FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Yuda Samayta Husna, Andra Novitasari, Nabil Hajar, Mega Pandu A.

Sari


Abstrak: Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Belajar yakni sebuah proses usaha yang dilaksanakan perseorangan secara menyeluruh guna mendapat sebuah tingkah laku baru yang berubah selaku hasil pengalaman individu tersebut pada interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Berhasil tidaknya belajar mahasiswa tampak dari prestasi akademik yang dicapai. Penelitian ini adalah analitik observasional memakai pendekatan cross sectional yang mempelajari faktor – faktor yang mempunyai hubungan dengan hasil belajar pada mahasiswa kedokteran tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mendapatkan data penelitian. Terdapat hubungan antara variabel self regulated learning, stres akademik, dan gaya belajar terhadap hasil belajar, dengan ditunjukkan oleh nilai p 0,00 dan self regulated learning didapatkan r 0,356, stres akademik didapatkan r 0,407 serta gaya belajar diperoleh nilai r 0,417. Faktor yang paling dominan berhubungan dengan hasil belajar pada mahasiswa kedokteran tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang adalah self regulated learning (sig=0,002). Terdapat hubungan antara self regulated learning, stres akademik, dan gaya belajar terhadap hasil belajar pada mahasiswa kedokteran tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Faktor yang paling dominan ialah faktor self regulated learning.


Kata Kunci


self regulated learning, stres akademik, gaya belajar, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulghani, H. M. (2011) ‘Stress and Its Effects on Medical Students A Cross sectional Study at a College of Medicine in Saudi Arabia’, Medical Faculty Of Saudi Arabia, 29(5), pp. 516–522.

‘Agustina D, Vera Y, Maryaningsih. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Fisioterapi STIKes Siti Hajar Medan Tahun 2018. Gentle Birth. 2019;2(1).’ (no date).

Ahisya, H., Utami, D. and Farich, A. (2020) ‘The Learning Style with Student Achievements in the Faculty of General Medicine’, Juni, 11(1), pp. 103–108. doi: 10.35816/jiskh.v10i2.229.

Brauser (2010) ‘Depressed Medical Student More Likely to Link Stigma With Depression’, Medscape.

Dyah Ayu Larasati (2018) ‘Implementasi Gaya Belajar Preferensi Sensori Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2015-2016’, Fakultas kedokteran, 3(2), p. 47.

Firdaus et al. (2021) ‘Hubungan Self-Regulated Learning dengan dukungan teman sebaya serata pengaruhnya terhadap prestasi akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau’, Fakultas kedokteran, 15(2), pp. 91–95.

Liandra, E. P., Arfiyanti, M. P. and Novitasari, A. (2021) ‘Hubungan Fasilitas Belajar dan Lingkungan Sosial Terhadap IPK Mahasiswa Tahun Pertama Selama Pembelajaran Daring’, Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, (Volume 4), pp. 1536–1541.

Mona, S. and Yunita, P. (2021) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa’, Menara Ilmu, 15(2), pp. 117–125.

Nurjannah, R. and Muljono, P. (2018) ‘Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap self directed learning readiness dan prestasi akademik’, Jurnal Pendidikan, 2(1), pp. 153–168.

Pangestu C, M. M. S., Rahmatika, A. and Oktaria, D. (2018) ‘Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Akademik pada Mahasiswa Kedokteran Tahap Preklinik’, Jimki, 6 (2), pp. 109–116.

‘Rafiqah Mar’atur. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. 2013;1:9.

‘Riezky AK, Sitompul AZ. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Journal Aceh Medika [Internet]. 2017;1(2):79–86.

Ross SE, Niebling BC, H. T. (1999) ‘Source of stress among college students’, Social Psychology, 61(5), pp. 841–846.

Sekh, H. hadistya, Novitasari, A. and Romadhoni (2020) ‘Gambaran Stres Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang’, Universitas Muhammadiyah Semarang.

Wakeford (2017) ‘It’s time for universities to put student mental health first’, Theguardian, p. 1.,




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i6.10003

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.