PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA KEDOKTERAN

Dinda Varhanil Khaira, Syarifah Nora Andriaty, M. Hendro Mustaqim

Sari


Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL)
terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Kedokteran. Pembelajaran
dalam pendidikan kedokteran bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan
mempersiapkan mahasiswa terhadap berbagai masalah medis yang umum dijumpai
setelah lulus. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
PBL terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa kedokteran. Penelitian ini
menggunakan desain cross-sectional analitik dengan sampel sebanyak 220
mahasiswa pendidikan dokter angkatan 2020, 2021, dan 2022 di Universitas
Abulyatama yang dipilih menggunakan teknik sampel secara total sampling.
Penelitian dilakukan selama dua bulan pada Desember 2022 - Januari 2023. Data
dikumpulkan menggunakan kuesioner data demografi dan Critical Thinking
Disposition Self-Rating Form yang disusun dan disebar menggunakan situs web
Google Form. Hasil analisis dengan uji Chi-Square menunjukkan terdapat hubungan
signifikan antara model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis
mahasiswa (ρ-value = 0,022). Institusi disarankan untuk mengembangkan model
pembelajaran PBL lebih lanjut demi mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis
pada mahasiswa kedokteran.


Kata Kunci


Problem-Based Learning, Berpikir Kritis, Mahasiswa Kedokteran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Desiana, D., Emirelda, E., & Sohaya, D. (2018). Gambaran pelaksanaan seven-jumps pada diskusi tutorial dengan metode problem-based learning. Jurnal Aceh Medika, 2(1), 19–24.

Forero, D. A., Majeed, M. H., & Ruiz-Díaz, P. (2020). Current trends and future perspectives for medical education in Colombia. Medical Teacher, 42(1), 17–23. https://doi.org/10.1080/0142159X.2019.1659944

Ipsan, M. B., Widjaja, Y., Kedokteran, F., Tarumanagara, U., Kedokteran, F., & Tarumanagara, U. (2022). Gambaran active learning dan critical thinking dalam implementasi PBL pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. 6(1), 129–138.

Konsil Kedokteran Indonesia. (2012). Standar Kompetensi Dokter Indonesia Konsil Kedokteran Indonesia. In Peraturan Konsil Kedokteran nomor 11. Konsil Kedokteran Indonesia.

Koroh, T. R., & Ly, P. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 126. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2445

Latif, R., Mumtaz, S., Mumtaz, R., & Hussain, A. (2018). A comparison of debate and role play in enhancing critical thinking and communication skills of medical students during problem based learning. Biochemistry and Molecular Biology Education, 46(4), 336–342. https://doi.org/10.1002/bmb.21124

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning) (N. Azizah (ed.)). Media Sahabat Cendekia.

Menap, M., Bayani, F., & Prayogi, S. (2021). Problem-based learning in phytochemistry courses: its’ effectiveness in improving medical students’ critical thinking ability viewed from cognitive style. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 118–125. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.1124

Muhammad, N. U., Herlina, S., & Firmansyah, M. (2020). Analisa proses pembelajaran berbasis student centered learning, problem based learning, integrated, community based learning, electives, systematic (SPICES) terhadap indeks prestasi mahasiswa fakultas kedokteran. Jurnal Kedokteran Komunitas, 8(1).

Murti, B. (2019). Berpikir kritis. Jurnal Kedokteran UNS, 20(12), 75. https://fk.uns.ac.id/static/file/criticalthinking.pdf

Nurfitriani, A. A., Indria, D. M., & Firmansyah, M. (2020). Hubungan proses pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) dengan metode konstruktif dan kontekstual terhadap performa akademik mahasiswa kedokteran. Jurnal Bio Komplementer Medicine, 7(1).

Rihadi, L. S. (2014). Evaluasi kegiatan PBL menurut persepsi mahasiswa FK UKWM dengan analisis importance and performance model tahun 2014. Jurnal Widya Medika Surabaya, 2(2). http://journal.wima.ac.id/index.php/JWM/article/download/849/821

Shimizu, I., Nakazawa, H., Sato, Y., Wolfhagen, I. H. A. P., & Könings,

K. D. (2019). Does blended problem-based learning make Asian medical students active learners?: A prospective comparative study. BMC Medical Education, 19(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1575-1

Shitarukmi, S., Projosasmito, S. R., & Roebertsen, H. (2017). The effectiveness of PBL problems from students and tutors perspectives. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 6(1), 31. https://doi.org/10.22146/jpki.25364

Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyanto, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013 (Fitriyanti (ed.); 1st ed.). UNY Press.

Thompson, C. C. (2019). Advancing critical thinking through learning issues in problem-based learning. Medical Science Educator, 29(1), 149–156. https://doi.org/10.1007/s40670-018-00649-2

Wiguna, D. A., & Orbayinah, S. (2017). Pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap critical thinking Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Farmasi FKIK UMY, 1–10. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/11180/12.NASKAH PUBLIKASI.pdf?sequence=12&isAllowed=y




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i8.10473

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.