Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan. Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan.
  18. Fatimah, Prabandari, & Emilia. 2016. Stres dan Kejadian Premenstrual Syndrome pada Mahasiswi. Jurnal Semantics Scholar.
  19. Friskalia. 2018. Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Premenstrual Syndrome (Pms) Pada Remaja Putri Di Sman 8 Kendari Tahun 2018.
  20. Geta,TG et al. 2020. Prevalence and Associated Factors of Premenstrual Syndrome Among Women of the Productive Age Group in rthopia : Systematic Review and Meta-analysis. Plos One Journal.
  21. Gupta M, Dua D, Kaur H, Grover S. Prevalence of premenstrual dysphoric disorder among school-going adolescent girls. Ind Psychiatry Journal Of Management, AIJM, Vol 8 No (2).
  22. Halbreichet al. 2017. Clinical diagnostic critenna for premenstrual syndrome and guidelines for their quantification for research studies. Journal Gynecology Endocrinology.
  23. Hardy and Hunter. 2021. Premenstrual Symptoms and Work: Exploring Female Staff Experiences and Recommendations for Workplaces. International Journal of Environmental Research and Public Health.
  24. Haryono, R. 2016. Siap Menghadapi Menstruasi & Menopause. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
  25. Hastuti Tulus, Sri, dan Anisatun. 2019. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V Dan Vi Di SD Negeri Dangkel Parakan Temanggung. Jurnal Kebidanan. Vol. 3 No.7
  26. Imran, FA dan Hasnah. 2017. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Dampak Abortus Provokatus Kriminalis Di Kelas X Sman 2 Gowa. Jurnal kesehatan Vol 10 No 2.
  27. Isworo Atyanti, et al 2017. Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Nuha Medika.
  28. Julianti, Marfuah, & Hayati. 2017. Pengalaman Hidup Remaja Yang Mengalami Premenstrual Syndrome (Pms) Di SMK Moch Toha Cimahi. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comperehensive Nursing Journal). Vol. 2 No.2.
  29. Kusumawati,dkk. 2018. Edukasi Masa Pubertas pada Remaja. Journal of Community Engagement in Health. Vol.1 No.1.
  30. Kohan S. 2021. A Reproductive and Sexual Health Promotion Program For Women With Hearth Diseases: A Protocol For Mixed Method Study. Volume 10(1).
  31. Lestari Dewi. 2015. Tingkat Kecemasan Remaja Putri dalam Menghadapi Premenstrual Syndrome di SMP 2 Sooko Mojokerto. Jurnal Keperawatan Bina Sehat, 2(1).http://ejournal.stikes-ppni.ac.id/index.php/keperawatan-bina-sehat/article/view/73.
  32. Lidiawati, Sinaga, & Rebecca. 2021. Peran Self Efficacy Terhadap Student Engagement Pada Mahasiswa Dalam Pandemi Covid 19. Jurnal. Psibernetika Vol.14. No.2
  33. Marwoko G. 2019. Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Tarbiyah-Sayariah Islamiyah. Vol 26 No,1.
  34. Maulidah. 2016. Hubungan Pengetahuan tentang Premenstrual Syndrome.
  35. Mohammad Ali Morowatisharifabad, Aliakbar and Neda. 2018. Effective factors on menstrual health among female students in Bam city: a qualitative study. Electronic Physician. Volume:10, Issue:2, Pages:6310-6318 Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
  36. Nelwan JE,dkk. 2019. Stress dengan Status Gizi Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Manado.
  37. Ngudi Walyuno Susiyanti. 2016. Pengaruh Edukasi Terstruktur Terhadap Pemilihan Kontrasepsi Pada Ibu Menyusui 0-6 Bulan. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan.
  38. Nugraheni,A. 2018. Pengantar Ilmu Kebidanan dan Standar Profesi Kebidanan. Yogyakarta : Healthy.
  39. PUSTADIN (Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Indonesia). 2018. Profil Kesehatan Indonesia 2019. Kementerian Kesehatan Indonesia.
  40. Pratiwi Hening, dkk. 2016. Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Kemampuan Berkomunikasi Atas Informasi Obat. Jurnal Ilmiah Farmasi.
  41. Pramesti, B.N., Sajidan. Dwiastuti, S., & Setyaningsih, E. 2019. The feasibility of biology module based on stim-HOTS models. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(1):101-108.
  42. Ratikasari. 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Sindrom Pramenstruasi (PMS) pada Siswi SMA 112 Jakarta Tahun 2015
  43. Rodiani Dan Rousfiana A. 2016. Hubungan Premenstrual Syndrome (Pms) Terhadap Faktor Psikologis Pada Remaja. Medical Journal of Lampung University. Vol 5 No 1.
  44. Safitri,R. 2016. Faktor-Faktor Resiko Kejadian Premenstrual syndrome Pada Remaja SMA Darul Hijrah Puteri. Jurnal Keperawatan Kesehatan. Vol 4 No.2.
  45. Saputro,KZ. 2017. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Alikasi Ilmu Agama. Volume 17 No.1.
  46. Setiyadi, Ismail & Gani. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Makassar: Universitas Negeri Makassar. Journal of Educational Science and Technology. Volume 3 Nomor 2 Agustus 2017.
  47. Sinaga, E, dkk. 2017. Manajemen Kesehatan Menstruasi. Jakarta: Universitas Nasional.
  48. Smith, C.S. & Hung L.C. 2016. Using problem-based learning to increase computer self-efficacy in taiwanese students. Interactive Learning Environments, 25(3):1-14.
  49. Susilo, Siswandari, Bandi . (2016). Pengembangan Modul Berbasis. Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa
  50. Susiyanti. 2017. Pengaruh edukasi suportif terstruktur terhadap pemilihan kontrasepsi pada ibu menyusui 0-6 bulan. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan. Vol 9.
  51. Thavaraj, S,H, et al, (2015), Perceived Stress And Self Efficacy Among College, International Journal of Human Resource Management and Research (IJHRMR) ..Vol. 5, Issue 3.
  52. Triwibowo. 2020. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Whatsapp Group Terhadap Pengetahuan Pencegahan Penularan TB. DSpace Repository.
  53. Uchira. 2018. Model Keperawatan Peran Keluarga Terhadap Perilaku Berisiko Premarital Sex Pada Remaja Wanita Berbasis Teori Family Centered Nursing & Self-Efiicacy. Tesis keperawatan. Program Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga 2018.
  54. Wayunah, Saefulloh, Wiwin. 2016. Penerapan Edukasi Terstruktur Meningkatkan Self Efficacy Dan Menurunkan IDWG Pasien Hemodialisa Di RSUD Indramayu.Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. Vol.2 No. 1
  55. Widayanti, Y. 2020. Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan modul pembelajaran berbasis problem based learning (PBL). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1):166-174.
  56. World Health Organization. (2018). Guidance on ethical considerations in planning and reviewing research studies on sexual and reproductive health in adolescents. Retrieved from http://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/273792/9789241508414- eng.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0A http://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/273792/9789241508414- eng.pdf?ua=1.
  57. Yuliyani dan Handayani. 2017. Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 7 No.2.
  58. Ziapour A, et al. 2020. Factor Affecting the Health Literacy Status of Patients with Type 2 Diabetes Through Demographic Vaiarbles : A Case Study From Iran. Research Square.

Open Access Copyright (c) 2023 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)